DailyLife

Memilih Mesin Cuci yang Tepat untuk Keluarga

Di artikel ini, saya akan menuliskan tentang memilih mesin cuci yang tepat untuk digunakan untuk keluarga di rumah maupun untuk bisnis laundry. Kebutuhan kapasitas mesin cuci tentunya harus diperhatikan, jangan sampai salah pilih dan malah jadi tidak terpakai. Jadi apa saja sih yang harus diperhatikan saat ingin membeli mesin cuci?

Pertama yang harus ditentukan adalah jenis mesin cuci.

Seperti yang kita ketahui, di Indonesia ada tiga pilihan jenis mesin cuci, yaitu bukaan atas dengan satu tabung, bukaan depan, dan bukaan atas dua tabung. Kita harus menentukan mesin cuci mana yang tepat untuk dibeli berdasarkan kebutuhan.

Jika memiliki ruangan yang kecil dan ingin menggabungkan peletakan mesin cuci dengan dapur dengan area kering, teman-teman bisa memilih mesin cuci front load. Mesin cuci jenis ini memiliki banyak fitur canggih yang sangat membantu kita dalam mencuci. Ada beberapa pilihan mode pencucian, seperti mencuci sepatu, atau pencucian dengan air panas.

Jika menaruhnya di ruang cuci dan masih sering terkena air, mesin cuci top load bisa dipertimbangkan. Memiliki bukaan atas, mesin cuci jenis ini masih sering menang karena tergolong aman untuk yang memiliki anak. Saat kurangnya pengawasan, anak bisa bermain dengan mesin cuci, jadi harus waspada. Mesin cuci top load sering kali memiliki tenaga putaran cucian yang sangat ekstra. Namun pastikan aliran air yang dimiliki stabil ya.

Mesin cuci top load 2 tabung sekarang hadir dengan warna dan desain yang menarik. Kelebihan mesin cuci ini adalah kita bisa mencuci sambil memutar pengering secara bersamaan, jadi bisa time saver ya. Mesin cuci model ini juga memiliki putaran kuat yang bagus.

Kedua, Tentukan Kapasitas Mesin Cuci

Mesin cuci memiliki kapasitas tertentu, mulai dari 6kg – 20kg. Kapasitas mesin cuci top load bukaan satu adalah 6,5kg-20kg dan untuk top load dua tabung 6kg-15kg. Berbeda dengan mesin cuci front load yang memiliki kapasitas dari 6kg-20kg.

Mesin cuci front load menjadi salah satu favorit ibu rumah tangga maupun pemilik jasa laundry. Karena mesin cuci ini memiliki fitur yang bervariasi sehingga dirasa cocok dengan kebutuhan para ibu. Namun sayangnya dengan banyaknya mode pilihan pencucian, biasanya para lansia di Indonesia agak kesulitan menggunakannya dan lebih memilih mesin cuci top load.

Kapasitas mesin cuci rumahan bisa dicek dari seberapa banyak pakaian kotor yang ingin dicuci setiap hari dalam satu kali cuci. Bisa juga dihitung jika ingin mencuci berapa hari sekali. Jadi jangan sampai kapasitas terlalu kecil maupun terlalu besar ya.

Oh iya, pikirkan juga apakah akan mencuci sendiri sprei dan bedcover yang ada di rumah. Jika bedcover berukuran 180-200cm pastikan menggunakan minimal mesin cuci kapasitas 8kg (pengalaman pribadi).

Pilih Merk yang Terjamin

Memang tidak main-main, soal merk ini bisa dijadikan acuan untuk memilih barang elektronik seperti mesin cuci juga. Biasanya merk besar memiliki garansi resmi dan juga memiliki tempat servis yang tersedia di manapun. Tentu hal ini menjadi nilai plus ya.

Pastikan Ruangan Memiliki Tempat yang Sesuai

Di sini maksudnya adalah, untuk ukuran mesin cuci juga perlu diukur dimensinya. Sehingga saat ingin diletakkan di tempat tertentu seperti dapur, dalam kamar mandi, atau di ruang cuci, mesin akan muat dan masih memiliki area longgar disekitarnya.

Pilih yang Hemat Listrik

Tentunya kita ingin memiliki mesin cuci yang hemat listrik atau yang eco-friendly ya. Nah hal ini bisa dicari dengan kekuatan googling dan juga tanya sales general di toko elektronik. Sehingga ia bisa memilihkan merk terpercaya dengan listrik yang hemat.

Sesuaikan Budget!

Yes ini penting banget ya. Jangan sampai kita menginginkan yang paling keren, paling mahal, dan paling baru namun ternyata tidak sering dipakai. Sayang banget loh nanti. Menurut saya, investasi di mesin cuci juga perlu loh, supaya pakaian tidak mudah molor dan tidak cepat rusak. Juga siapa tahu kita ingin membuka bisnis laundry. Lumayan banget kan kalau bisa balik modal dan mesin cuci tetap awet selama beberapa tahun 🙂

Kalau teman-teman pertimbangan memilih mesin cuci yang tepat untuk keluarga bagaimana nih? Share yuk! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *