Beauty · Tips

Ini Dia Cara Membuat Rambut Lurus Tanpa Rebonding!

Sejak masih remaja, teman dan sepupu saya yang memiliki rambut keriting selalu membahas tentang cara membuat rambut lurus. Makanya ketika anak saya ada yang keriting dan ingin juga sesekali memiliki rambut yang lurus, saya suka pakai cara ini. Mau tahu nggak? Baca sampai habis yaa..

Jujur ya kalau saya tuh sebenarnya lebih suka punya rambut yang wavy, karena lebih suka potongan model pixie. Biasanya kalau wavy, hasilnya akan cakep banget dibanding dengan rambut lurus ngejigrak macam saya. Teman-teman lama saya pasti sudah paham banget lah rambut pixie jigrak saya yang bagaimana >.<. 

Memang benar adanya rambut tetangga terlihat lebih menarik #eh. Oke, jadi kembali sama bagaimana caranya punya rambut lurus tanpa di panas-panasin dan di rebonding ya. Dulu, sepupu saya rambutnya super gelombang, namun semakin dia beranjak dewasa, mulai terlihat lebih lurus.

Rambut Lurus Tanpa Rebonding

Ternyata usut punya usut, triknya adalah rajin menggunakan kondisioner, dan mengeringkan rambut dengan udara yang dingin. Kalian bisa mengatur pengaturannya di pengering rambut, karena menggunakan angin dingin, jadi memang memakan waktu yah. 

Selain itu, teman-teman juga bisa mempraktekkan membungkus rambut atau menyisir secara terus menerus saat rambut sedang basah. Bahkan teman saya ada juga yang bilang kalau kita menggulung rambut menggunakan size jumbo di bagian tertentu, maka bisa membantu rambut menjadi lebih lurus! Bisa gunakan selama 4 jam atau dibawa tidur malam ya, dan YES dalam keadaan rambut basah.

Tidur dengan Rambut Basah

Buat teman-teman yang merasa kurang nyaman untuk membungkus rambut apalagi pakai penggulung rambut sambil tidur, nah cara simpel yang bisa kalian semua coba adalah tidur dengan rambut basah.

Saya sering kali melakukan hal ini secara tidak sengaja, karena mandi terlalu malam dan malas pakai pengering rambut mini milik adek. Jadi yang saya lakukan adalah menguncir rambut di bagian atas (kuncir kuda) tidak perlu kencang. Jika ingin melihat hasil rambut lebih lurus, maka gulung rambut tadi, dan kuncir lagi dengan kunciran lainnya. 

Pakai Hair Mask dan Essential Oils

Teman-teman ingin rambut menjadi lurus dan berkilau? Bisa nih pakai hair mask untuk merawatnya. Kalau malas beli, kita juga bisa kok untuk DIY dengan telur mentah, madu manuka, atau avokad untuk efek yang lebih bagus pada rambut.

Jika memiliki minyak kelapa yang hangat atau minyak almond juga bisa loh dioleskan ke kepala untuk memperkuat rambut. Gunanya menggunakan masker rambut adalah supaya protein dalam rambut tetap terjaga dan rambut akan terasa lebih rileks.

Pakai Shampoo dan Conditioner yang Sesuai

Sebelum memilih produk perawatan rambut, tentunya kita harus mengetahui dulu nih bagaimana sih kondisi rambut saat ini? Perlu perawatan apa saja dan yang seperti apa? 

Tentunya setiap kondisi rambut memerlukan perawatan yang berbeda, contohnya rambut kering dan ikal akan membutuhkan lebih banyak minyak untuk membuatnya tampak lurus dan lembut. Berbeda dengan rambut normal dan berminyak yang membutuhkan lebih sedikit minyak karena tidak terlalu ikal.

Selain itu, cuaca juga sangat berpengaruh dengan bagaimana kita merawat rambut, seperti saat musim kemarau, di mana rambut membutuhkan lebih banyak pelembab dibandingkan dengan musim hujan.

Jika sering bereksperimen dengan rambut setiap harinya, tentunya kita memerlukan perawatan rambut yang ekstra ya. Seperti menggunakan perawatan rambut Dove Total Damage Treatment Conditioner, menjadi pilihan untuk menutrisi dan memperbaiki kerusakan rambut, agar rambut kembali sehat dan kuat.

grey hair blower near pink hair combs and scrunchies
Photo by Element5 Digital on Pexels.com

Formula Nutri-Keratin Repair Actives-nya bisa untuk memperbaiki kerusakan di dalam rambut. Dengan pemakaian teratur, tanda-tanda kerusakan di permukaan rambut akan hilang dan rambut menjadi lebih lembut. Nah kalau begini, mau eksperimen rambut setiap hari juga nggak masalah 😀

Referensi artikel:

  1. Percaya ga percaya ini bener banget loh. Hahahahahah.. Gw kalo mau rambut lebih lurus, gulung rambut pake anduk atau tidur rambut basah. Cuma masalah nya suka males kalo rambut basah trs tidur. Ngeringin di depan kipas angin itu jg lebih lurus bener, jaman kuliah sering gw lakuin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *