DailyLife

Pentingnya Mengenal dan Mempelajari Sejarah.

Tidak sedikit orang yang berpikiran bahwa belajar sejarah merupakan hal yang membosankan dan tidak menyenangkan.

Hal ini terjadi karena di masa sekolah cukup banyak cerita dipelajari dalam waktu singkat dan penyampaian yang kurang menarik. Siapa yang pusing waktu SD mendengarkan dan menghafal kerajaan-kerajaan yang ada pada zaman dahulu? Atau hanya saya ya?

Dulu saya mengira bahwa tidak tertarik dengan sejarah, namun ternyata itu hanya masalah waktu. Ketika saya duduk di sekolah menengah pertama, saya mulai menyukai sejarah, walau bukan tentang Indonesia (saya sekolah di international school). Guru tersebut memberikan kami pelajaran mengenai sejarah melalui film lawas dan modern, juga buku-buku menarik dengan bahasa Inggris yang mudah dipahami.

Setelah itu saya merasakan betapa menariknya sejarah itu. Lalu saya mulai melirik buku-buku sejarah milik kakak sepupu, dan pakde. Cerita yang saya baca sudah sering didengar saat di sekolah dasar. Namun saya menemukan ketertarikan yang sebelumnya tidak didapat saat masih kecil.

Lalu pada 28 Agustus 2020 saya menonton Instagram live milik teh Ani Berta yang mengundang Narasumber Kang Asep sebagai Sejarawan, dan Founder Historia Indonesia di #MeandInspiringOnes edisi 9 yang bertemakan tentang Sejarah.

Jika kita membaca ensiklopedia Britania, maka dituliskan bahwa sejarah tidak hanya masa lalu, melainkan masa sekarang dan masa depan.

Sejarah tidak hanya di masa lalu. Masa depan tidak akan gemilang jika tidak berjuang di masa lalu dan masa sekarang. – Kang Asep

Seperti pentingnya Mengenal para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Adakah yang sudah tahu kalau pahlawan nasional di Indonesia ada 180 orang?

Walau begitu sebenarnya masih ada banyak para pahlawan yang sudah gugur dan belum masuk ke dalam jajaran pahlawan nasional. Namun kita tetap harus mengetahui cerita masa lalu mereka bukan?

Tujuannya apa? Agar kita lebih sayang dan menghargai para pahlawan. Juga penting agar kita juga  menyayangi dan menjaga Indonesia tercinta ini. 

Pendidikan mental dan spiritual penting untuk dipahami. Namun sejarah juga merupakan hal yang penting ditanamkan kepada generasi milenial, karena mereka yang nantinya akan melanjutkan dan menjadi para pahlawan untuk negara Indonesia. 

Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang mampu bersaing, berpikiran positif dan mau belajar banyak hal. Salah satunya mengenai sejarah. Mengapa belajar sejarah menjadi penting?

Agar kita tahu tentang asal usul kultur, budaya, dan hal lainnya. Agar saling memahami dan tidak terjadi konflik karena salah paham. Bicara tentang kebudayaan, keniscayaan Indonesia harus dipercaya dengan potensi yang amat dahsyat karena memiliki 1200 etnik. Ada persatuan di dalam perbedaan. Kelahiran Republik Indonesia berkat semua orang, dan berkat Allah.

Sejarah juga dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saat kita berjuang di masa lalu dan sekarang, untuk apa? Jelas untuk mencapai tujuan di masa depan yang gemilang, nantinya itu semua termasuk dalam sejarah hidup kita.

Contoh lainnya adalah saat acara keluarga besar, otomatis kita akan mendengarkan cerita-cerita yang berkesinambungan dari trah yang sama walau berbeda tempat. Karena leluhurnya sama, jadi ceritanya pun persis. Kenapa sih harus dijaga dan apa pentingnya kita tahu sejarah keluarga besar?

Agar sejarah keluarga tidak berhenti, tali terus diturunkan. Tentunya akan semakin bertambah karena anggota keluarga semakin banyak. Seru ya?

Kalau kalian bagaimana? Apakah ada sejarah keluarga yang selalu diceritakan secara turun menurun? Apakah teman-teman sedang membuat sejarahnya sendiri saat ini?

Untuk menutup artikel ini, pastikan kita selalu berbuat baik dan positif terhadap semuanya ya. Agar hal tersebut kembali dalam bentuk yang positif dan menyenangkan pula 🙂

  1. Hallo mba cindy.. salam kenal yaa.

    Eh saya donk yang malas banget ngafalin sejarah. Guru SMA dulu itu unik jg sih, dia lulusan matematika ngajar sejarah yg ada tiap hari diteranginnya ya baca lks, bosan deh. Jadi males deh..

    Tapi, abis ikutan diskusinya teh ani sama kang asep kambali, saya jadi diingetin lg buat baca2 lagi tentang sejarah ni, banyak banget hal yg kelewat meski itu hal2 kecil kayak sejarah uang misalnya.

  2. Aku bukan orang yang suka banget mempelajari sejarah. Tapi sesekali kalau lagi tertarik ya dicari deh ini itunya. Kalau yang ribet banget biasanya kutinggal. Sejarah tuh penting. Minimal kita tahu yang dasar

  3. Waah Kang Asep ya nara sumbernya. Saya pernah tuh menghadiri acara yang diselenggarakan sebuah komunitas sejarah di kota saya, nara sumbernya Kang Asep. Asyik banget kalau beliau yang jadi nara sumber, sejarah jadi menarik dan bisa membuat anak sekolah tertarik untuk belajar sejarah di universitas.

  4. Saya tidak tahu apakah menyukai sejarah atau tidak. tapi kalau jalan-jalan paling senang ke Kota Tua dan memotret bangunan-bangunan yang usianya sudah ratusan tahun. Apalagi kalau membaca tentang sejarah tempat tersebut, rasanya makin excited. dan setuju bahwa sejarah suatu bangsa tidak hanya masa lalunya tapi berkaitan erat nanti dengan masa depannya ya, Mbak

    1. Aku pun meski gak bisa dibilang suka banget sama sejarah, tapi kalau lihat bangunan tua tuh jadi berimajinasi macam-macam. Ah dulu gini kali ya. Terus akhirnya cari informasinya dan kadang terpukau sendiri sama sejarah yang ada

    2. Aku pun meski gak bisa dibilang suka banget sama sejarah, tapi kalau lihat bangunan tua tuh jadi berimajinasi macam-macam. Ah dulu gini kali ya. Terus akhirnya cari informasinya dan kadang terpukau sendiri sama sejarah yang ada

  5. Aku suka banget diceritain sejarah sama Mbahku, yang kebetulan TNI AD.
    Selalu seru dan inget sampe sekarang, apalagi kalo cerita soal kemerdekaan, perang, pola hidup sehat, disiplin dll

  6. Sayangnya pelajaran Sejarah kita dulu lebih fokus hapal tanggal ya coba diajarin dengan gaya story’ telling kisah-kisah menariknya pasti lebih nyangkut di otak dan lebih menarik untuk para murid

  7. Nah iya nih Mbak Cindy. Sejarah kita itu kita sendiri yang menciptakan. Semoga aja sih keturunan kita mengenal kita sebagai orang yang positif dan banyak menebarkan manfaat.

  8. Saya suka banget membaca sejarah. Asyik banget tau asal usul tentang satu hal gitu. Untuk cerita keluarga, iya sering kalo lagi ngumpul terus cerita-cerita tentang silsilah atau apa kebiasaan yang sering dilakukan.

  9. Patut disyukuri yaa, kak..kita hidup di zaman yang sudah merdeka begini.
    Terbayang zaman dulu…dan saat ini, generasi muda malas mempelajari sejarah.
    Huhuu…ikutan sedih dengan keadaan ini.

  10. iyess mba Cindy.. menurut saya ada banyak manfaat dari belajar sejarah ya. yang paling kita belajar jadi lebih wise, dan belajar dari kearifan yang ada di masa lalu. Kita ga boleh melupakan sejarah meski juga ga boleh berjumawa atas sejarah ya…

  11. Sejarah keluargaku yang udah mulai hilang entah ke mana. Karena sudah banyak yang berpencar. Tapi yang terpenting kita sedang membuat sejarahnya sendiri. Berusaha melakukan yang terbaik setiap harinya.

  12. Setuju banget mak, mempelajari sejarah emang penting banget yaaaaa. karena dari sanalah kita jadi tau apa kesalahan yang nggak perlu diulang lagiiii. makasi sharingnya maaaak

  13. Aku dulu termasuk yang nggak suka banget pelajaran sejarah, kayaknya bosenin banget di kelas. Ini faktor apa ya… Hehe. Tapi kalo diajak berkunjung ke tempat tempat bersejarah, pasti excited banget. Sekarang pumayan suka baca bacaan sejarah, apalagi kalau ada gambar visualnya

  14. Belajar sejarah pas zaman sekolah itu rasanya berat ya mba, soalnya harus bener-bener ngapaling nama tokoh, kejadian, kerajaan, Setelah sekarang populer film yang mengisahkan pahlawan terdahulu malah jadi penasaran ngulik peristiwa zaman dulu.
    Kedepannya belajar sejarah lebih seru pasti berkat perfileman Indonesia yang mengangkat kejadian masa lampau.

  15. Anak saya yang pertama suka baca buku sejarah. Tetapi, kalau pelajaran di sekolah, dia gak suka. Menurut saya, itu gimana penyampaiannya. Kalau asik, sejarah sebetulya menarik banget

  16. Kalau sejarah keluarga itu paling suka dengerin cerita tentang buyut dan kakek saya yang pejuang dan polisi. Juga kehidupan keluarga polisi di tahun 1960-an. Memang mengenal sejarah itu penting, minimal sejarah keluarga sendiri.

  17. Dulu waktu sekolah, saya kurang menyenangi pelajaran Sejarah, karena harus banyak menghafal nama orang, nama tempat dan tanggal-tanggal penting
    Kalau sekarang malah senang dengan sejarah, sejak sering mengunjungi tempat bersejarah. Memang lebih asyik belajar sejarah itu langsung melihat dari dekat peninggalannya.

  18. Haloo mbak…
    Ya memang bagi banyak orang belajar sejarah itu membosankan, ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru sejarah…
    Kebetulan sy juga seorang guru sejarah, biasanya anak2 akan tertarik klo sy mengajar dgn pola diskusi atau menonton film

  19. Wah ada Kang Asep, aku telat infonya nih, kudu nonton sekarang ya di IG nya Teh Ani. Disimpan di IG TV kan? Menarik kalo mendengar atau membaca sejarah, kalo untuk keluarga, aku selalu suka denger orang tua atau tetua cerita masa lalu keluarga kami.

    Anakku kuliah ambil jurusan sejarah, dari penuturannya banyak sebenarnya yang masih harus diluruskan dari sejarah bangsa ini. Dan dia juga susah mencari referensi untuk skripsinya. Tapi dia meikmati banget loh kuliah di jurusan sejarah.

    1. Wah, menarik mbak. Sejarah itu penting banget untuk dipelajari. Kebayang kan gimana identitas anak bangsa jika sejarah bangsa sendiri tidak dipahami. Mempelajari sejarah itu ibarat menanamkan rasa cinta pada pada tanah air.

  20. wah setuju tentang pentingnya tahu sejarah di keluarga besar. Btw, aku dulu agak ga tertarik degan persejarahan ini, eh dapat suami yang concern banget mengenal dan mempelajari sejarah..jadi deh ketularan. Kayak pergi kemana gitu kalau ada peninggalan bersejarah pasti kami berusaha singgah. Ke candi, museum, dan sejenisnya

  21. Aku suka sejarah mbak, makanya kalau traveling pun inginnya dapat insight pergi ke tempat-tempat bersejarah. Tapi sekarang lebih banyak belajar sejarah pas nonton YT JurnalRisa karena mereka suka penelusuran di tempat bersejarah dan terkuak deh cerita masa lalunya, terutama masa jaman penjajahan.

  22. Aih jadi ingat nih, bapak dan ibu saya beberapa kali menceritakan sejarah keluarga. Terus saya dong, sepertinya belum pernah melanjutkan cerita tersebut ke anak-anak. Paling terasa dongkolnya gini tuh, kalau pas ketemu orang, temenan, eh pas ditelusuri..ternyata masih keluarga. Efek dari gak tahu sejarah keluarga tuh ya gini~

  23. Aku malah paling suka banget pelajaran sejarah Mbak sejak SMP bahkan nilai sejarah selalu yang tertinggi di rapor. Entah kenapa selalu suka banget.

  24. Menurutku pelajaran sejarah itu menarik sekali untuk diikuti. Nah, untuk di masa sekarang, tinggal gimana caranya menyampaikan pelajaran sejarah aja yang dibikin menarik. Kalau harus model hapalan seperti masa lalu, tentu saja akan makin sedikit peminatnya. Bikin tayangan kayak Natgeo History itu lho keren. Mengemas sejarah dalam tampilan kekinian yang menarik bagi anak muda.

  25. salah satu pelajaran sekolah yang aku suka itu pelajaran sejarah mbak Dan geografi.

    Kadang ketika membaca sejarah masa lalu, Terkadang Saya suka merasakan dejavu gitu mbak ketika masa kini.

    Kata ibnu khaldun, sejarah itu berulang, Dan memang itulah kenyataannya. Kita harus belajar dari sejarah agar masyarakat lalu yang buruk tak terjadi lagi karena kita sudah tau solusinya

  26. Sejarah tidak hanya di masa lalu. Masa depan tidak akan gemilang jika tidak berjuang di masa lalu dan masa sekarang. –

    Pastinya quote ini mengena banget dengan situasi dan kondisi yang sedang runcing saat ini ya Cindy. Kalau kita tidak tahu pasti rasanya semua yang dilakukan itu salah atau benar tanpa tahu dan melihat sejarahnya

  27. Alhamdulillah kakek aku masih hidup dan beliau suka banget ceritain kami cucu-cucunya sejarah entah ini sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia maupun sejarah keluarga turun temurun, emang penting banget belajar sejarah, dari situ kita bis tahu asal mula sesuatu

Leave a Reply