Do It Yourself · Krucils

DIY – Membuat Kalung dari Kain Flanel

“Aku mau kalung kayak punya Mas Wilson jugaa mamaaaaa!”

 
Hari senin lalu,Wilson dapat kertas yang diberi nama dan ada bolongan bagian atasnya dari ibu guru. Ternyata itu untuk kalung nama,karena bu guru belum hapal nama-nama anak satu kelas,jadi untuk mempermudah,karena belum dapat badge nama dari sekolah. Kalo untuk anak-anaknya sendiri sih sudah kenal semua,karena hampir semua (kecuali 3 anak) dari TK yang sama 😀
Sampai di rumah,saya memasangkan tali untuk kalung nama dan Wilson pun keliling rumah dengan memakai kalung nama dengan bangga dan sedikit pamer ke adik-adiknya. Nah,setelah itu Maghma jadi minta di buatkan kalung juga,biar sama kayak punya mas katanya. Ternyata kertas tebal / karton di rumah sudah habis,akhirnya saya mengeluarkan sisa-sisa kain flanel dan benang sulam yang tersimpan rapi di dalam lemari dan berencana membuat kalung dari kain flanel saja untuk Maghma. Awalnya berpikiran untuk membuat kalung nama dari kain flanel,tapi nggak jadi,karena kemampuan saya dalam menggunting huruf kurang oke 😛
 
bahan kalung flanel ndiievania.wordpress.com
 

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  1. Kain flanel
  2. Jarum
  3. Benang jahit
  4. Gunting
  5. Benang sulam
  6. Kancing (optional)
  7. Isolasi (optional)
  8. Lem (lupa difoto)

 
Pertama buat pola,lalu coba dipas-pasin dulu letaknya seperti apa,setelah itu baru mulai dijahit.
jahit kalung flanel ndiievania.wordpress.com
 

img_20160726_072600_zpsnfk3i5ju
requestnya si Herbie X_X

 
Kalau sudah dijahit semua,buat 2 lubang di bagian atas untuk talinya seperti ini.
jahit kalung flanel ndiievania.wordpress.com
 
Lalu,ambil benang sulam yg sudah dipotong sesuai keinginan,beri selotip ujungnya agar lebih gampang saat dimasukan ke dalam bolongan yang dibuat tadi.
membuat kalung flanel ndiievania.wordpress.com
 
Setelah itu tinggal ditali saja benang sulamnya,daaann..Taraaaa… jadi deh kalung flanel dadakan buat anak-anak dirumah 😀 mayan lah yaa walau acak adut gini. hehehehh..

 
Akhirnya yaa saya bikin-bikin DIY lagi setelah waktu itu bikin tas yang tanpa dijahit. Memang saya ini paling suka bikin DIY yang gampang-gampang saja 😛
Kayak kalung dari kain flanel ini kan gampang,tinggal buat pola,gunting,lem dan jahit saja.  Siapa saja pasti bisa buat kok asal punya kain flanel serta benang dan jarum. Ini bisa jadi alternatif untuk kegiatan anak-anak yang lebih besar,untuk belajar menjahit. Pasti anak-anak suka deh kalau membuat kalung dari kain flanelnya sendiri 🙂
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.