Film

Yuk Ikuti Kompetisi Film Pendek Sundance Film Festival: Asia 2021 persembahan XRM Media dan IDN Media

Tak sedikit kenalan saya yang sangat menyukai film pendek. Bahkan saya sering kali dapat referensi film pendek dari teman, sampai kenalan di sosial media. Kualitas film-film pendek selama beberapa tahun terakhir menjadi sorotan, karena memang sangat bagus dan pesan-pesannya sampai dengan jelas.

Jelas tak mudah ya membuat sebuah cerita komplit dengan segala pembuka, isi, masalah dan pesan moral yang bisa diterima oleh penonton dalam waktu singkat. Kebayang ribetnya, tapi saya yakin mereka jauh lebih hebat daripada yang saya pikirkan. 

Banyak anak-anak muda yang sangat kreatif turut andil dalam pembuatan film-film pendek. Ide yang fresh dan out of the box seringkali muncul dan membuat sebuah karya film pendek yang sangat mencengangkan. Ya, mereka adalah pemuda-pemudi Indonesia yang akan membuat film-film berkualitas untuk dinikmati masyarakat Indonesia maupun luar negeri.

Bagi muda-mudi warga negara Indonesia mulai dari 18 tahun ke atas yang tinggal di dalam maupun luar negeri dan suka membuat film, bisa coba peruntungannya di kompetisi film pendek yang pendaftarannya sudah dibuka sampai dengan 9 Juli 2021. 

Cara Mengikuti Kompetisi Film Pendek

Short Film Competition yang diadakan Sundance Film Festival: Asia 2021 persembahan XRM Media dan IDN Media ini tidak terbatas ya genre atau tema filmnya. Kalau mau ikutkan yang sudah dibuat sebelumnya juga nggak masalah, asalkan proses pengerjaan filmnya harus selesai pada atau setelah 1 Januari 2019 dan berdurasi 3 hingga 20 menit.

Buat yang mau langsung kirim karya film pendeknya, bisa scan QR Code yang ada di flyer atas ya. Pastikan untuk mengirimkan karya film pendek yang terbaik, agar dilirik oleh para juri dan bisa bawa pulang hadiahnya. Tentunya hadiah juga akan masuk dalam pertimbangan teman-teman dalam mengirimkan karya terbaik bukan? Lumayan banget kan nanti bisa dipakai untuk biaya produksi film pendek selanjutnya.

Festival yang disponsori oleh Argo, yang merupakan platform streaming dan kurator global film pendek, ini memang membuat kompetisi untuk filmmakers di Indonesia dengan tujuan untuk menemukan, membina, dan memberikan panggung untuk para talenta baru di industri film, dan juga memperkenalkannya kepada audiens global.

Nantinya film pendek yang terkumpul dari kompetisi ini akan dikurasi oleh para juri perwakilan dari Sundance Institute, IDN Pictures, Argo, dan seorang sutradara film alumni Sundance Film Festival.

Pemenang Jury Award berhak menerima hadiah uang tunai sebesar USD 2,000 yang disponsori oleh Argo. Nama yang tergabung sebagai dewan juri antara lain:

o Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival

o Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival

o Mike Plante, Senior Short Film Programmer, Sundance Film Festival

o Susanti Dewi, Head of IDN Pictures

o Joko Anwar, Filmmaker, alumni Sundance Film Festival

o Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo

Pengumuman pemenang

akan dilakukan pada bulan September 2021 mendatang, dan menariknya, karya pemenang akan dinominasikan untuk ditayangkan pada Sundance Film Festival 2022 dan juga akan mendapat tawaran distribusi secara global oleh platform Argo!

Wah menarik banget ya, ini berarti film pendek yang menjadi juara nantinya akan mendapat lebih banyak penonton dan lebih banyak audiens yang kenal. Tentu ini akan menjadi nilai plus lagi untuk para pemenang di mata penikmat film, saat mendengar nama pemenang jika suatu saat membuat film pendek lainnya lagi.

Bagi teman-teman yang tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition, silakan langsung mengunjungi halaman Film Freeway di link berikut ini ya https://filmfreeway.com/SundanceAsia. 

Yuk jangan lupa untuk bagikan informasi ini dan juga ajak teman, saudara, sampai kenalan kalian untuk turut meramaikan kompetisi film pendek Sundance Film Festival: Asia 2021! Siapa tahu salah satu dari kalian bisa menjadi juaranya.. 🙂

  1. Selalu salut kepada para insan kreatif, termasuk pembuat film-film pendek yg tentunya proses pembuatannya tak sependek produksinya ya.. Dua jempol deh..

  2. Bikin film pendek gini rasanya lebih susah dibanding film durasi panjang. Karena pesannya harus sampai tapi dengan keterbatasan durasi. Kompetisi begini Memicu para filmmakers untuk tertantang membuat karya yang lebih kreatif lagi. ♥️

  3. Ajang untuk menyalurkan kreativitas lewat media film ini harus dimanfaatkan dengan baik utk yg punya ketertarikan dalam sinemagtografi nih. Makin keren IDN euy.

  4. keren nih kompetisinya. ku info ke temenku yg hobi bikin film pendek ah..
    kalo aku sih tim penikmat ajaa.. nungguin pemenangnya lalu ku tontonin deh..
    maklum, gak bakat kalo ikut kompetisinya.. hehe

  5. aku belum pernah ikut kompetisi film pendek dan rasanya ini bukan bidangku deh mba. tapi ada beberapa temen yang suka di bidang ini. coba nanti aku teruskan ke mereka ya info ini. makasi yaa mba infonya

  6. Semakin banyak ajang dan kompetisi yang membuka secara luas berbagai peluang untuk pekerja kreatif dan konten kreator ya. Wajib ikutan nih buat yang suka bikin video dan film. Kalau aku, kayaknya belum deh, belum sanggup bikin film pendek

  7. Jadi pengin nonton hasil karya para pembuat short story ini deh. Anak-anak muda sekarang keren-keren loh karyanya. Semoga sukses nih hajatan kompetisi Sundance Film Festival Asia 2021 ini.

  8. Industri kreatif berkembang banget. Anak muda berbakat Indonesia juga punya karya yang keren-keren. Kompetisi Film Pendek Sundance Film Festival Asia 2021 ini jadi ajang untuk menampilkan karya terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *