DailyLife

Belajar Creative Writing Bersama TBI Malang

Saya memang sedang getol-getolnya ikutan kelas online, karena ingin mengembangkan diri. Asyiknya saat ini banyak sekali kelas yang gratis namun ilmunya luar biasa semua, sehingga tak perlu bingung mengacaukan cash flow. Setelah mengikuti rangkaian kelas dari Komunitas ISB, saya mendapat kesempatan berharga untuk belajar creative writing bersama TBI Malang.

Apa itu Creative Writing?

Menurut Wikipedia, Creative writing atau penulisan kreatif adalah setiap tulisan yang berada di luar batas bentuk sastra profesional, jurnalistik, akademis, atau teknis normal, biasanya di identifikasi dengan penekanan pada kerajinan naratif, pengembangan karakter, dan penggunaan kiasan sastra atau dengan berbagai tradisi puisi dan puisi.

Biasanya para penulis kreatif dapat membuat suatu tulisan menjadi lebih menarik dengan cara merekan masing-masing. Hal ini dapat dilatih juga agar tercipta pemikiran yang lebih kreatif pada saat menulis. Blogger pun butuh skill seperti ini supaya pembaca juga semakin tertarik dan dapat membayangkan serta merasakan apa yang dibaca di blog seseorang.

This image has an empty alt attribute; its file name is writing-a-travel-blog.jpg

Materi apa yang dipelajari selama ikut kelas TBI Malang?

Kami mendapat 3x pertemuan kelas online bersama TBI Malang dan 1x webinar “IELTS is a must“. Sebelum masuk kelas online, kami diminta untuk mengerjakan soal-soal di google form terlebih dulu, agar team TBI Malang mengetahui tingkat pengetahuan bahasa Inggris sudah di level berapa.

Sejak kelas pertama sangat menyenangkan karena interaktif, dan banyak tanya jawab yang semua jadi daging. Di kelas blogging, kami mendapat banyak insight untuk tata cara penulisan traveling dari Mr. Ryan. Bagaimana seharusnya kita menulis perjalanan menjadi lebih menyenangkan dan mengajak pembaca ikut masuk ke dalam tulisan tersebut, detail apa saja yang harus dimasukan ke dalam artikel agar menarik.

Materi mengenai penulisan restoran dari Ms. Mega juga tak kalah menariknya. Kami diajak berdiskusi tentang hal apa yang membuat orang ingin mengunjungi dan tidak ingin mengunjungi suatu restoran. Apa yang menjadi poin plus dan minus dari suatu restoran. Hal ini mengingatkan kembali tentang apa saja yang pernah saya tulis dalam blog mengenai review tempat makan.

Kelas Berbahasa Inggris

Dalam kelas-kelas tersebut, kami diajak untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Tak perlu takut salah dalam berbicara, bisa campur ke dalam bahasa Indonesia. Karena para teacher dan juga teman sekelas siap membantu menerjemahkan ke dalam bahasa Inggris ataupun menjelaskan maksud dari kata-kata kita.

Kelas-kelas blogging yang diberikan juga menarik karena ada latihan yang harus dikerjakan saat kelas berlangsung, juga setelahnya. Tugas dan latihannya adalah menganalisa artikel yang sudah ada, menulis artikel versi kita, membaca artikel teman, dan mengulik isi tulisan yang sudah kami buat. Menurutku metode dan materi pengajarannya up-to-date. Terus sistem pengajarannya praktis, relevan, menyenangkan dan dinamis.

Tentang The British Institute

The British Institute, didirikan pada 18 Februari 1984. Sebagai salah satu institusi pendidikan yang fokus kepada pembelajaran Bahasa Inggris. TBI adalah tempat kursus Bahasa Inggris yang terdepan dan pertama di Indonesia dengan mutu & kualitas yang tidak perlu dipertanyakan lagi. TBI memastikan bahwa para pengajar memenuhi syarat kualifikasi yang sesuai dengan standar internasional.

TBI adalah satu satunya institusi pelatihan Bahasa Inggris di Indonesia yang disertifikasi oleh the University of Cambridge English, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages), dan ini menjadikan TBI selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam pelatihan guru dan menjadi yang terdepan
dalam segala metodologi pengajarannya.

Sistem Belajar di The British Institute

Belajar dapat dilakukan dimana saja karena TBI memiliki kelas yang dapat diakses secara online / digital learning. Sistem pembelajarannya ada 2 ya, yaitu tatap muka dan secara daring. Keduanya sama-sama interaktif jadi tidak perlu khawatir.

Siapa saja yang bisa belajar di TBI?

Jadi TBI ini punya program kelas yang banyak banget ya, ada kelas anak-anak, pra remaja, remaja, dan dewasa.

Kelasnya bisa untuk global english, persiapan untuk TOEFL atau IELTS, private di rumah, juga daring.

This image has an empty alt attribute; its file name is tbi-malang-cindy-vania-2.jpeg

Jadwal Kelas dan Biaya Kursus di The British Institute

Jadwal kelas-nya bervariasi dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. The British Institute memiliki kelas dari Senin sampai dengan Sabtu mulai pukul 10.00 – 21.00.

Biaya kursus di TBI juga terjangkau kok. Info lebih lanjut bisa cek dan hubungi nomor serta media sosialnya di bawah ini yaa..

Info : 0341 438 – 2561 /
WA : 0822 4517 7344
Email : info.malang@tbi.co.id
Website : www.tbi.co.id
Instagram : tbi_malang
Facebook: The British Institute Malang

Lokasi TBI Malang

Berada di lokasi yang sangat strategis yaitu di jalan Soekarno Hatta Kav A2, dekat sekalidengan Universitas Brawijaya Malang, Politeknik Negeri Malang, Universitas Negeri Malang.

The British Institute memiliki cabang di:

  • Jakarta: Pondok Indah / Kuningan / Kelapa Gading
  • Cibubur
  • Depok
  • Tangerang : BSD / Gading Serpong
  • Bandung : Dago / Festlink / Jatinangor
  • Malang

Sayangnya saat kelas, saya menggunakan komputer dan tidak memiliki webcam, jadi hanya audio yang on dan tidak bisa ikut berfoto. Namun hal itu tidak menjadi halangan, karena tetap bisa berdiskusi dan mengikuti kelas dengan lancar sampai selesai.

Setelah 3x pertemuan, saya merasa sangat terbantu dalam penulisan artikel, juga dalam bahasa Inggris. Buat teman-teman yang ingin mengikuti kursus bahasa Inggris saya rekomendasikan TBI, karena memang se-menyenangkan itu.

  1. Menyenangkannya sekarang kursus kursus termasuk bahasa asing bisa diakses secara online ya. Salah satu hikmah yang bermanfaat buat kita. Jadinya bisa mengakses dari mana saja.

  2. Seru iih.. kita bukan cuma dpt ilmu creative writing aja, tapi juga bahasa Inggris. Lah wong disuruh dialognya pakai b.ing, mau ga mau kan kit jadi belajar bahasa Inggris.

  3. tertarik dengan Creative writing ini, apalagi kalau bisa creative writing dalam Bahasa Inggris, sesuatu banget.

    Btw, TBI belum ada cabangnya di Yogya ya

  4. Wah, seru banget kelas onlinenya. Kadang kalo mau ngomong bahasa inggris malu, terus mikir grammar nya wkwkwk. Endingnya takut ngomong deh.. Pingin ikitan kelas TBI

  5. Creative writing ini udah termasuk skill yang HARUS BANGET dimiliki karena tren digital marketing via website dan blog juga makin banyak digunakan. Bakal coba rekomendasiin TBI deh kalo gitu buat temen2 di Malang.

Leave a Reply