Parenting · Tips

Pentingnya Mengajarkan Remaja Cara Menyikat Gigi yang Benar

Kalau dari judulnya, mungkin pada bingung ya kenapa remaja harus diajarkan cara menyikat gigi dan bukannya anak-anak? Ya, kali ini saya ingin menuliskan tentang pentingnya mengajarkan remaja cara menyikat gigi yang benar dan tepat.

Saat anak-anak mulai memiliki gigi, tentu orang tua sudah mulai concern dalam membersihkan gigi susu mereka dan membantunya sampai kira-kira usia 3 tahun.

black father and son brushing teeth in bathroom
Photo by Keira Burton on Pexels.com

Selebihnya anak akan kita beri contoh dengan menyikat gigi setiap hari bersama-sama pagi, sore, dan malam hari. Kita asyik mengajarkan mereka pentingnya sikat gigi dengan cara yang menyenangkan dan seru.

Namun, seringkali setelah anak sudah sekolah dan bisa mengurus dirinya sendiri di kamar mandi, hal ini menjadi sering terlewatkan. Paling-paling orangtua hanya bertanya “coba cek sini giginya, sudah bersih atau belum?” dan anak akan menunjukkan giginya sambil bergumam “hiiii”.  Ada yang seperti saya juga? 

Memiliki anak remaja, seperti mengingatkan kembali saat mereka masih balita. Di usia ini mereka sering berpikir bahwa sudah bisa semua sendiri, remaja adalah yang terbaik! Yes bener banget memang. 

Percaya sama kemampuan dan kemandirian anak itu sangat bagus ya, tapi tak ada salahnya mengingatkan anak kembali atas hal-hal yang mereka butuhkan. Seperti contohnya: merapikan tempat tidur (yang seharusnya benar-benar rapi), mandi bersih (cepat lama tidak masalah asal bersih), makan (masih ada yang susah makan nggak anaknya?).

Hal-hal simple seperti itu bisa dan boleh kok diingatkan ke remaja. Karena mereka sedang suka melakukan “yang penting cepat selesai”. Nah dikhawatirkan jadi kebiasaan saat dewasa nanti.

Paling penting menurut saya adalah kebersihan dan kedisiplinan. Ini yang membentuk kebiasaan saat dewasa nanti kan ya. Salah satunya ya itu, menyikat gigi dengan benar.

man sitting on dental chair
Photo by Anna Shvets on Pexels.com

Tak jarang saya mengingatkan si remaja untuk lebih memperhatikan kebersihan gigi dan tubuh. Karena remaja sudah lebih banyak aktivitasnya.

Cara Menyikat Gigi yang Benar dan Tepat

  • Sikat gigi dengan lembut secara menyeluruh. Lakukan berulang.
  • Sikat lidah menggunakan bagian kepala sikat.
  • Berikan variasi gerakan seperti memutar, zigzag, vertikal. 
  • Sikat area sela-sela gigi dengan detail.
  • Cek gigi setelah berkumur.
  • Untuk perawatan ekstra bisa gunakan benang dental untuk membersihkan sela gigi, dan cairan kumur khusus mulut.

Memilih Peralatan untuk Menyikat Gigi

Saya biasa memilih sikat gigi sesuai bentuk gigi anak. Saat masih kecil saya pilihkan yang untuk usianya, lalu jika gigi anak kecil2 dan mulut sempit saya berikan yg ujungnya kecil. 

Jika mulut anak normal, saya berikan sikat yang sesuai umurnya namun dengan kepala sikat yang bentuk biasa.

Ketika remaja, tinggal disesuaikan lagi. Ada yang sikatnya lentur dan ujungnya kecil ada yang normal. Paling penting saya memiliih sikat gigi yang kokoh dengan bulu sikat halus dan banyak. Sehingga tidak menyakiti dan lembut di gigi. Saya pilihkan sikat gigi swiss untuk remaja di rumah.

Pasta gigi juga dipilih sesuai selera anak, saat kecil suka rasa buah2, begitu remaja mereka suka yang ada sensasi dingin mint. Saya pilihkan close up untuk pasta gigi di rumah.


Jangan ditelan. Kumur dan buang setelah penggunaan. Untuk anak-anak di bawah umur 6 tahun, gunakan pasta gigi sebesar biji jagung dan sebaiknya dengan orang dewasa. Kunjungi dokter gigi secara berkala dan sikatlah gigi minimal 2 kali sehari.

Bagaimana parents, apakah menurut kalian penting mengajarkan remaja cara menyikat gigi yang benar dan tepat?

Share yuk! 

  1. kadang ya jadi PR itu meminta anak anak gosok Gigi sebelum tidur, klo da ngantuk pada ke skip
    rewel mereka mbak
    btw aku tuh dari dulu sampai sekarang juga pakai close up

  2. untuk urusan sikat gigi ini emang ngga boleh dianggap sepele yaa.. anak anak aku dirumah juga butuh banget diingetin sertiap hari huhu.. dan memang butuh kedisiplinan juga sih, anakku yang kecil giginya udah ada yang bolong.. dan aku jadi sedih liatnya huhu

  3. Setuju, meski kebersihan dan kedisiplinan sudah diajarkan sejak dini tapi di usia remaja mesti kita ajarkan dan ingatkan lagi…Termasuk cara menyikat gigi yang benar ini. Biar terbiasa sampai mereka dewasa nanti

  4. Kalau menurutku malah sejak dini mba..
    Dan memang mesti diulang2 buat ingetin mrk juga.
    Kadang di masa remaja anak2 juga suka datang malasnya
    Pake pasta gigi sesuai usia mrk boleh jg jd pilihan

  5. eh iya nih, setelah anak-anak bisa mandi dan memakai baju sendiri, saya nggak pernah ngecek lagi apakah cara menyikat gigi mereka sudah benar. Paling saya tanya “Udah sikat gigi”

  6. Bener banget… Setelah anak bisa sikat gigi sendiri, saya cenderung cuek… Tau-tau pas masuk sd giginya berlubang… Kata dokter, anak harus disikat gigiin sampai usianya 7 tahun…
    Ternyata baca ini sampai remaja pun harus terus diingetin ya…

  7. kerasa banget deh, menyikat gigi ngga bener itu dampaknya kemana-mana, terutama kondisi gigi yang rapuh. Pas usia 20 pasang bracket baru ketauan kalau giginya banyak yg rapuh.

  8. Sekarang kalau memilih sikat gigi aku cenderung memilih yang gagangnya kayu. Ada 1 merk yang aku suka banget, karena bulu-bulunya juga lembut.
    Ditambah dengan perawatan menggunakan mothwash, sikat lidah dan benang dental.
    Inginnya sehat terus….karena sakit gigi ini paling ga nyaman.

  9. Iya sikat gigi itu pekerjaan yang akan memberi dampak besar bagi kehidupan kita. Memang saat sehat gak ngerasa apa apa tapi pas lagi sakit baru merasa bahwa gigi sangat berharga

  10. Penting banget Mak, tetep edukasi cara nyikat gigi baik ke anak kecil, maupun kelak udah dewasa, teruus aja reminder sudah menjadi tugas ortu ya.
    Terkadang, anak remaja tuh suka pengennya pake pasta gigi tersendiri, entah itu korban iklan atau ikut temannya, hihii.
    Ujung2nya balik lagi ke pasta gigi yang di rumah.

  11. Cara menyikat gigi yang benar ternyata ada teknik khusus ya mbak. Ga bisa asal gosok aja kanan kiri atas dan bawah hehehe 🙂 Yang ada malah makin bikin sisa makanan terpojok deh. Kayak gigi anak sulungku tuh jadi perawatan akar gigi gegara kotoran makanan menumpuk, trus akhirnya kehilangan 1 gigi permanennya, hiks aku merasa bersalah banget. Setelah itu kita jadi saling mengingatkan deh soal gigi ga boleh disepelekan ya 🙂

  12. Gigi bersih terawat bukan hanya didapat dari sikat gigi dan pasta yang digunakan, tapi juga dari cara menyikat ya mbak. Penting diajarkan pada anak sejak dini, bahkan pada mereka yang sudah remaja.

  13. Penting mba. Soalnya usia remaja biasanya mereka segala sesuatu suka melakukannya dengan terburu buru biar cepat selesai. Jadi masih perlu juga kita ingatkan. Contohnya kayak mengingatkan untuk menyikat gigi dengan benar ya

  14. Kalo bu dokternya anak anak, menyarankan kalau menyikat plus kalo malam dipakein dental floss.

    Ini menjaga yang kayak di sela sela gigi nempel, bikin plak dan kalo sedang di-scaling lebih susah dihilangkan

  15. Kesehatan gigi dan mulut adalah hal yg amat krusial.
    karena berdampak juga pd kesehatan organ tubuh lain, kayak jantung dll.

    aku juga kudu remind anak remajaku soal sikat gigi ini mba

  16. Kata dokter mpo akan mengalami gusi nyeri karena email gigi mulai terkikis. Benar aja sekarang mengalami. Sikat gigi yang benar itu penting diketahui sama anak remaja

  17. Iya, remaja juga masih harus diingatkan. Apalagi kalau mereka sedang asik dengan sesuatu kan suka lupa. Jaid harus diingatkan untuk sikat gigi dan caranya.

  18. Kalo bentuk sikat gigi, saya udah mentok dengan yg ukuran ujungnya mengecil. Jadi lumayan bisa menjangkau ujung² rongga mulut. Target pembersihan utama biasanya tentu gigi geraham.

  19. penting nih buat memiliih sikat gigi yang kokoh dengan bulu sikat halus dan banyak, biar ga sakit di gigi tapi sekaligus awet krn biasanya anak ang agak grasa grusu ya klo pakai barang

  20. Mba, karena aku tuh takut sakit gigi, selalu ajarkan anak untuk periksa gigi dan jaga kesehatan gigi sejak dini. Terima kasih remindernya mba . Termasuk mengajarkan anak untuk menyikat gigi dengan benar

  21. Memang ya remaja ini kadang ngasal aja termasuk saat menyikat gigi. Setuju nih, pasta gigi pilih sesuai selera anak, saat kecil suka fruity, begitu remaja pilih yang ada sensasi dingin mint. Dan yang utam ingetin jadwal sikat gigi dan cara menyikat yang benar

  22. Aku…aku tunjuk tangan mbak hihihi. Aku suka suruh lihat gigi anakku terutaanm yg kecil (eh gak keci lagi sih udah naik kelas 6 hahaha). Kalau menurut aku kurang bersih aku suruh ulang lagi sikat gigi, emak tega gak sih.

  23. Aku waktu remaja cenderung ngasal jg mba sikat giginya. Huhu.

    Dan efeknya karang giginya gede. Heu. Dikritik dokter pas ngebersihin. Jera deh, soalnya gigi permanen gak bs tumbuh lg kalo rusak ya. Jd kudu dijaga banget

  24. menjaga kesehatan gigi itu penting banget ya mbak
    termasuk untuk remaja
    karena sakit gigi itu lebih sakit daripada sakit hati, haha

  25. Dulu anakku klo dikat Gigi kayak kilat set3x… cepet banget tapi seiring dia pernah sakit Gigi akhirnya Tau Cara sikat Gigi yg benar sesuai petunjuk Dokter

  26. Cara menyikat gigi yang benar emang perlu banget nih diajarkan..bahkan sejak kecil ya.. Nah kalo udah gedean bisa pilih2 peralatannya tu suatu kesenangan tersendiri buat anak2..hehe

  27. Penting dooong… Meskipun sejak kecil sudah diajarin sikat gigi, tetap harus dicek cara menyikat giginya agar benar-benar bersih. Kadang kan kalau remaja tuh suka sekarepe dewe hehehee…. kalau udah capek kadang langsung tidur aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *