DailyLife

Pinggang Sakit akibat Bekerja dari Rumah

Bekerja dari rumah memang sangat menggiurkan, seperti yang banyak orang impikan tentunya. Saya juga menikmati membuat konten, menulis, dan lain-lain dari rumah. Namun memang betul, ada plus dan minus dari setiap pekerjaan bukan 🙂

Pinggang Sakit akibat Bekerja dari Rumah

Saya sangat mendukung siapa pun yang ingin bekerja dari rumah. Saat sedang konsentrasi mengetik artikel di komputer, saya sudah mengatur kenyamanan kursi yang akan menemani seharian agar terhindar dari sakit pinggang. Namun memang dengan adanya krucils di rumah merupakan tantangan tersendiri bagi kami, para ibu yang membuat konten dari rumah.

Terkadang menyempatkan menulis sedikit poin-poin penting sebelum menguap dari kepala. Pada saat itu biasanya ide muncul ketika sedang melakukan sesuatu. Sayangnya saya sering salah posisi saat melakukan hal tersebut, seperti duduk terlalu membungkuk dengan posisi yang asal-asalan.

Sepele, namun sangat berpengaruh pada kesehatan otot dan tulang. Karena tidak hanya yang kerja di rumah bikin sakit pinggang, kerja kantoran pun jika duduk terlalu lama juga bisa membuat pinggang sakit.

Hayo, ada yang kerja kantoran atau keluarga yang sering mengeluh sakit pinggang karena duduk terlalu lama nggak? Bahkan pekerja yang menggunakan fisik berat atau ringan tetap bisa mengalami cedera pinggang sakit loh. 

Penyebab Sakit Pinggang

Dari yang saya ketahui, penyebab sakit pinggang ini bisa karena keseleo atau perubahan posisi tubuh yang tiba-tiba. Hal ini wajar kok saat kita melakukan aktivitas yang memerlukan kekuatan fisik, apalagi dilakukan setiap hari.

Dalam dunia medis biasa disebut Low Back Pain atau sakit nyeri di area pinggang belakang bagian bawah. Jika sudah merasakan tanda-tanda nyeri, sebaiknya jangan diabaikan, karena ini yang membuat menjadi lebih parah. 

Pengalaman Sakit Pinggang

Saya pernah mengabaikan sekali dan mengalami gangguan gerak selama 3 bulan karena LBP ini. Saat itu anak masih kecil-kecil semua, sehingga memandikan anak menjadi hal yang sangat menyakitkan bagi saya. Tidak bisa menunduk, membungkuk, dan jongkok padahal punya tiga anak kecil, rasanya luar biasa sekali.

Sehingga sekarang saya seringkali memaksakan diri untuk minimal tetap melakukan peregangan otot saat terlalu lama duduk, atau saat sadar posisi duduk salah. Namun ternyata setelah konsultasi, saya jadi paham kalau sakit pinggang bukan hanya soal posisi duduk, tapi bisa juga karena kualitas kasur yang buruk, otot tegang, dan kegemukan. 

Mengurangi Sakit Pinggang

Bisa dilakukan setiap hari, dengan cara-cara yang mudah namun sangat efektif. Pentingnya olahraga seminggu 2-3x dengan minimal gerak 10,15,30 menit. Jika sulit, paling tidak lakukan peregangan otot (paha bagian belakang sangat penting) setiap satu jam, demi otot yang relax.

Mengatur pola makan juga bisa dibiasakan, sehingga badan tidak kegemukan dan membuat tubuh lebih nyaman saat duduk (tidak banyak tekanan). Perbaiki posisi duduk, tidur, dan jauhi rokok dan alkohol.

Selain itu kita bisa konsumsi susu maupun suplemen yang baik untuk kesehatan tulang. Salah satu penyebab LBP saya juga karena kurangnya kalsium dan berjemur nih. 

Sekarang sudah mulai membaik, sering ada tanda-tanda di beberapa bulan terakhir, namun saya bisa menguranginya sedikit-sedikit. Semoga kita semua diberikan kesehatan terus ya teman-teman 😉

  1. Waduh saya malas olahraga nih tapi kalau bergerak aktif masih sih karena gak ada ART. Seharusnya minimal tips di atas diterapkan ya supaya tidak mudah sakit pinggang.

  2. Syukurlah LBP yang dialami enggak terjadi lagi, Mbak Cindy.
    Memang Low Back Pain atau sakit nyeri di area pinggang belakang bagian bawah sebaiknya jangan diabaikan, karena ini yang membuat menjadi lebih parah. Mesti diperhatikan nih tips mengatasinya

  3. Eh kok saya juga merasa diingatkan dengan sakit pinggang ini… Saya malah sampai ke punggung. Terasa berat dan panas gitu. Saya pikir faktor usia aja, hehehe …
    Ternyata banyak juga faktor penyebabnya ya…
    Terimakasih udah mengulas sakit pinggang ini Mbak Cindy…

  4. aku juga seriiingg mba pinggang sakit.

    biasanya kalo kurang minum air mineral, jadinya dehidrasi dan berdampak ke pinggang.

    trus, aku biasanya rutin YOGA sama penyogastar biar ngga sakit pinggang.

  5. Aku pernah punggung. Salah posisi duduk. Iyaa kadang udah asyik aja gitu ya mba sampai lupa posisi duduk yg betul. Olah raga atau gerak2 selama berapa menit, sesekali penting ini deh biar nggak kaku jg. Moga nggak sakit pinggang lagi ya mbaa. Siap jemur2 aku pun klo pas pagi sambil nyiram2 anak ijo 😁 anget enak di badan

  6. alhamdulillah klo sudah sembuh LBP nya ya mbak
    emang klo kerja di rumah, kita juga perlu hati hati ya mbak dalam menjaga kesehatan

  7. Iya, ya posisi duduk kita tuh sering salah, aku tuh kebiasaan duduk dengan punggung, setengah rebahan jadi rentan sakit pinggang apalagi kelamaan mengetik harus sering olahraga dan minum vitamin untuk tulang ya

  8. WFH emang terasa bgt mengurangi gerak dan aktivitas badan nih banyakan duduknya.
    Terasa banget mudah nyeri pinggang aku tuh klo pas bangun tidur deh kenapa yaa

  9. Aku pernah sakit pinggang sampai sakit banget dan susah buat bangun gegara duduk di lantai tanpa alas mbak, sejak itu jadi kapok deh. Selain itu temanku menyarankan untuk rajin minum susu .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *