News

Saat yang Tepat untuk Menurunkan (lagi) Tingkat Kemiskinan di Indonesia

Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro, sekarang adalah momentum yang tepat untuk menurunkan tingkat kemiskinan hingga di bawah 10 persen, seiring dengan penurunan masyarakat miskin yang cukup signifikan.
“Betul, ini momentum yang sangat baik untuk Indonesia mengejar target di tahun 2018, yang disepakati dengan DPR waktu itu tingkat kemiskinan turun pada rentang 9,5 sampai 10 persen dan ini hal penting untuk kita membawa kemiskinan di bawah 10 persen,” ujar Bambang Brodjonegoro.

BRS-KEMISKINAN-JAN-2018-ind
pic from BPS

Selasa 2 Januari lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis jumlah penduduk miskin yang tercatat pada bulan September 2017 sejumlah 26,58 juta orang atau menurun 1,19 juta orang dari bulan Maret yang berjumlah 27,77 juta orang.
Walaupun tingkat kemiskinan yang sekarang sudah rendah, namun ini masih ada di 10 persen, karena jumlah juga masih 26 juta jiwa. Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah yang cukup berat untuk membawa tingkat kemiskinan di bawah 10 persen, namun program-program untuk 2018 sudah dipersiapkan untuk memperbaiki hingga tingkat kemiskinan di bawah 10 persen. Kepala Bappenas ini sangat optimis bahwa tingkat kemiskinan bisa turun lagi dengan upaya yang keras lewat berbagai program yang sudah dibuat oleh pemerintah.
Di APBN 2018 sudah ada berbagai program yang diharapkan bisa mengurangi kemiskinan. Intinya adalah program-program yang bersifat bantuan sosial yang tepat sasaran.
Seperti Program Keluarga Harapan yang akan diperluas dari 6 juta penerima Rumah Tangga menjadi 10 juta penerima Rumah Tangga. Selain itu, penerima rastra yang diperluas dalam bentuk non tunai juga akan diperluas dari yang saat ini mencapai 1,7 juta penerima.
 
Kemarin itu, salah satu yang membuat angka kemiskinan turun itu rastra, namun rastra di lapangan masih ada yang tidak tepat sasaran, tidak tepat jumah, dan tidak tepat waktu. Kalau tahun ini makin diperbaiki, upaya menurunkan ke bawah 10 persen ini bisa menjadi mungkin.
 
Nah, jika semua semakin tepat sasaran bantuan sosial, maka Indonesia akan bisa menurunkan tingkat kemiskinan di bawah 10 persen. 🙂
 
 
 

*sumber berita dan gambar :
  • https://www.antaranews.com/berita/675059/bappenas-sekarang-momentum-turunkan-kemiskinan-di-bawah-10-persen
  • https://www.bps.go.id/pressrelease/2018/01/02/1413/persentase-penduduk-miskin-september-2017-mencapai-10-12-persen.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.