Health · Sponsored Post

Cara Membersihkan Luka Anak #GakPakePerih

Memiliki anak yang menyukai kegiatan luar ruangan sungguh suatu hal yang menyenangkan sekaligus mengkhawatirkan. Bagaimana tidak? Ketiga orang anak saya sangat menyukai kegiatan berlari, bersepeda, melompati kayu-kayu, dan memanjat pohon serta bermain pasir. Saya senang karena aktivitas itu membantu melatih motorik mereka, dan juga bermain peran.
Namun dapat dipastikan dalam sebulan sekali, ada saja kejadian jatuh dari sepeda, terpeleset saat berlari, atau terjerembab di pinggir sawah. Sering kali gemas saat nasehat saya tak digubris oleh ketiga anak ini. Giliran terluka, baru sibuk mencari mamanya sambil teriak-teriak kesakitan.
Memang betul, luka bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Jadi sayapun tak bisa menyalahkan anak-anak yang terlalu sering berada di luar ruangan, karena pernah juga kok mereka benjol-benjol saat berada di dalam kamar, dan juga jari kaki terantuk pinggiran meja. Sangat sesuai sekali dengan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, yang berdasarkan urutan proporsi terbanyak untuk tempat terjadinya cedera, sebanyak 36,5% cedera terjadi di rumah dan penyebab cedera terbanyak adalah karena terjatuh sebanyak 40,9%.
Walau terkesan hanya luka biasa, tapi jangan dibiarkan, kita tetap harus menanganinya dengan benar.

Cara penanganan luka yang benar:

  • Langkah pertama dalam proses penyembuhan luka secara optimal adalah dengan membersihkannya dengan benar. Hansaplast Spray Antiseptik dapat membersihkan luka untuk mencegah infeksi dengan cepat, dan tanpa rasa sakit.
  • Langkah kedua adalah melindungi luka dari kotoran dan bakteri untuk memulai penyembuhan agar tidak terganggu. Jika dibutuhkan, bisa tutup luka dengan plester Hansaplast yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Langkah ketiga adalah membantu luka cepat sembuh secara aman, cepat, dan mencegah bekas luka dengan menggunakan Hansaplast salep penyembuh luka secara teratur hingga sembuh.
Membersihkan segala jenis luka adalah penting, ini termasuk luka gores, terpotong, luka tubruk, luka bakar, dan juga luka terbuka.
Selain itu untuk luka kronis, dan luka operasi juga harus dibersihkan, namun sesuai instruksi dari dokter.

Kenapa sih luka harus dibersihkan?

Saat kulit terbuka, lapisan pelindung kulit sedang rusak dan memungkinkan debu kotoran dan bakteri masuk ke dalam tubuh. Hal ini bisa membuat infeksi sehingga membuat luka menjadi lebih parah dan penyembuhannya pun terhambat. Apabila tidak dibersihkan, maka infeksi bisa menyebar ke bagian kulit yang lebih dalam dan bisa membuat kondisi kesehatan ke level yang lebih serius.
Dikutip dari dr. Adisaputra Ramadhinara, Certified Wound Specialist Physician – seorang dokter spesialis luka bersertifikasi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia, β€œKandungan dalam banyak produk pembersih luka yang dijual bebas mengandung bahan yang bisa menyebabkan sakit perih dan meninggalkan noda. Bagi saya, pembersih luka yang meninggalkan noda tidak menjadi pilihan karena menutupi luka dengan warna yang bukan warna asli luka tersebut sehingga keadaan luka yang sebenarnya tidak bisa terlihat. Di klinik dan rumah sakit, saya lebih memilih untuk menggunakan obat pembersih luka yang mengandung Polyhexanide (PHMB)”.
Pasti pernah dong ya merasakan sendiri atau mendengar omongan anak yang takut perih saat lukanya mau dibersihkan dan diberi obat? Biasanya kita harus mempersiapkan diri sambil tahan napas sembari luka diteteskan obat, benar kan? πŸ˜†.
Tak lupa bilang ke anak “nggak papa, perih sedikit saja kok, setelah dikasih obat nanti juga sembuh”. Sepertinya ini adalah hal wajar yang sering dialami di rumah dengan anak kecil ya?
Hansaplast, sebagai ahli produk Pertolongan Pertama, meluncurkan inovasi terbaru yang praktis dan modern dalam membersihkan luka, yaitu Hansaplast Spray Antiseptik sebagai pembersih luka.
Polyhexanide (PHMB) adalah kandungan utama dari Hansaplast Spray Antiseptik. PHMB adalah zat antiseptik yang banyak digunakan oleh para dokter karena tidak perih, tidak meninggalkan noda, dan tidak berbau. Perlu diketahui bahwa zat PHMB dalam pembersih luka yang selama ini sudah banyak digunakan di klinik dan rumah sakit tidak dijual bebas, tetapi Hansaplast sudah memformulasikan zat antiseptik tersebut agar tersedia dalam bentuk produk yang dijual bebas tanpa resep dokter.

Apakah kalian sudah tahu kalau

Iodine atau Obat merah tidak menyembuhkan luka? Obat merah dapat mencegah bakteri, tapi bukan pembersih luka. Rasa perih dan menyengat sebenarnya tidak berpengaruh kepada efektifitas penyembuhan luka.
Selain itu Iodine dan Alkohol bisa membuat kulit kering, bisa memperlambat proses epitalisasi.

Fakta tentang Luka

  • Luka terbuka akan lebih cepat sembuh jika terkena udara luar adalah MITOS. Penanganan paling utama dalam perawatan luka adalah pastikan luka dalam keadaan bersih dan terlindungi agar penyembuhan lebih optimal. Maka dari itu, setelah luka dibersihkan segera pasang plester saat dibutuhkan agar bakteri tidak masuk ke dalam luka terbuka.
  • Plester sebagai tempat berkembang biaknya bakteri adalah MITOS. Hansaplast plester digunakan untuk menutup dan melindungi luka supaya mencegah bakteri serta kuman, dan meminimalisir terjadinya infeksi. Plester Hansaplast mengandung perak pada bantalan luka, sanggup melawan spektrum bakteri yang luas dan mendorong penyembuhan luka.
  • Jangan menggaruk kulit luka, adalah FAKTA. Pastikan tidak mengopek koreng atau bekas luka kering, agar tidak mengganggu proses penyembuhan alami tubuh. Hal tersebut membuat luka kembali terbuka sehingga bakteri dapat masuk, atau terjadi infeksi dan bisa membekas.
  • Alkohol adalah cara pasti untuk mendisinfeksi luka, adalah MITOS. Ketika diaplikasikan kepada luka, maka akan terasa menyengat dan terbakar. Makanya kurang cocok untuk anak-anak yang memiliki kulit sensitif. Tak hanya bakteri, sel kulit hidup juga ikut hancur oleh alkohol, sehingga menghambat proses penyembuhan. Para ahli juga menganjurkan untuk menggunakan produk bebas alkohol dalam membersihkan luka dan mencegah infeksi.
  • Air laut bisa menyembuhkan luka? MITOS. Sebenarnya tak hanya air laut, karena saat sedang terluka, lebih baik jauhkan dari air. Karena saat terkena air terlalu lama, kulit menjadi lembab dan luka akan membengkak dan lama untuk sembuh. Selain itu bisa mengundang bakteri untuk masuk dan bisa terjadi infeksi.
  • Luka yang terlalu lama pulih, tanda ada masalah kesehatan serius lainnya? FAKTA. Proses penyembuhan yang lambat bisa menjadi efek samping dari gangguan sistem kekebalan tubuh atau penyakit mendasar seperti diabetes. Ketika luka yang dirawat dengan benar tidak kunjung sembuh, segeralah ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.


Keunggulan Hansaplast Spray Antiseptik

  • Mencegah infeksi tanpa perih
  • Tidak berwarna & berbau
  • Aman digunakan, efek samping lebih sedikit dibanding zat antiseptik lain.
  • Bahan aktif: 0,1% Decyl Glucoside Tenside dan 0,04% Polihexanide (PHMB) dalam larutan Ringer.

Cara penggunaan Hansaplast Spray Antiseptik

  • Semprot dari jarak -+ 10cm ke seluruh area luka.
  • Ulangi menyemprotkan cairan antiseptik ini jika dibutuhkan. Jangan lupa untuk mengeringkan area di sekitar luka.

Pengalaman Memakai Hansaplast Spray Antiseptik

Benar-benar nggak disangka sih kalau anak ketiga akhirnya nyobain juga. Sore-sore baru keluar sebentar buat main, sudah balik lagi karena tersandung dan jatuh tergores standar sepeda. Si anak perempuan ini sudah meringis takut lukanya akan perih saat dibersihkan. Awalnya dia penasaran saat saya memegang spray yang dia belum pernah lihat sebelumnya.
Saya bilang itu untuk membersihkan lukanya, agar tak infeksi. Setelah saya semprotkan, Maghma bertanya “Kok sudah selesai ma? Nggak perih juga lho ma”. Setelah itu dia jadi lebih pede saat lukanya dibersihkan. Karena dari dulu, kalau jatuh nggak pernah bilang. Biar nggak dibersihkan pakai yang perih-perih katanya. Sekarang nggak khawatir lagi karena sudah punya cairan antiseptik pembersih luka yang #GakPakePerih 😍

Setelah selesai dibersihkan, si anak perempuan pilih main di halaman belakang saja, biar nggak jatuh lagi katanya πŸ˜†.
Harga Hansaplast Spray Antiseptik
Sekarang kalau mau beli, sudah lebih gampang. Karena di minimarket dekat rumah gitu sudah pasti ada. Di toko-toko online maupun apotek juga ada. Harganya berbeda-beda mulai dari Rp38.000 – Rp50.000, sangat terjangkau demi pertolongan pertama saat membersihkan luka anak-anak 😊.
Untuk informasi lebih lanjut, langsung ceki-ceki www.hansaplast.co.id , Instagram resmi Hansaplast @Hansaplast_ID , dan Facebook Fanpage @HansaplastID.
Jadi memang ini salah satu barang wajib yang harus ada di kotak P3K di rumah dan bisa dibawa traveling juga karena size 50ml nya ini nggak makan tempat di tas/pouch.
❀️ Cindy~ yang lagi mengatur ulang isi kotak P3K di rumah.
Cheers

  1. Wah baru tau ada hansaplast spray antiseptik. Anak-anak saya juga ada saja deh. Apalagi klo lari-larian. Kadang jatuh lah. Kayaknya harus sedia ini. Praktis juga ya. Terimakasih infonya

  2. Anak-anak tuh emang kadang nggak mau dibersihkan lukanya karena takut peruh. Kalau ada Hansaplast ini, jadinya nggak perlu takut lagi πŸ™‚

  3. Baca postingan ini jadi ingat dulu hampir selalu ada drama kalau jatuh dan perlu bersihiin luka. Belum apa-apa takut perih. Sekarang sih udah ada obat luka yang nggak perih, ya.

  4. Banyak mitos Dan fakta seputar Luka yang belum Mpo ketahui. Aih ternyata mpo yang pakai obat merah ternyata melindungi dari bakteri.
    Rasanya tidak percaya bahwa kalau kena Luka bisa nulis kembali

  5. Kalau ada obat luka anak yang tidak perih, pasti bikin anak tidak teriak-teriak kesakitan saat diobati ya mbak. Kadang orang tua suka parno duluan saat melihat sang anak jatuh trus lukanya sampe berdarah. Hansaplast antiseptik ini selain kemasannya unik, tidak bikin anak ketakutan saat diobati juga menyembuhkan luka lebih cepat.

  6. Aku juga punya nih mba.. baru tau juga sih kalo membiarkan luka kering dengan sendirinya dan gak dibersihkan malah bikin banyak bakteri. Kirain cukup dibilas aja haha

  7. Akhirnya Alhamdulillah ada obat luka yang bisa berdamai dengan anak-anak ya…
    Saya selalu penuh drama kalau mau mengobati luka anak. Sampai nunggu tidur dulu, yailah luka keburu kering dong.
    Sekarang bisa segera mengobati ya karena anak gak takut lagi…
    Salam
    Okti Li

  8. Padahal anak main di luar ruangan bagus ya apalagi di pagi hari bisa kena manfaat sinar matahari yang bagus. Tapi bener banget suka kwatait apalagi kalau mainnay lari-larian atau main sepeda takut jatuh. Kayaya tiap anak pernah jatuh ya, untungnya sekarang ada Hansaplast Spary Antiseptik yang gak bikin perih waktu disemprot ke luka anak ya. Kalau dulukan langsung aja pakai pelsternya padahal harus dibersihkan dulu ya.

  9. Iya mbak membersihkan luka itu penting ya supaya anak enggak kena infeksi lukanya. Oh justru luka terbuka harus dikasi plester ya? Aku baru tau.
    Hansaplast spray ini gak perih ya? Pastinya lebih nyaman buat membersihkan luka anak2 yaaa

  10. Biasanya kalau ngasih obat tu pakai cotton bud atau langsung diteteskan ke luka gitu yaa.. Cuma kalau pakai cotton bud, bakal lebih sakit pas kena lukanya. Kalau diteteskan langsung, ngga bisa nyebar. Repot kalau lukanya lebar. Syukurlah Hansaplast keren inovasinya. Jadi antiseptic ini penggunaannya disemprotkan aja, langsung menyebar dong yaa.. Keren nih. Harus ada di kotak P3K di rumah.

  11. ya ampun, kemarin udah niat beli ini pas belanja bulanan, trus lupa. bener banget mba, apalgi anak anak tuh sering banget luka, entah jatuh,tergores atau lainnya. harus sedia hansaplast spray ini yaa

  12. Sudah nggak jaman teriak-teriak, “Sakit, Ma”. Hahahha … udah ada hansaplast spray
    melegakan bunda-bunda ini, kalau ada anak yang aktif nggak sengaja terjatuh ya Mba.
    Nggak perih-perih, nggak drama. Lega deh.

  13. Ouh ini nih yang kemudian dipakai sama beberapa teman saya untuk anaknya yang kebetulan terluka untuk proses pembersihan.
    Anak anak mereka senang karena ga perih

  14. Aku inget waktu kecelakaan dan bekas lukanya kan ada yg kering trus ngelopek gitu ya mbak, aku kasih alkohol lama kelamaan jadinya hitam gitu, tapi samar2 lah, iya kek gosong gitu
    Tau gitu bisa disemprotin pakai Hansaplast Spray ini ya mbak
    Makasihh ya mbak

  15. Aku berapa kali liat ini di minimarket, ragu buat beli. Tapi setelah baca review ini jadi yakin buat nyimpen ini di rumah di kotak p3k. Mana botolnya ringkas tinggal spray

  16. Duh, Fathir paling sering jatuh karena teledor banget.
    Tapi kalo lagi luka suka paling drama dan lebay, gak mau dibersihin hahaha
    Kayaknya harus beli nih Hansaplast spray, biar gak drama lagi anaknya hehehe

  17. Cara penanganan luka memang ga boleh sembarangan ya..syukurlah sekarang dah ada Hansaplast Spray Antiseptik yang dapat membersihkan luka untuk mencegah infeksi dengan cepat, dan tanpa rasa sakit…#gakpakeperih pula

  18. Duhhh bahagia bgt kalau udh ngga pake perih. Teknologi makin luar biasa yaaa. Fix aku akan beli, buat dedek sama buat aku jg hihihi. Mama juga takut perih atuh.

  19. Aku lupa terus mau beli hansaplast Spray ini di supermarket, sudah ada di semua kota belum ya? Lebih praktis dibandingkan obat luka cair yang bikin anak nangis gerung-gerung

  20. Jadi inget setiap kali mau membersihkan luka anak-anak, pasti mereka udah takut duluan begitu lihat ibunya bawa obat merah. Emang bikin trauma juga tuh ya sebenarnya obat merah. Ngeri melihat bekas luka yang diolesin, jadi merah dan penuh sensasi sakit penampakannya.
    Untung sekarang udah ada Hansaplast Spray gini, membersihkan luka pun jadi gampang dan anak enggak ketakutan lagi.

  21. Toossss, kupun stock ini donk di rumah, bangga gitu ya hihihi, habis oke banget sih ya mam cindy, bikin orangtua lega dengan no drama saat anak2 luka. Top deh hansaplast

  22. Perlu nyetock hansaplast spray di rumah ini. Secara adik saya masih kecil dan lagi aktif-aktifnya main sama teman-teman sekelasnya. Entah itu sepedaan yang kadang masuk got, atau lari-larian di lapang. jadi sebaiknya kalau luka malah jangan pakai alkohol, ya. Duh pengertian yang salah ini selama ini.

  23. Alhamdulillah, sekarang ada produk antiseptik dr Hansaplast yg berbentuk spray ini, ada alternatif utk mengobatii luka anak dengan lebih ramah anak (mengurangi drama rayuan pulau kelapa, hehehe)

    1. Aku pun jadi sedia di rumah nih
      Soalnya si kecil dah sekolah
      Buat jaga jaga terluka saat main kejar kejaran sama temennya

  24. Bersyukur banget deh sekarang ada Hansaplast Spray Antiseptik ini. Anak luka gak perlu cemas. Hansaplast Spray Antiseptik gak bakal bikin anak-anak parnooo

    1. Iya betul banget, selama ini kan anak-anak tuh suka parno banget ya kalau pas lukanya akan dibersihkan pake obat luka yang berwarna merah. Selalu perih sih ya katanya. Untung udah ada Hansaplast spray antiseptik ini, jadi makin mudah saat membersihkan luka anak-anak.

  25. Wajib banget nih nyetok di rumah, secaraaaa, anak-anak saya paling aktif, seringa banget kegores gara-gara lari-lari, manjat-manjat.
    Kalau obatnya ga pakai perih bakalan mengurangi drama banget ya πŸ™‚

  26. Hahaha tahu aja kalau Luka mau sembuh suka gatal pengen di garuk aja. Tapi bisa membuat koreng tidak sembuh sembuh ya. Sedia Hansaplast Spray Antiseptik dikotak P3K

  27. Ah iya, kalo obat merah itu nggak bisa membersihkan luka. Aku dulu biasanya membersihkan luka dengan air mengalir. Baru lukanya dikasih obat merah dan ditutup plester Hansaplast. Sekarang enak deh karena ada yang praktis untuk membersihkan luka dengan Hansaplast spray antiseptik

  28. Saya biasanya pake hansaplast yang plester, Mba. Jadi ingat luka di lengan saya setelah buka KB Implan deh, untuk menutupi lukanya saya gunakan hansaplast plester setelah dioles pakai alkohol. Sekarang udah ada yang lebih praktis untuk bersihin luka yaa πŸ™‚

  29. Baru tau alkohol atau obat merah itu sebenernya malah ngga baik buat penyembuhan luka. Wajib sedia hansaplast spray di P3K nih, dan kemasannya praktis spray gitu tinggal semprotin aja ke bagian luka.

  30. aku tuh mau cari Hansaplast Spray tapi belum sempat ke supermarket. Soalnya cek di minimarket belum ada nih. Kalau plester Hansaplast udah punya dari dulu.

  31. Anakku juga pakai hansaplast spray ini mba. Dan dia suka karena nggak perih. Ini ngebantu banget untuk penyembuhan luka

  32. Aku juga udah sedia obat ini di rumah. Anak2 emang rawan jatuh lha apalah apalagi pas main. Kadang suka mewek kalau lukanya dibersihkan. Nah kalau pakai Hansplast spay ini anaknya gak takut perih dan nangis yaaa

  33. Mau juga nih nyimpan Hansaplast Spray Antiseptik. Ponakanku suka drama kalau kena luka, perih lah, ini lah, itu lah. Kalau disemprot gini kan simpel jadinya

  34. Ini ngga bikin luka perih ya mbak? penting banget ini.. kalo anak anakku ada luka, dikasih obat selalu menghindar, karena biasanya luka terbuka akan perih jika terpapar cairan, apalagi obat pertolongan pertama.. noted, aku bisa stock dirumah ini hansaplas spay

  35. Aktivitas di luar rumah itu penting tapi namanya emak2 ya bener banget suka khawatir ntar jatuh lagi.
    Jaman dulu aku diajarkan membersihkan luka dengan alkohol, ternyata salah banget ya. Harusnya apakai antiseptik untungnya ada Hansaplast Spray Antiseptik ya sekarang.

  36. Wajib banget sedia Hansaplast Spray di rumah. Soalnya anakku sering banget jatuh, trus baret deh. Biasanya saya olesin pake minyak gosok, tapi katanya perih.
    Kalo Hansaplast Spray ini kan disemprot ya, pasti sejuk rasanya.

Leave a Reply