DailyLife

Yuk Berkenalan dengan Kilau Digital Permata Flobamora

Indahnya Indonesia di bagian Timur sudah mulai tercium oleh para wisatawan dalam negeri maupun luar. Tak sedikit para wisatawan ini berbondong-bondong mendatangi Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai destinasi liburan favorit. Labuan Bajo adalah salah satu tujuan paling diminati oleh para wisatawan. 

Selain itu, ada banyak sekali produk lokal unggulan di NTT, seperti kopi, minyak kemiri, dan kain tenun ikat yang sangat terkenal. Namun selama masa pandemi Covid-19 tentunya kegiatan di pariwisata mulai berkurang drastis, sehingga para wisatawan tak dapat mengunjungi juga membeli produk unggulan dari NTT.

Peluncuran Pertama dan Acara Puncak Gerakan Nasional Flobamora

Maka dari itu pada tanggal 14 Mei 2021, Presiden Joko Widodo pertama kali meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia atau disingkat menjadi Gernas BBI 2021. Gernas BBI ini menjadi upaya untuk menyelamatkan UMKM agar ekonominya berhasil bangkit di masa pandemi ini.

Puncak acara Gernas BBI 2021 yang mengusung tema Kilau Digital Permata Flobamora ini diadakan di Puncak Waringin, Labuan Bajo, pada Jumat, 18 Juni 2021 lalu. 

Acara yang dilaksanakan secara offline dan online ini disiarkan melalui platform Youtube, Zoom, dan juga live di TVRI, Metro TV, iNews TV, dan Radio RRI. Saat ini jika teman-teman ingin menonton siaran ulangnya, bisa cek ke Youtube Channel milik Ditjen IKP Kominfo ya.

Apa sih Kilau Digital Permata Flobamora

Kilau Digital Permata Flobamora adalah tema dari gerakan nasional bangga buatan Indonesia seri Juni 2021. Flobamora ini adalah singkatan dari kepulauan yang ada di NTT, yaitu Flores, Sumba, Timor, dan Alor.

Gerakan ini juga merupakan bagian dari program percepatan transformasi digital termasuk di bidang UMKM, pertanian, pariwisata, pendidikan, dan kesehatan, juga industri kreatif nasional untuk mendorong para pelaku UMKM masuk ke dalam ekosistem digital agar bangkit dan berkembang ke penjuru dunia.

Tujuan dari Gerakan Nasional Flobamora

Tujuannya agar dapat mendorong branding nasional. Produk lokal unggulan semakin bisa dijangkau seluruh masyarakat via online, menciptakan industri baru yang kemudian dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia, terutama NTT.

Apa Peran UMKM

UMKM merupakan tulang punggung perekonomian bangsa. Salah satu daerah yang menyimpan  banyak potensi UMKM adalah Nusa Tenggara Timur, dengan produk kuliner andalan di bidang kuliner, fesyen, hingga kriya.

Ada beberapa UMKM lokal yang diperkenalkan, seperti Wa Ina Productions, Timur Moringa, Kampoeng Mart di Labuan Bajo, Kampung Tenun Alor, Cajava888, Angkringan Nagi di Kupang, Coto Ranggo Taman Laut Resto. 

Bagaimana Cara Berbelanja di Virtual Expo Kilau Digital Permata Flobamora?

Ada website yang dapat dikunjungi untuk melihat pameran berbagai macam UMKM yang turut serta secara virtual. Teman-teman bisa kunjungi https://www.kilaudigitalflobamora.id/ lalu pilih pameran virtual. Setelah itu isi nama, nomor hp, dan email agar lebih lancar saat melihat-lihat. 

Lobby

Merupakan tampilan depan websitenya setelah isi data, di sana ada pusat informasi, daftar nama UMKM dan lainnya. 

Auditorium

Akan membawa kita melihat isi acara puncak Kilau Digital Permata Flobamora pada Jumat, 18 Juni 2021 lalu melalui channel Youtube Ditjen IKP Kominfo.

Exhibition Hall

Di sini ada 4 pilihan ruang, yaitu Food A, Food B, Craft, dan Fashion. Semua nama UMKM tertera di bagian bawah ruang pameran jadi memudahkan. Jika ingin chat ke penjual, bisa klik ‘live chat’ maka akan diarahkan ke Whatsapp penjual. Pembelian bisa dilakukan via web Kilau Digital Flobamora atau melalui e-commerce.

Beberapa penjual saya lihat ada di Tokopedia, Shopee, dan ada yang di Blibli juga. Jika teman-teman sedang ada di NTT, bisa coba membeli makanan via ojek online, dan produk pertanian yang bisa dipesan secara langsung lho!

Dukung Terus Produk UMKM

Sebagai warga negara Indonesia tentunya kita harus turut serta membantu perekonomian negara bukan? Tentunya hal ini akan membantu teman-teman UMKM kita yang sedang berjuang, terutama di masa pandemi ini.

Sejujurnya memang negara kita Indonesia tercinta ini sangat kaya akan berbagai hal ya. Mulai dari keragaman budaya, kekayaan alam, dan berbagai macam produk yang bisa dibuat dengan tangan saudara-saudara kita. Makanya kita harus Bangga Buatan Indonesia dan mulai menghargainya juga. Karena produk-produk dalam negeri kualitasnya tak kalah bagusnya dengan produk luar negeri.

Jangan mau kalah sama turis mancanegara yang suka beli banyak barang buatan Indonesia yuk! Karena sekarang, walau di rumah saja, kita bisa beli semua barang UMKM yang ada di Indonesia, seperti NTT. Lebih mudah dan menyenangkan bukan? 🙂

  1. Singkatan dari Flores, Sumba, Timor, dan Alor menjadi Flobamora itu bagus ya, seperti nama-nama orang di Timor Leste, Portugis, dan negara-negara Amerika Latin sana.

    Saya jadi kangen ke Labuan Bajo, ya alamnya, kulinernya, orang-orangnya, dan kain tenunnya. 2019 aku ke sana, beli 1 kain tenun dan 1 ikat kepala tenun, kupakai buat foto-foto saat keliling dari pulau ke pulau. Bangga rasanya.

    Semoga tujuan dari gerakan nasional bangga buatan Indonesia ini, yaitu mendorong branding nasional, dapat tercapai. Aamiin

  2. Duh aku tu mupeng banget sama produk-produk lokal begini… Apalagi yang tenunnya NTT huhuhu…nonton virtual eksponya dulu ah..sapa tau ada produk yang di diskon..

  3. Ahh, salut banget sama Kilau Digital Permata Flobamora ini, duhh hasil2 karya UMKM NTT makin mendunia nih, ciri khasnya makin dikenal sama masyarakat luar dan memang kece2.

    Huhuu, mupeng sama kain tenunnya, Kampoeng Mart di Labuan Bajo, Kampung Tenun Alor, Cajava888, Angkringan Nagi di Kupang, Coto Ranggo Taman Laut Resto.

    Sebelum kesana mau intipin di situsnya duluu, pameran virtualnya ..

  4. Acara ini beneran membantu para pegiat UMKM ya
    bisa lebih berdaya lagiii, dan bener2 memberikan yg terbaik, meskipun lagi pandemi.
    semangaatt buat semuanyaaaa
    semangat jemput rezeki di ranah digital.

  5. Flobamora tuh cantik singkatannya, ya. Saya selalu punya impian pengen bisa mengelilingi Indonesia. Apalagi ke tempat yang eksotis seperti Flobamora. Kalau pun belum kesampaian, teknologi digital saat ini memang membantu banget. Bisa beli berbagai produk UMKM melalui online.

  6. Senangnya, ga perlu langsung ke sana. Lewat website yang dapat dikunjungi untuk melihat pameran berbagai macam UMKM yang turut serta secara virtual di event ini bisa terpuaskan hasrat belanja.

  7. Kebetulan aku juga nonton nih pas acara puncak Kilau Digital Flobamora dan baru tahu kalai Flobamora itu singkatan dari Flores, Sumba, Timor, dan Alor. Ternyata banyak juga ya kerajinan khas NTT, belum lagi destinasi wisatanya yang keren banget. Jadi pingin ke NTT juga plus pingin beli produk kerajinan UMKM khas Flobamora.

  8. Didukung penuh oleh Pemerintah dan semua lini, semoga Kilau Digital Permata Flobamora bisa semakin membantu UMKM untuk semakin berkembang dan produknya dikenal di mata dunia.

  9. Dukungan rakyat Indonesia untuk meningkatkan pendapatan UMKM amat diperlukan ya. Bagus banget nih Gernas BBI ini yang mengangkat kekuatan UMKM agar makin berjaya dan mendapat tempat spesial bagi bangsa ini. Yuuk ah kita nglarisi produk-produk UMKM.

  10. Ternyata Flobamora merupakan bagian dari program percepatan transformasi digital termasuk di bidang UMKM, pertanian, pariwisata, pendidikan, dan kesehatan, juga industri kreatif nasional untuk mendorong para pelaku UMKM masuk ke dalam ekosistem digital agar bangkit dan berkembang ke penjuru dunia.

  11. Udah mampir ke marketplace-nya. Banyak bangettt ya oleh-oleh khas NTT di sana. Webnya juga sediakan souvenir dari berbagai daerah di indonesia. Asik nih belanja kain tenun menjadi lebih mudah.

  12. aku ikutan acara ini waktu itu mbak
    senang banget melihat digitalisasi terhadap umkm
    ini membuat perekonomian masyarakat lebih berkembang

  13. saya dukung program ini mba supaya UMKM juga naik kelas, potensi daerah bisa diekplore juga, moga makin meluas pasarannya. Aku yang belum ke NTT jd semangat baca ini buat ke sana, hehehe

  14. Kece banget ya labuan bajo mbak, duh kapan saya bisa ke sana. klik di situs yang disarankan itu sepanjang mata memandang beneran indah banget yaa. pantas saja harus terus dijaga dan dikembangkan ya kelestarian tenunannya, keindahan alamnya dan segala isinyaa. semoga setelah dikembangkan gak jadi rusak alam NTT yang indah itu

  15. Banyak budaya yang bisa diketahui
    Protokol kesehatan juga dilakukan
    Pastinya, saya Senang UMKM mereka semakin maju dengan gagasan seperti ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *