Tips

Mengatasi Alergi Deterjen Saat Mencuci Pakaian

Menurut saya mencuci manual dengan tangan lebih terasa bersih dibandingkan dengan mesin cuci. Namun sering kali tangan terasa panas, perih, gatal, kemerahan, dan kering. Usut punya usut, ternyata itu yang dinamakan alergi deterjen. Setelah beberapa kali trial and error, akhirnya saya bisa mengatasi alergi deterjen saat mencuci pakaian.

Tidak semua pakaian saya cuci manual, biasanya hanya yang super kotor, atau kemeja yang butuh perawatan ekstra di bagian kerah leher, dan ketiak. Deterjen yang saya gunakan saat itu ya sesuai promo saja. Awalnya saya kira wajar kalau tangan kena deterjen itu akan panas, perih, gatal, kering, merah berhari-hari. Setelah tanya-tanya ternyata hal itu nggak wajar. Saya diminta untuk berhenti cuci manual dan coba ganti deterjen.

three women washing clothes at the river
Photo by Tom Fisk on Pexels.com

Saya kira akan mudah mencari deterjen yang lembut ditangan, tapi kenyataannya nggak gitu. Sampai pernah pakai deterjen bayi, tapi hasilnya kurang mantep kalau buat pakaian dewasa yaa.  Hahaha. Kalau buat mesin cuci, saya pakai Rinso Anti Noda, sementara kucek manual pakai itu ya bisa saja, hasil juga bersih, tapi masih terlalu keras di tangan saya.

Rinso Gentle

Akhirnya cari deterjen lain yang lembut di tangan, juga yang formulasinya khusus dan kandungan pH rendah atau netral. Jadi cocok untuk kulit sensitif (tangan atau bahkan baju bayi). Lalu ketemulah dengan Rinso Gentle. Ini aku cocok banget, karena tangan aman, pakaian juga bersih, nggak kalah sama Rinso Anti Noda!

Rinso Gentle

ini ada yang bubuk dan cair. Saya pakai keduanya, biasanya yang cair untuk baju anak dan sprei, bedcover, dan selimut. Enak banget sih karena sekali kucek itu noda hilang, jadi nggak sampe gobyos keringetan. Mudah larut dengan air juga, jadi cepat terserap dalam serat kain tanpa ninggalin residu. Teknologi SmartFoamnya juga memungkinkan busa cepat hilang dalam sekali bilas. Bagusnya lagi, Rinso Gentle sudah dapat sertifikasi halal dan teruji secara dermatologis.

Akhirnya selain dipakai buat cuci manual, Rinso Gentle ini juga saya pakai di mesin cuci. Bergantian dengan Rinso Anti Noda. Nah sekarang saya mau share cara mengatasi alergi deterjen nih. Simak yaa..

alergi deterjen
alergi deterPhoto by Shiny Diamond on Pexels.com

Mengatasi Alergi Deterjen Saat Mencuci Pakaian

  • Ganti Deterjen.

Dengan yang lembut di tangan dan memiliki formula khusus dengan kandungan pH rendah atau netral seperti Rinso Gentle.

  • Bilas dengan Air.

Saya biasa membilasnya dengan air mengalir, dan memberikan sabun lembut.

  • Kompres Air Dingin.

Saat gatal tak terbendung lagi, kompres air dingin bisa membantu mengurangi gatal dan perihnya tangan.

  • Gunakan Moisturizer atau Lotion.

Setelah tahap bilas dan kompres, bisa dibantu dengan pengaplian ointment yang dingin atau pelembab. Pelembabnya ini bisa pakai after sun, lidah buaya dengan tekstur gel, atau lotion yang biasa digunakan untuk badan.

  • Gunakan Sarung Tangan.

Demi keamanan dan kenyamanan, sarung tangan bisa melindungi tangan kita saat mencuci. Memang awalnya butuh penyesuaian dulu ya kalau belum terbiasa. Jangan mengucek terlalu heboh, karena permukaan sarung tangan yang licin biasanya membuat busa akan menyiprat kemana-mana.

  • Cek ke Dokter.

Beberapa kasus alergi deterjen bisa membuat ruam dan luka yang cukup parah akibat garukan. Kalau begini cek ke dokter minta obat oles atau obat minum untuk alergi yaa..

Semoga tulisan saya bisa membantu teman-teman yang pernah mengalami alergi deterjen saat mencuci juga yaa.. Karena rasanya pasti tidak nyaman sekali. Jangan lupa pakai lotion setelah mencuci manual ya semuanya, biar tangan tetap mulus bak princess >.<

  1. Lihat gambar emak-emak nyuci di kali asik bangeeet ya, pasti seruu banget. Kalau urusan deterjen mah aku emang penggemar setia Rinso mb hihi jaminan mutu banget sih ini ya.

    1. Haha iyaa sama ni mba… teringat jaman dulu kala kayaknya kalo cuci di kali tu adem banget… jaman ku mas cilik hehe

    2. Suasana seperti itu masih bisa dilihat kalau di kampung saya Mbak. Apalagi kalau musim kemarau, karena kami akan mencuci ke sungai…
      Tapi seiring teknologi yg semakin tinggi, diikuti dengan pola hidup yg tudak sehat, buang sampah sembarang, akhirnya lingkungan jadi kotor. Pemandangan di sungai mulai kotor…
      Semoga dengan adanya Rinso baru ini, kita semakin aware terhadap kesehatan dan lingkungan ya

  2. Aahhh, aku belom nemu Rinso yang putih ini.
    Soale dirumah pake juga Rinso yang ijo biasa.
    Nanti kukasih tahhu adek yang memang alergi klo pas nyuci nih. Huhuu suka kasian ya, merah2, trus kagok juga lihatnyakalo nyuci pake sarung tangan.

  3. Masalah tangan yg tidak cocok dengan detergen saya alami justru ketika kerja di luar negeri. Pas pulang, alhamdulillah apapun detergen nya, apalgi Rinso, saya tidak ada masalah.
    Tapi tetap menggunakan lotion juga. Biar kata tangan pekerja rumah tangga, tapi halus bagaikan princess punya. Hahaha

  4. Beberapa waktu lalu, saat chit chat sama teman di Gresik, sempat cerita kalau dia ngalami alergi detergen. TAngannya sampai luka. Sepertinya Rinso Gentle ini bisa ta saranin sebagai ganti detergen yang dia gunakan selama ini, semoga saja cocok.

  5. Waaah terimakasih sharing informasinya mbak. Saya juga suka alergi detergent. Emang kebanyakan saya nyuci baju pakai mesin cuci. Hanya pakaian yang putih atau bernoda saja yang biasanya saya kucek. Tapi permasalahannya tangan saya suka iritasi dan lecet kalau sering ngucek baju pakai deterjent…jadinya suka asal nyuci saja…

  6. waktu mesin cuci rusak aku sampe pada kering mba karena ga bisa kena dtergen bubuk mba akhirnya pada rusak juga kulit kaki hahaha…dulu aku atasinya pake pelembab gitu alhamdulilah bisa pudar

  7. Sama kaya mbak iparku…
    Kulitnya bener-bener gak kuat kalau kena sesabunan cucian apapun.
    Akhirnya manggil orang, heuheuu…sedih banget liatnya karena sampai kaya melepuh gitu loo…

    Aku saranin coba pakai Rinso Gentle yaa…coba.
    Haturnuhun.

  8. aku termasuk yang alergi deterjen juga sabun cuci piring. Duh jadi gatal banget tangan kalau abis mencuci tapi … hobiku itu mencuci. Lha kan jadi gimana yak.
    Kalau Rinso selama ini pakai rinso cair aja. Yang Rinso Gentle belum pernah coba.

  9. waaa ini masalah aku banget nih, sempet alergi deterjen dan dullu pas awal awal nikah ganti ganti deterjen sampe nemu yang cocok, jadi kepo pengen cobain yang ini juga ih

  10. Eh aku pernah mbak mengalami ruam saat abis ngucek. Tp itu kdng2 aja kejadiannya pas aku lg gak sehat juga kali ya atau pas lg semangat ngucek haha
    Biasanya muncul rasa panas pas megang detergennya gtu.
    Ooo Rinso yang itu, aku sering liat sih di supermarket langanan, lbh bagus ya buat yg ada alergi noted

  11. Alergi detergent tuh rasanya gak enak banget lho Mbak. Saya pernah, rasanya panas dan tangan kering banget. Sudah dikasih lotion terus-terusan rasanya masih pedih

    Apalagi kalau ada luka, duh perihnya minta ampuuunnn

  12. Aku sih pernah mengalami telapak tangan panas kena deterjen, tapi belum sampai tahap alergi ya. Seneng deh sekarang ada Rinso Gentle gini yang mengurangi resiko tangan jadi panas ketika mencuci.

  13. Aku pernah tuh mengalami telapak tangan panas kena deterjen, tapi nggak sampai tahap alergi ya. Seneng deh sekarang ada Rinso Gentle gini yang mengurangi resiko tangan jadi panas ketika mencuci.

Leave a Reply