Tips

Menjadi Sponsor Anak di Wahana Visi Indonesia

Kita tahu bahwa anak-anak membutuhkan pendidikan selama 12 tahun untuk masa depan mereka yang lebih cerah. Tentunya jangan sampai hanya anak dari keluarga yang memiliki keberuntungan berlebih saja yang dapat merasakan pendidikan, semua anak wajib dan harus merasakannya.

Saat ini sekolah di Indonesia sudah sangat banyak dan beberapa di pelosok juga sudah ada walau memang masih ada yang kurang proper bangunannya. Bahkan kadang masih ada yang tidak mampu sama sekali untuk bersekolah, misalnya karena tuntutan dari keluarga untuk menjaga adik yang lebih kecil, atau menjadi tulang punggung.

Banyak anak cerdas dan berbakat namun tidak bisa melanjutkan pendidikan di bangku sekolah karena banyak hal. Walau pada akhirnya semua karena biaya.

Menjadi sponsor anak di wahana visi indonesia

Selain sekolah, biaya merawat anak juga tidak murah ya, seperti sandang, pangan, biaya kesehatan, juga tempat tinggal yang nyaman untuk anak. Terkadang saya berpikir bagaimana caranya bisa membantu anak-anak dari keluarga kurang beruntung seperti mereka.

Sebagian teman mengatakan tentang adopsi, lainnya memicarakan tentang donasi di panti asuhan. Iya, kedua hal itu dapat dilakukan, tentu adopsi tidak mudah jalannya, dan bagaimana jika anak-anak tersebut masih memiliki orang tua?

Ternyata jawabannya adalah menjadi Hidden Hero bagi anak-anak yang kurang beruntung dalam biaya sekolah, namun masih memiliki orang tua. Wahana Visi Indonesia memiliki program yang bernama sponsor anak.

Apa itu Sponsor Anak?

adalah cara yang mudah dan efektif untuk mendukung masa depan anak-anak Indonesia di berbagai wilayah yang paling membutuhkan.
Menjadi seorang sponsor, berarti berkontribusi terhadap proyek pengembangan jangka panjang untuk membantu anak melalui 4 sektor, yaitu program pendidikan, kesehatan, perlindungan anak dan penguatan perekonomian keluarga.

Cara Menjadi Sponsor Anak

Kita bisa mengunjungi website milik WVI di link ini https://wahanavisi.org/id/sponsor-anak/tentang-sponsor-anak untuk info lebih lanjut. Sama halnya dengan berdonasi di WVI, kita harus mengisi data terlebih dahulu, dan bisa memilih anak mana yang akan kita sponsori 🙂

Wahana Visi Indonesia

Apakah Dapat Memantau Perkembangan Anak?

Sebagai seorang sponsor, kita bisa melihat perkembangan mereka. Mulai dari nilai akademis, kegiatan, dan kabar anak.
Kita juga dapat mengirim surat kepada anak yang disponsori untuk mengucapkan selamat di momen tertentu seperti naik kelas, juara, atau ulang tahun.
Anak-anak menyukai surat yang kita kirimkan, karena mereka akan merasakan bonding dari para Hidden Heronya.

Namun tentunya Hidden Hero hanya boleh menghubungi anak yang disponsori melalui Wahana Visi Indonesia demi keamanan dan kenyamanan bagi kedua belah pihak yaa.. Mau itu melalui surat, ataupun media sosial. Juga jika ingin bertemu dengan anak yang disponsori, kita harus komunikasi 30 hari sebelum tanggal keberangkatan kepada pihak WVI.

Tentang Wahana Visi Indonesia

adalah Yayasan Kemanusiaan Kristen dengan pendekatan tanggap darurat, pengembangan masyarakat dan advokasi, yang bekerja untuk membawa perubahan yang berkesinambungan pada kehidupan anak, keluarga, dan masyarakat yang hidup dalam kemiskinan. WVI mendedikasikan diri untuk bekerja sama dengan masyarakat yang paling rentan tanpa membedakan agama, ras, etnis, dan gender.

Saya pernah menulis tentang Wahana Visi Indonesia juga di artikel lain, yaitu tentang Erupsi Gunung Ili Lewotolok, NTT

Selain melalui website, Wahana Visi Indonesia bisa ditemukan di instagramnya di instagram.com/wahanavisi_id/ lho teman-teman. Yuk berkunjung agar lebih jauh mengenal tentang Wahana Visi Indonesia.

  1. Wow. Gerakan yg sangat mulia! Ini jadi orang tua asuh jarak jauh ya. Kita bisa membantu anak tanpa terlihat. Yang membantu senang, yang dibantu juga senang dan ga ada rasa ga enak atau utang budi.

    Saya jd ingat pernah ada gerakan nasional orang tua asuh milik pemerintah. Duluuu banget zamannya Desi Anwar masih di RCTI.

  2. Bagus banget program yang digagas tentang sponsor anak ini. Yang memiliki kelebihan dana bisa mencurahkannya untuk hal yang bermanfaat, salah satunya dengan menyeponsori pendidikan anak-anak kurang mampu ini.

Leave a Reply