Keuangan

Yuk Persiapkan Biaya Pendidikan Untuk Wujudkan Masa Depan Cerah Buah Hati!

Moms and Dads yang sudah memiliki buah hati, pasti mengerti sekali akan kebutuhan dana pendidikan yang setiap tahunnya mengalami inflasi. Bahkan saat ini ada banyak sekali pasangan baru menikah yang langsung memulai merencanakan biaya pendidikan untuk sang buah hati kelak. Lalu bagaimana dengan kita? Apakah sudah memiliki strategi dalam menyiapkan bekal untuk anak-anak di masa depan?

Sebelum membahas pentingnya mempersiapkan biaya pendidikan anak untuk pendidikan yang tinggi, saya ingin sharing dulu mengenai profesi dulu dan saat sudah era digital ini. Seperti yang kita ketahui, rata-rata anak zaman dulu memiliki cita-cita yang sama, yang profesinya jelas terlihat dalam kehidupan sehari-hari.

Namun profesi sesungguhnya ada lebih dari yang kita lihat dalam keseharian. Hal ini tentunya tak banyak diceritakan kepada anak, karena kebanyakan orangtua ingin anaknya memiliki profesi seperti dirinya, keluarga, atau yang sekiranya mendapatkan gaji yang banyak. Ya, kita realistis saja.

Di era digital, beberapa profesi dengan mudahnya digantikan oleh para mesin atau robot yang diciptakan oleh orang-orang yang memiliki kreativitas tinggi dan pendidikan tinggi juga tentunya. Sebagai orangtua dan keluarganya pasti ada rasa bangga, namun beberapa keluarga atau masyarakat tidak menyukainya karena hal tersebut bisa menghilangkan pekerjaan mereka.

Mengapa Pendidikan Penting?

Selain pendidikan moral, pendidikan akademis menurut saya pantas dan penting untuk didapat setiap anak di dunia. Berada dalam pendidikan ini mengajarkan banyak hal. Selain memiliki teman banyak, anak dapat berjuang dalam satu proyek dengan kelompoknya, juga belajar mempresentasikan hal-hal yang menjadi minat ataupun yang sedang ia pelajari.

Sekolah juga membantu membangun karakter anak untuk mempersiapkan diri di masa depan, dan pemecahan masalah sendiri maupun bersama. Ada pula pengetahuan yang hanya bisa didapat saat anak mengenyam pendidikan tinggi, dan hal itu tentunya tidak gratis.

Terakhir, dengan banyaknya murid di sekolah, anak akan mempunyai motivasi untuk terus berjuang dan belajar untuk mencapai “garis finish”-nya masing-masing. Entah itu tujuan jarak dekat mereka, atau bahkan karirnya saat dewasa.

Menurut Bapak Jen’s Reich, pendidikan not only for carrier but for the character/etiquette. Passion is good but school is more important. Is matter for your future.

Pendidikan formal dan informal sama-sama memerlukan biaya. Soft skill dan hard skill ini penting diasah secara bersamaan. Pendidikan tinggi adalah jembatan untuk bertemu banyak orang dengan banyak pengalaman.

Kapan Idealnya Mempersiapkan Biaya Pendidikan?

Tentunya mempersiapkan jauh-jauh hari lebih mudah dan dana yang dikeluarkan bulanan lebih sedikit dibanding dengan waktu yang mepet. Selain itu kita juga perlu menemukan potensi anak sedini mungkin agar tepat mengarahkan dan memberikan hal yang sesuai dengan minatnya.

Komunikasi dengan anak juga perlu dilakukan sejak anak masih kecil, ajak ia berdiskusi mengenai hal apa yang ia sukai. Saat ia bertumbuh, maka akan lebih mudah ia mengutarakan hal yang menjadi minatnya.

Kita orang tua juga bisa mengajak anak melakukan berbagai macam hal bersama atau bisa mencoba kelas-kelas gratis yang ada untuk menemukan minat dari anak, karena siapa tahu ada bakat tersembunyi yang kita dan anak belum mengetahuinya. Selain itu kita juga bisa ajak anak ke psikolog untuk membantu anak mengetahui bakatnya.

Adaptasi dan cek peluang karir tertentu juga tak salah dilakukan lho moms and dads, karena mungkin kita ingin tahu juga kan pada saat anak bertumbuh nanti apa saja sih profesi yang ada? Apakah masih sama dengan saat ini atau sudah berubah dan bertambah?

Menghadiri Webinar PRUCerah “Wujudkan Masa Depan Cerah Buah Hati dengan Pendidikan Tinggi

Tentunya saya dengan senang hati mengikuti webinar yang berlangsung pada Kamis, 8 Juli 2021 lalu. Memikirkan keempat anak yang harus mengenyam pendidikan sesuai passion masing-masing nantinya, saya sebagai orangtua harus mulai merencanakan biaya pendidikan selagi masih ada waktu.

Narasumber yang hadir pada webinar PRUCerah

Yes benar sekali kalau berpikiran positif tidak ada salahnya, namun sebagai orangtua tentu kita tetap harus berusaha. Berikan perlindungan untuk anak dan amankan biaya pendidikannya. Karena semakin ditunda-tunda, daya dukung kita sebagai orangtua semakin menurun. Tentunya kebiasaan nanti-nanti ini juga menjadi tidak aman dan tidak jelas ya.

Prudential wants every child can reach the education. No special child, but all children.

Seperti yang kita tahu, pendidikan akademis anak dimulai sejak anak usia 5 tahun, yaitu TK 2 tahun, SD 6 tahun, SMP 3 tahun, SMA 3 tahun, dan Kuliah 4-5 tahun. Ini belum termasuk sekolah PAUD, atau jika kelas mengulang, dan Kuliah S2. Bisa mulai terbayang angkanya? Ini belum biaya les tambahan dan kegiatan anak yang lainnya.

Tentukan sekolah anak jauh-jauh hari, untuk memastikan biaya yang terlihat saat ini dan di beberapa tahun kemudian. Kita bisa minta info detail ke sekolah anak untuk biaya beberapa tahun terakhir atau biaya inflasi yang dibebankan.

Pada saat kita mempersiapkan dana pendidikan untuk anak, ada banyak risiko yang bisa terjadi. Hal ini bisa mengganggu pemasukan tentunya. Lalu bagaimana kalau di tengah jalan terjadi risiko? Kira-kira siapa yang akan bantu anak untuk tetap bisa sekolah sampai kuliah? Bagaimana dengan cita-cita anak yang sudah kita gali dan arahkan sejak mereka masih kecil?

Asuransi Jiwa Syariah PRUCerah

merupakan produk Asuransi Jiwa yang sesuai prinsip syariah dari PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah). Produk ini memberikan Manfaat Dana Pendidikan, yang memberikan manfaat berupa Penarikan Tunai Sekaligus serta Penarikan Tunai Bulanan selama 4 tahun.

Untuk menjamin keberlangsungan Pendidikan Anak kita, maka produk PRUCerah memberikan Manfaat Bebas Kontribusi jika saat memulai pembiayaan terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti meninggal dunia, cacat tetap dan total, atau terkena kondisi kritis. Produk ini tersedia dalam mata uang Rupiah dan memberikan Manfaat Asuransi selama Polis masih aktif.

PRUCerah ditujukan bagi orang tua berusia 19-55 tahun yang sedang mempersiapkan pendidikan anak usia 1-18 tahun dengan pilihan masa pembayaran kontribusi yang fleksibel yaitu selama 5 tahun atau hingga anak mencapai jenjang pendidikan tinggi.

Apa Perbedaan Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan?

Perbedaannya adalah, jika menabung biasa maka jika ada risiko, kita tidak tahu siapa yang akan menanggung biaya pendidikan anak dan jumlahnya pun belum tahu berapa dan apakah cukup.

Jika memilih asuransi pendidikan, maka jika ada risiko di tengah proses menabung, akan ada yang membantu, yaitu asuransi tersebut. PRUCerah akan membantu bayar kontribusi sampai selesai masa polis. Sehingga anak tidak putus sekolah dan bisa lanjut pendidikannya sesuai dengan rencana.

Kenapa Meluncurkan Produk Syariah?

Menurut Nini Sumohandoyo, Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential, “Prudential Indonesia menjadi kontributor ekonomi syariah di Indonesia. Tidak hanya mendengarkan, namun Asuransi Jiwa Syariah PRUCerah merupakan inovasi yang paling baru dan berdasarkan syariat syariah. Kami percaya manfaat yang diberikan ini bisa untuk semua masyarakat.

Semua masyarakat butuh PRUCerah dan produk ini bisa membantu semua masyarakat muslim maupun non muslim.”

Berapa Minimal Kontribusi?

Yakin deh pasti para orangtua paling menantikan jawaban dari pertanyaan ini. Jadi moms and dads bisa memulai dengan minimal 500rb/bulan dan bisa diatur dengan kebutuhan keluarga masing-masing nantinya dengan team PRUCerah. Bisa langsung hubungi agen masing-masing yaa..

Targetnya adalah membuat semua masyarakat Indonesia untuk mempersiapkan dana pendidikan anak-anaknya sejak dini agar tidak hanya banyak berpikir namun tidak ada aksi nyata. Karena pendidikan anak adalah yang utama demi masa depan cerah buah hati.

Persiapan Mulai Sekarang!

Semenjak menghadiri webinar, akhirnya saya tidak cuma banyak berpikir, tapi langsung take action. Karena memang benar, pada saat sekarang biaya-biaya ini ada yang terkesan “ahh cuma seberapa” atau malah “wah banyak amat! pikir besok saja lah!” sehingga jika kita hanya diam saja, maka biaya tersebut tidak akan muncul sendiri, kecuali dapat warisan Milyaran rupiah per-anak tiba-tiba entah dari mana. Tinggal santuy-santuy saja pilih sekolah dan masukin les tambahan, hahaha..

Berapapun nominalnya, akan terasa banyak jika rutin dilakukan betul kan? Tentunya dengan ikut Asuransi Jiwa yariah PRUCerah ini termasuk ikhtiar kita sebagai orangtua ya moms and dads. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kecukupan untuk mendanai pendidikan anak sampai jenjang yang tinggi ya. Sehingga cita-cita anak dapat tercapai dan bisa mendapatkan karir yang bagus, sehingga di masa depan, ia menjadi anak yang berguna bagi keluarga, nusa, dan juga bangsa. Amin.

Share yuk, apakah teman-teman sudah mulai merencanakan dana pendidikan anak-anaknya? Kalau sudah, sejak anak usia berapa? Kalau belum, yuk mulai dari hari ini! 🙂

  1. Bagus bener ini: Prudential wants every child can reach the education. No special child, but all children.
    Dan asuransi pendidikan memang akan ada proteksi beda dengan tabungan pendidikan. Apalagi seperti asuransi jiwa syariah PRUCerah bisa jadi ikhtiar kita untuk masa depan anak-anak nantinya

  2. Iya, Mba biaya pendidikan itu memang perlubuat masa depan anak. Bersyukur saya punya suami akuntan, perencanaan keuangannya juga diterapkan di rumah. Jadi sejak anak lahir kami sudah membuatkan tabungan pendidikannya. Alhamdulillah kini kita tinggal memetik buahnya disaat anak mulai masuk sekolah.

    Dan pru cerah nih termasuk yang bagus untuk jadi investasi pendidikan anak kita kelak ya.

  3. Menyiapkan biaya pendidikan untuk anak-anak emang penting banget..secara makin hari makin wow biayanya… PR banget buatku nih…

  4. Setuju 🙂 Mempersiapkan dana pendidikan anak2 harus dilakukan sedini mungkin. Karena pastinya setiap tahun biaya sekolah anak akan terus meningkat. Adanya PRUCerah ini tentu bisa menjadi salah satu solusi terbaik agar nanti kita tidak kerempongan ya. Tentu beda lagi dengan asuransi biasa. TFS mbak CIndy 🙂

    1. PRUCerah bisa menjadi salah satu solusi yang mesti dipersiapkan sejak anak lahir bahkan sebelumnya 🙂 Bukan kita hitung2an pelit ya, tapi justru disiplin anggaran pendidikan itu wajib banget. Apalagi nih anak sulungku 2 tahun lagi bakalan masuk universitas. Biaya TK dan SD aja mahalnya minta ampun hihii 😀

  5. Setiap orang tua pasti berharap anaknya bisa menempuh dan menyelesaikan pendidikan sampai tinggi. Tapi kian tahun biaya sekolah juga makin tinggi. Maka penting sekali disiapkan sejak dini ya mbak. PruCerah bisa jadi solusi untuk membebaskan kita dari rasa khawatir terhadap pendidikan anak.

  6. Jangan .. kuulangi… JANGAN kayak aku ya!
    Udah cape cape beli asuransi tabungan pendidikan terus lapse ga diterusin!

    Nyesel dan nyesekkkknya baru sekarang, 10 years is flies… coba kalo dulu tabungannya disimpan dan dipaksain kan indah pada waktu dibutuhkan!

    Udah cepetan deh, yang baca beli Asuransi Pru CERAH ini!

    1. SEHARUSNYAAAAA semua ortu itu punya asuransi atau tabungan dana pendidikan ya jeng Cindy

      pada saat dibutuhkan – itu BUKAN dana masuk sekolahnya aja, tapi juga yang kita perhatikan : les – perlengkapan sekolah – dll yang malah buanyaaaak banget

  7. Ketika anak-anak saya lahir, langsung dibikin biaya pendidikan oleh suami. Karena biaya ini bisa setiap tahun naik terus. Makanya harus dipersiapkan sedini mungkin

  8. Asuransi PRUCerah ini memberi Manfaat Dana Pendidikan, yang memberikan manfaat berupa Penarikan Tunai Sekaligus serta Penarikan Tunai Bulanan selama 4 tahun. Manfaat ini dapat diterima saat kondisi apa mbak? Apa ketika orang tua meninggal?

    Trus misal sudah selesai masa bayar premi dan kondisi orang tua sehat-sehat aja, apakah dana di asuransinya bisa ditarik? aku belum paham tentang klaim asuransi gini.

  9. Bagi saya, pendidikan anak itu penting banget dan akan saya prioritaskan dari segalanya. Dan saya setuju sekali, kalau mempersiapkan dana pendidikan anak itu harus dimulai sejak anak-anak masih kecil. Bisa meringankan biaya.

  10. memang tabungan pendidikan itu sangat penting ya mbak
    sebab saat ini biaya pendidikan semakin mahal
    harus dipersiapkan jauh jauh hari

  11. Sejak anak kecil aku selalu usahakan sisihkan uang mba untuk biaya pendidikan anak. Mau tak mau sadar bahwa ada biaya pendidikan yang naik. Bagus selalu nih ada kegiatan seperti ini

  12. Betul banget menyiapkan dana pendidikan anak memang harus sejak dini ya agar cukup untuk membiayai pendidikan anak yang makin naik tiap tahun salah satu caranya lewat asuransi pendidikan syariah seperti Pru ini..

  13. iya mbak ikut asuransi harus jelas peruntukannya yaa, kalau dananya untuk pendidikan, tentu saja harus beneran diniatkan untuk itu ya, karena makin lama makin mahal pendidikan tinggi di Indonesia, emang kudu dipersiapkan dari mulai sekarang

  14. Betul juga apa yang dikatakan Jens Reisch ya, anak-anak perlu dibekali pendidikan yang memadai untuk masa depannya juga, tapi orangtua perlu bertanggung jawab mewujudkan mas adepan anak dengan memberikan perlindungan dan proteksi, salah satunya menyiapkan biaya pendidikan mereka

    1. iya mbak, aku juga sepakat banget dengan Jens Reisch, karena pendidikan ini kan penting untuk anak anak ya, jadi tentu harus dipersiapkan dengan baik sejak mereka, mungkin jauh sebelum mereka lahir ke dunia dan masih di dalam kandungan.

  15. perlu banget ini untuk mempersiapkan pendidikan anak , biaya pendidikan bakalan naik terus. ikutan asuransi syariah lebih aman dan tenang ..gak kepikiran riba juga

  16. Pendidikan memang salah satu jalan untuk mengubah nasib. Sudah banyak yang membuktikannya. Jadi enggak aneh ya jika harus benar-benar mempersiapkan pendidikan anak-anak kita sejak dini. Salah satu usahanya bisa melalui asuransi PRUCerah itu 🙂

  17. Dana pendidikan ini memang trend-nya bakalan naik terus. Ibarat kata, kalau mau nguliahin anak mikirnya udah dari 5 bahkan 10 tahun sebelumnya. Untuk saat sekarang saya coba bagi-bagi per jenjang. Misalnya sekarang, saya sedang fokus mempersiapkan biaya masuk SMP karena 2 tahun lagi anak saya lulus SD. Habis itu ganti mikir jenjang selanjutnya. Ya emang gak akan ada habisnya. harus direncanakan terus sampai tuntas.

  18. Buat yang butuh asuransi pendidikan, orang tua bisa memilih asuransi jiwa syariah PRUCerah nih. Ternyata yang diproteksi bukan hanya anak2 tapi juga orang tua yang bisa ikutan sebagai peserta tambahan. Memang idealnya persiapkan dana sejak anak2 terlahir ke dunia ya mabak.

  19. Aku barusan ikut talkshow bareng financial planner tentang Dana pendidikan. Dana ini memang gede tapi bisa disiapkan sejak dini dengan menyisihkan uang yg awalnya buat beli sufor jadi dibuat investasi. Bayinya diberi ASI aja supaya hemat. *Case-nya ASI lancar yah

  20. Aku dari anak mulai TK, sekarang udah mau kerja sambil kuliah . Berasa banget memang tabungannya saat dibutuhkan.
    Yang jelas penting banget tabungan pendidikan ini, apalagi di jaman sekarang pendidikan lumayan sangat mahal, kalo dihitung2 sampe jenjang s1 berapa itu. Alhamdulillah banget nambah lagi pilihan buat berasuransi pendidikan nih. PruCErah memberikan manfaat dana pendidikan berupa penarikan tunai serta senarikan tunai bulanan selama 4 tahun.

  21. Di Indonesia ini yang wajib well-prepared tuh biaya kesehata dan pendidikan ya. Soalnya di negeri ini pendidikan bagus tuh mahal harganya. Kalaupun gratis untuk yang negeri harus rebuatan dengan banyak orang. Jadi biayanya kudu disiapin banget. Pru cerah nih programnya bagus ya, syariah pula. Jadi nyaman buat penduduk indonesia yang sebagian besar muslim

  22. kalo ngonmongin biaya pendidikan tuh emang ya, wow, kok bisa semahal itu biayanya, hahaha.. kadang tuh ngobrolin ini sama suamik, harus banget dipersiapkan pendidikan anak semata wayang at least sampai dia kuliah deh ya

  23. Aamiin kepengen juga membiayai sekolah anak setinggi2nya sambil berdoa semoga anak kelak dapat beasiswa 😀
    Memang salah satu yang bikin pusing tapi ngotot diusahakan adalah simpanan utk pendidikan anak kelak ya mbak?
    Jd dapat pencerahan nih soal beda tabungan dan asuransi pendidikan TFS mbak

  24. Harus banget emang punya tabungan pendidikan buat anak ya mbak. Sekarang kalau mau pilih pendidikan yang bagus kan biayanya juga nggak sedikit. Mo coba kepoin prucerah deh, selama ini aku nabung khusus sedikit² atas nama anak buat biaya sekolah besok siy

  25. Memang kadang agak bingung bedain antara tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan
    Tapi emang yang namanya dana pendidikan itu harus dipersiapkan sedini mungkin ya mbak

  26. Agak lumayan tinggi juga ya klo per bulannya maratus rebu gitu Cindy. Tapi mungkin bisa ceki2 sama agennya kalik aja ada paket yang berbeda sehingga bakalan lebih ringan untuk ikutan asuransi pendidikan ini.

  27. buat aku,pendidikan itu penting banget Mak… selama ini masih di tabungan pendidikan aja, belum ikut asuransi pendidikan… mak cek ricek lebih lanjut soal PruCerah Syariah ini ah, tfs ya Mak…

  28. Aku belum punya anak nih mbak, tapi jadi punya insight baru tentang persiapan biaya pendidikan sejak dini. Biaya pendidikan makin mahal tiap tahun, makanya bisa dibantu dengan ikutan asuransi. Aku pengennya punya anaknya 1 aja nanti biar nggak pusing wkwk.

  29. Bener banget, biaya pendidikan makin kesini bener2 bikin ketar ketir. Memang harus mempersiapkan jauh2 hari, mulai dari menabung untuk persiapan nanti si buah hati

  30. Kalau untuk dana pendidikan terus terang maasih belum memikirkan karena belum ada rencana nikah ataupun punya anak Mak. Tapi asuransi jiwa untuk perlindungan keluarga kalau ada apa2 dan keluarga tetap bisa hidup tenang misal saya meninggal duluan, itu lagi saya ulik dan cari tau lebih banyak lagi. Memang kalau udah ada asuransi tuh rasanya semua jadi lebih terjamin ketenangannya.

  31. Manfaat syariah memang tidak disosialisasikan untuk muslim ya. Secara siapapun masyarakat umum yang mengerti dan memahami sistem syariah dan merasa cocok bisa menjadi nasabah. Saya setuju dengan menyasar para orang tua dengan produk asuransi pendidikan dipercaya produk Pru ini bakal menjangkau secara lebih luas

  32. Wah, terima kasih sudah berbagi info ttg Asuransi Jiwa Syariah PRUCerah ini mba..bisa nih kuteruskan ke sahabat yg sedang merencanskan asuransi pendidikan utk buah hati mereka..

  33. Pendidikan sangat penting. Sebagai orang tua, kita harus well prepare banget sih kan pada tau kalau biaya sekolah sampe universitas mahal banget

  34. Kalo ngomongin dana pendidikan tuh bawaannya emang puyeeenggg. karena makin lama tuh makin besar dan mahal huhuhuuu. Sepertinya aku juga membutuhkan Asuransi Jiwa Syariah PRUCerah ini juga niiihhh

  35. Buat kami sekeluarga, ingin juga memiliki tabungan untuk pendidikan anak. Dengan mempersiapkan biaya pendidikan sedini mungkin, In sha Allah masa depan anak anak akan lebih baik

  36. Aamiin.
    Insyaallah semoga dimampukan memberikan pendidikan yang layak buat anak2 kita, hayu atuh kita mulai invest untuk pendidikan PRUCerah agar cerah masa depan anak2 kita.

  37. Baru tau ada produk asuransi jiwa dari Prudential yang bisa menjamin keberlangsungan pendidikan anak kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi lebih tenang ya untuk orang tua yang ingin pendidikan terbaik untuk anak-anaknya

  38. Sepertinya PRU Syariah ini lebih tepat untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Dulu sempat memiliki produk asuransi namun tidak cocok, akhirnya dana saya tarik…itupun tidak sesuai harapan. Memang urusan biaya pendidikan anak harus dipersiapkan sejak dini, agar pendidikan anak bisa berkelanjutan sampai jenjang akhir. Kalau tidak mulai dari sekarang, takutnya saat anak kita butuh biaya maka kita akan kelabakan nyari pinjaman sana sini. Terimakasih sharingnya mba

  39. Wah iya benar dana pendidikan harus disiapkan jauh sebelum anak sekolah, anak saya baru satu yang sekolah berasa banget pengeluarannya karena gak nyimpen dana pendidikan sebelumnya

  40. Senang sekali ada produk syariah begini..
    Karena awal mula dari sebuah akad yang sehat adalah yang sesuai dengan syari dan tidak merugikan kedua belah pihak.

  41. Kian hari biaya pendidikan makin tinggi, maka sangat penting mempersiapkan biayanya sejak dini. Wah, webinarnya sangat mencerahkan ya mba. Membuka hati orangtua untuk menyiapkan sejak dini dengan asuransi.

  42. Prudential mengerti sekali kebutuhan orang tua masa kini ya. Sampai meluncurkan PruCerah. Memang sih biasa pendidikan sekarang harga nya wow. Kudu nabung jauh2 hari sehingga saat butuh sudah siap budget nya

  43. Biaya hidup yang paling tinggi memang biaya pendidikan. Kalau tidak dipersiapkan dengan matang, bisa jadi berat di belakang. Karena biaya pendidikan tiap tahun pasti naik. Sekedar nabung aja akan kalah sama laju inflasi. Duh, makin cerdas aja ya kita… heuheu

  44. Udah kaya horor duluan deh emang kalo mikirin biaya pendidikan.. huhu. Emang perlu kayanya ya asuransi pendidikan seperti PruCerah iniiii

  45. Biaya pendidikan anak-anak emang makin hari makin wow ya… dengan mempersiapkan lewat asuransi pendidikan apalagi yang sriah..insyaallah makin tenang ya…

  46. Karena pendidikan untuk anak penting, maka menyiapkannya juga penting. Dulu saya menyiapkan dana pendidikan anak sejak mereka belum lahir. Karena jenjangnya panjang kan, jadi harus dari jauh² hari. Semakin dini semakin baik. Kalau disiapkan udah mepet² saat mereka baru mulai sekolah, bakal kelabakan.

  47. Anak butuh pendidikan formal maupun informal, hard skill maupun soft skill dan semuanya butuh biaya ya, persiapan biaya juga dibutuhkan di sini dan asuransi adalah salah satu cara yang baik.

  48. Benar mak, butuh banget perencanaan biaya pendidikan buat anak , aku kemarin baca informasi biaya sekolah Maudy, gila mahal banget yah, hehehe. Semangat kita kerja buat anak-anak nih

  49. Setuju sih aku, dana pendidikan memang harus dipersiapkan sejak dini untuk kelancaran pendidikan. Dari artikel ini aku jadi belajar banyak dan mempertimbangkan beberapa hal.

  50. Pendidikan ru ibaratnya kita kaskh bekal pancing ke anak ya mbak. Peninggalan terbaik si menurutku. Makanya semenjak abis nikab langsung deh prioritas utama kami bikin tabungan pendidikan buat anak2. Imlianku anak2 harus sekolah setinggi mungkin

  51. dana pendidikan ini memang penting banget sih disiapkan orang tua buat anak-anaknya soalnya makin ke depan biayanya makin besar. mau itu asuransi atau tabungan pendidikan yang penting harus disiapkan dananya ya, mbak

  52. Tepat sekali. Dana pendidikan itu perlu dan sangat penting. Karena seluruh anak di dunia ini berhak mendapatkan pendidikan.

    Ya, tahun ke tahun biaya pendidikan selalu mengalami inflasi, jadi kita sedini mungkin untuk menyiapkan dana pendidikan agar nantinya tidak kaget.

    Dan PRUCerah ini salah satu lembaga keuangan yang terpercaya untuk mengelola dana pendidikan.

  53. Jadi ingat dulu paling alergi sama asuransi, hihihi.
    Sampai akhirnya, malah sempat bekerja jadi agen asuransi.

    Alhamdullillah, sudah lebih 10 tahun lebih jadi nasabah Prudential.
    Meski aku masih nasabah asuransi unit link.
    Tapi sudah merasakan beberapa manfaatnya saat withdrawal (penarikan dana) ketika membutuhkannya.

  54. Peringatan keras buatku
    Sayangnya pandemi ini menguras tabungan yang ada
    Makanya butuh waktu untuk memulai lagi
    Bismillah anak bisa sekolah tanpa mikir biaya

  55. Profesi jaman sekarang banyak yang berkembang, akan banyak juga yang hilang. Skill emang harus terus diupgrade. Pendidikan anak-anak zaman now juga beda. Biayanya bikin mules. Kalau gak segera disiapkan, entah apa jadinya, ya… Usia kita pun tak ada yang tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *