Parenting

Morinaga Chil*School Soya: Susu Soya Penuhi Nutrisi Harian Anak untuk Kecerdasan Multitalenta dan Tumbuh Kembang Optimal

Banyak yang berkata kalau memenuhi nutrisi harian anak merupakan salah satu cara agar mereka dapat bertumbuh dengan optimal, karena waktu tak bisa kembali. Ada yang setuju juga dengan kalimat tersebut?

Lalu bagaimana sih supaya anak mau melahap makanan yang kita sajikan dengan penuh cinta untuk nutrisinya? Berikan juga Morinaga Chil*School Soya untuk Kecerdasan Multitalenta dan Tumbuh Kembang Optimal Anak.

November 2015

Pagi itu anak ketiga saya genap berusia 3 tahun, ia bangun dengan wajah penuh semangat karena ini adalah hari yang ditunggu-tunggu, yaitu pergi ke pantai. Kami memang selalu melakukan birthday trip untuk membuat kenangan seru di hari ulang tahun anak, begitu juga hadiah bagi saya yang telah melahirkan dia ke dunia.

Menikmati hembusan angin segar di teriknya cuaca siang hari saat berada di pantai merupakan hal paling menyenangkan bagi anak-anak. Mereka asyik membuat istana pasir dengan kedua tangan mungilnya, juga menikmati sensasi geli dari pasir yang masuk ke sela-sela jari kakinya, ketika ombak menyapa. 

Ketika tiba saatnya untuk makan siang, Maghma, anak perempuan yang sedang berulang tahun itu memutuskan untuk mencoba susu kotak milik kakaknya. Ini adalah kali pertama ia menyesap susu itu sampai habis dan bersemangat.

Gejala Alergi Susu Sapi Muncul?

Mungkin karena ini susu sapi pertamanya atau rasa senangnya. Saat akan mulai makan, tiba-tiba Maghma sibuk menggaruk-garuk dan berkata pipinya terasa sangat gatal. Begitu saya lihat, ternyata area dekat mulutnya sudah berwarna kemerahan. Saya langsung berpikir kalau ia alergi dengan susu sapi. Kenapa bisa langsung mendiagnosa? Karena saya pernah mengalami hal yang sama dengan anak pertama saya.

Sambil menunggu kedua anak lelaki menikmati makanan, saya memutuskan untuk menghubungi dsa melalui Whatsapp dan mengabari perkembangannya. Setelah selesai urusan makan, saya langsung bergegas membeli obat untuk mengurangi alerginya Maghma. Sungguh pengalaman yang tak terduga ya, ketika sedang menikmati liburan, namun harus berada dalam situasi yang bisa saja membahayakan untuk anak. Beruntung kala itu gejala yang keluar hanya ruam merah yang disertai gatal, sehingga tak butuh waktu lama sampai kembali normal.

Gejala alergi dapat dengan jelas terlihat jika ada pemicunya.

Beberapa reaksi alergi yaitu

Batuk, bersin-bersin, gatal, muncul ruam merah di area mulut, sakit perut, diare, muntah, bengkak (pada bibir, lidah, maupun kelopak mata), dan sesak nafas.

Bahkan kalau tubuh tidak kuat, reaksinya bisa membuat pingsan dan menyebabkan kematian. Maka dari itu Ayah dan Bunda yang memiliki bakat alergi harus waspada, karena alergi dapat menurun ke anak. Kalau ingin informasi lebih jelas mengenai alergi, kita bisa mencarinya dengan mudah di website Cek Alergi ini. 

Pengalaman ini membuat saya lebih aware lagi saat Maghma ingin minum susu. Saya termasuk yang berpikiran kalau susu wajib untuk anak, apalagi bisa dijadikan sebagai makanan pendamping bersama roti, cereal, maupun buah. Tak sedikit artikel maupun keluarga yang mengatakan bahwa susu merupakan nutrisi tambahan yang baik untuk mencerdaskan maupun tumbuh kembang anak.

Sebenarnya saya agak lega, mengetahui Maghma alergi dengan susu sapi pada saat usianya sudah menginjak 3 tahun, itu artinya seharusnya tidak lama lagi akan berkurang maupun menghilang. Mengutip dari artikel dr. Dewi Ema Anindia β€œProtein susu sapi dapat menimbulkan alergi yang menetap sampai akhir masa anak-anak. Meskipun demikian, biasanya alergi susu sapi akan hilang dengan sendirinya seiring dengan matangnya saluran pencernaan bayi (pada usia 2-3 tahun)”.

Sudah ceria lagi

Menghindari Gejala Alergi

Jadi hingga saat itu tiba, yang saya lakukan adalah menghindari penyebab dari kambuhnya alergi tersebut. Juga memberikan kegiatan kesukaannya yaitu berenang dan bersepeda di lingkungan yang bersih. Berbekal pengalaman dari anak pertama,juga cerita dari teman-teman yang anaknya memiliki bakat alergi maupun asma. Kami akhirnya sering bertemu untuk menghirup udara segar di pantai, pegunungan, maupun di taman yang banyak pohon-pohonnya.

Kami percaya, udara segar membuat pernafasan mereka menjadi lebih nyaman dan enak sehingga mengurangi resiko kambuhnya alergi. 

Selain itu, memberikan nutrisi harian terbaik untuk tumbuh kembang anak juga merupakan hal yang penting, karena waktu tak bisa kembali. Nutrisi apa sih yang baik bagi anak? Sebenarnya sama seperti orang dewasa, hanya porsinya lebih sedikit. Seperti mengonsumsi sayuran, protein nabati dan hewani, buah-buahan, dan juga kacang-kacangan. 

Morinaga Chil School Soya

Tips Agar Anak Mau Melahap Sayuran

dan apa yang sudah kita sajikan adalah dengan memberikan contoh sehari-hari. Pernah anak saya susah mengkonsumsi sayuran tertentu, saat itu saya berikan garam dan lada, juga keju untuk memberikan sedikit rasa. Alhasil mereka mau dan doyan. Mungkin rasanya lebih seru ya, ada segar, asin garam maupun keju, juga pedas dari lada. Beruntung saat anak keempat mulai makan, banyak kakaknya yang bisa diajak untuk makan sayur bersama.

Memiliki pola makan yang baik dan berolahraga, bagus untuk anak dengan riwayat alergi, namun tentunya kita sebagai orang tua ingin memberikan nutrisi tambahan seperti susu khusus alergi bukan? Maka dari itu, sampai sekarang di usia sekolah, Maghma masih mengkonsumsi Morinaga Chil*School Soya yang untuk 3-12 tahun. Bagus untuk nutrisi tambahannya dan dia suka banget sama kedua varian rasa yang dimiliki, yaitu vanila dan madu.

Jika anak berusia 1-3 tahun bisa berikan Morinaga Chil*Kid Soya. Keduanya merupakan susu pertumbuhan bergizi berbahan dasar isolat protein kedelai tanpa penambahan laktosa, yang dapat dinikmati oleh anak yang alergi dengan susu sapi.

Morinaga Chil School Soya

Kandungan Morinaga Chil*School Soya

MoriCare+ Zigma Triple Bifidus yang mendukung kecerdasan multitalenta, pertahanan tubuh ganda, dan tumbuh kembang optimal. Morinaga Soya adalah satu-satunya formula pertumbuhan dengan protein soya yang diakui BPOM dan dilengkapi dengan kandungan AA dan DHA, serta mengandung nutrisi sinbiotik (sinergi dari probiotik dan prebiotik) dengan 3 jenis Bifidobacteria.

Susu soya ini akan lebih mudah diserap tubuh dan membantu tumbuh kembang yang optimal pada anak terutama yang alergi susu sapi. Beruntungnya pencernaan anak perempuan saya jadi lebih sehat dan tidak gampang sembelit lagi. Sehingga saat sedang belajar dan beraktivitas, ia lebih fokus dalam mengingat hal-hal yang dipelajari, juga daya tahan tubuhnya meningkat.

Tentang Morinaga

Morinaga Research Center Japan mengembangkan Morinaga Allergy Total Solution yang dapat membantu pemberian nutrisi yang tepat bagi anak-anak yang berbakat dan memiliki alergi. Melalui produk Morinaga P-HP dan Morinaga Soya, kami mendukung Kecerdasan Multitalenta anak yang mendukung pertumbuhan otak, Pertahanan Tubuh Ganda yang membantu perkembangan sistem imunitas tubuh dan Kesehatan saluran cerna, serta Tumbuh Kembang Optimal.

Nourishing The Platinum Generation for Platinum Nation merupakan visi Morinaga yang bertujuan untuk menyediakan nutrisi berkualitas. Untuk mendukungnya, kamui melakukan berbagai kegiatan terkait peningkatan kualitas tumbuh kembang anak yang dilaksanakan secara multi peran, yaitu orang tua, guru, dan tenaga medis seperti bidan dan dokter, demi mewujudkan Indonesia Sehat menuju kehidupan yang lebih baik.

Kita pasti bahagia kalau anak kita tumbuh dengan optimal ya kan Ayah dan Bunda? Saya merasa senang sekali bisa memberikan yang terbaik untuk anak-anak. Melalui nutrisi, rutinitas harian, juga kegiatan menyenangkan bersama-sama, karena kenangan masa kecil yang indah akan diingat oleh anak sampai mereka dewasa. Sama halnya dengan nutrisi tambahan dalam bentuk susu soya untuk pertumbuhannya. Saya juga akan merekomendasikan kepada Ayah dan Bunda untuk memberikan Morinaga Soya bagi Si Kecil yang alergi susu sapi mulai dari usia 1 tahun.

Jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai alergi pada anak, Ayah dan Bunda bisa mencari informasinya di website cekalergi.com dan juga instagram @morinagaplatinum ya. 

  1. Saya masih punya PR besar nih untuk membuat anak-anak mau makan sayur.
    Morinaga pun kini mengeluarkan varian soya ya, membuat anak-anak yang alergi susu sapi tetap bisa minum susu dengan tenang

  2. Denger-denger dari teman, soyanya morinaga katanya jauh lebih enak dari soya-soya lain ya mbak?
    Anak saya dulu juga sempat lama minum soya, tapi sekarang udah bisa pakai susu sapi lagi.

  3. aku dulu termasuk yang alergi susu sapi ini dan konon sih nyari susunya dulu susah banget. cukup lega dengar sekarang varian susu untuk anak yang lactose intolerant semakin banyak hehehe

  4. Anakku sih udah keliatan memang kalau alergi, Mbak. Jadinya susunya juga tak bisa pake susu sapi biasa, harus ganti sama yang soya.

  5. Anakku uda 2 hari ini gatel-gatel dan bekasnya seperti ciri alergi.
    Padahal usianya sudah 7 tahun.
    Mungkin kah…alergi baru terlihat ketika sudah besar?
    **langsung cek alergi di web Morinaga Chil School.

  6. Kasiaaan Maghma baby girl kenal alergi susu sapi!

    Aku pernah lihat seorang anak yang bener bener rentan susu sapi, dan itu menyedihkan, seluruh tubuh gatal memerah, pengen meluk ga bisa karena rewel.

    Pertolongan pertama, menghentikan seluruh asumsi susu dan turunannya (mentega – keju – coklat – cookies dll)

  7. Kalo ngomongin alergi susu, aku keinget sama anak sulungku waktu kecil. Duh, kasian banget deh kalo kambuh. Aku tadinya gak ngeh, tapi pas dibilang dokter, baru tahu. Dulu sedih banget jadinya sulungku gak bisa minum susu lain selain asi. Dan pas disapih, dia gak lanjut minum susu. Dulu kayaknya belom ada susu soya yang bisa dibeli dengan bebas di mana2. Kudu dari dokter. Dan harganya mahaaal. Itu sekitar 16-17 tahun lalu.

  8. Sedih banget pas anak alergi ya?
    Ngga mau terulang, saya mengganti semua kasur dan bantal kapuk
    Boneka dan yang berpotensi bikin alergi, saya cuci tiap minggu
    Beruntung Morinaga tau banget kebutuhan kita ya?

  9. Iya mbak, anakku Ada dua yang alergi sampai sekarang mereka masih terus alergi. Makanya aku juga hati hati banget memberikan susu untuk mereka.

    Alhamdulillah sekarang ada susu pertumbuhan soya dari morinaga chil school

  10. Wah jd blm bisa makan dairy food juga ya mbak?
    Alhamdulillah zaman skrng teknologi pangan dan medis makin canggih jd ada inovasi berupa susu soya yang juga bisa memberikan nutrisi terbaik utk anak2 yang gak bisa minum susu protein sapi.

  11. Andalan banget morinaga ini ya Mba Cin, buat tumbuh kembang anak dan buat anak yang alergi juga dengan susu sapi. Semoga kita semua diberikan kelancaran dalam mendampingi tumbuh kembang anak ya mba, dan nutrisinya tentu harus tercukupi

  12. Anak ketigaku alergi susu sapi. Selama 2 tahun ASI lanjut susu kambing.. ternyata bisa susu soya juga ya.. jadi banyak pilihan

  13. Anak ketigaku alergi susu sapi. Selama 2 tahun ASI lanjut susu kambing.. ternyata bisa susu soya juga ya.. jadi banyak pilihan. Ga perlu khawatir lagi

  14. Semoga Maghma sehat selalu ya, Mbak..baru muncul di usia 3 tahun dan semakin besar bisa menghilang ternyata alerginya ya, syukurlah. Bagus ya produk Morinaga P-HP dan Morinaga Soya ini, mendukung Kecerdasan Multitalenta anak yang mendukung pertumbuhan otak, Pertahanan Tubuh Ganda yang membantu perkembangan sistem imunitas tubuh dan Kesehatan saluran cerna, serta Tumbuh Kembang Optimal. Jadi anak yang alergi tetap bisa bertumbuh kembang maksimal

  15. Dulu anakku juga alergi susu sapi mbak dan beralih ke susu soya…sedih bila mengenang masa itu apalagi melihat kondisi anak yang alergi. Beruntunglah saat ini ada Morinaga Soya yang membuat anak terbebas dari alergi…ibu pun tak lagi cemas saat mendampingi tumbuh kembang buah hatinya.

  16. Jadi sedih bacanya sampai alergi susu sapi. Ternyata tidak semua balita lancar minum susu bahkan ada juga yang alergi. Tapi untungnya Morinaga meluncurkan produk inovatif dengan bahan dasar keledai alias soya.

  17. Anakku yang sulung dulu juga alergi susu sapi, tapi usianya masih belasan bulan gitu. Sama dokter spesialis langganan kami, disarankan mengganti susu soya. Jaman dulu Morinaga belum ada produk susu soya. Tapi aku udah kasih susu Morinaga begitu alerginya hilang saat usia 4 tahun. Alergi anakku tuh batuk dan tenggorokan selalu radang. BEgitu konsumsi susu sapi dihentikan kok sembuh

  18. Anak saya juga pecinta keju, jadi kalau makan sayur biasanya saya pancing ama keju.
    Masak brokoli, wortel, kasih udang, telur dan keju.
    Trus pelan-pelan saya ajak makan bayam, dan memang lebih mudah ngajaknya kalau kita makan bareng, dicontohin gitu πŸ˜€

    Btw, Morinaga Chilschool soya ini membantu banget nutrisi pada anak ya πŸ™‚

  19. Sebagai Ibu kita memang harus tanggap dan gercep saat anak menunjukkan gejala alergi ya Mba, dan bisa kasih alternatif seperti ini. Alhamdulillah susu soya sekarang pun sudah banyak dengan kandungan yang juga lengkap.

  20. Baru dari postingan ini bunda tahu jumlah anak stunting itu terbanyak di Lampung Tengah. Buruk baiknya pemberian nutrisi sejak kecil ternyata sangat berpengaruh kepada pertumbuhan anak. Sungguh bangga ada program yang di implementasikan oleh Great Giant Foods sehingga insya Allah kebutuhan akan nutrisi bagi anak-anak Inonesia bisa terpenuhi. Aamiin.

    1. Maaf banget ya Cindy, koq jadi bisa ketuker ya komentar bunda, hehehe…. Tolong delete aja komentar bunda yang salah tempat ini. Dan ini komentar bunda untuk postingan Cindy: “Alhamdulillah bunda sejak kandungan anak 1 sd anak ke-5 tidak direpotkan dengan the babies yang alerge susu. Jaman dulu gitu loh belum ada susu Morinaga. Semua anak-anak bunda sejak usia 6 bulan sd. usia 12an minumnya SUSU CAP BENDERA BUBUK (Frisian Flag).

  21. susu soya ini bener bener solusi emang yaa buat anak anak yang alergi sama susu sapiii, ada anaknya temenku juga yang pakenya susu soya karena dia alergi sama susu sapiii

  22. Sama mbak dengan anakku yang nomor 3 dan nomor 1 mereka alergi susu sapi. Alhamdulillah sekarang banyak dijual susu yang pas banget untuk anak anak yang berkebutuhan khsusu ini yaa. jadi gak worry lagi

  23. Emang paling sedih kalau punya anak alergi, khususnya dari makanan, tapi insyaAllah tidak mengganggu tumbangnya kalau kita jauhkan dari penyebab alerginya ya mbak πŸ˜€

  24. kalau aku jadi kamu bun aku juga pasti bakalan sedih siiih kalau tau si kecil alergi susu sapi, tapi pastinya smeua masalah ada jalan keluarnya dan untungnya morinaga ngeluarin susu soyaa yang khasiatnya engga kalah di banding susu sapiii

  25. semakin besar alerginya semoga cepet ilang ya, duu jadi inget dulu saya kalau dingin bentol bentol gitu tapi sejak dewasa ampe sekarang ilang,

  26. Bahkan kalau tubuh tidak kuat, reaksinya bisa membuat pingsan dan menyebabkan kematian. –
    -> Ngeriiii banget ya, aku baru tau kalo alergi bisa se-mengerikan itu lho Mak.

    Ya udah, buat yg buah hatinya alergi bisa pakai Morinaga Chilschool Soya ajaaaa
    Tetep bisa tumbuh kembang dgn optimal kok

  27. Anakku banget nih, dua-duanya ada bakat alergi turunan dari saya dan pak suami. Sama sekali ga bisa minum susu dan olahannya, alhamdulillah ada susu soya termasuk Morinaga Chilschool Soya ini

Leave a Reply