DailyLife

Memaksimalkan Modal Minim untuk Berbisnis

Memutuskan masuk ke dunia bisnis dengan modal minim bisa dibilang seperti setengah-setengah ya. Tapi siapa bilang dengan modal minim, kita tidak bisa memaksimalkannya?

Saya membuka bisnis sewa mainan kecil-kecilan pada awal tahun 2020, waktu itu pertama kali ditemukan adanya virus baru di Indonesia. Saya maju mundur memikirkan apakah ini saat yang tepat untuk membuka usaha baru?

Namun karena sudah menjadi impian sejak tahun 2011, maka saya nekat membeli beberapa mainan dengan pertimbangan yang matang untuk membuka usaha. Walau hanya memiliki kurang dari 5 barang, namun saya melakukan bisnis ini sepenuh hati dan juga serius ingin mengembangkannya.

Pengantaran barang saya lakukan sendiri, entah naik motor atau mobil pribadi, dan setelahnya dibantu oleh ponakan jika memang sedang stay.

Apa yang dibutuhkan saat membuat usaha?

Waktu adalah yang utama. Di awal membuka usaha, tentunya kita akan lebih banyak ada di dalamnya. Banyak hal-hal yang harus diurus dan kita harus siap akan hal tersebut.

Modal juga menjadi hal yang penting. Jumlah modal tiap usaha dan orang akan berbeda-beda, namun semuanya harus dipikirkan dengan benar dan tepat.

Memaksimalkan modal minim.

Jika ingin memaksimalkan modal minim, tentunya kalian harus sudah riset pasar terlebih dahulu ya. Contohnya bisnis sewa mainan: harga barang, ongkos, beli berapa, butuh berapa macam, iklan dan promosi, gaji karyawan, dan lainnya.

Di kasus ini, saya membuat catatan panjang barang serta harga jika membeli di toko a b c, juga memikirkan barang apa yang sekiranya akan laris di awal usaha. Dengan jumlah barang tak lebih dari 5, maka dalam sebulan saya hanya bisa dapat 1-2x pemasukan tergantung waktu sewa.

Angka tersebut bisa berbeda jika kalian ingin membuka usaha franchise, di sana sudah jelas jumlah yang harus dibayarkan di awal dan bagaimana biaya bulanan bahkan tahunan. Yang bisa diutak atik hanya biasa operasional.

Putar lagi uang yang masuk

Memaksimalkan modal minim dengan cara memutar kembali uang yang masuk. Di awal bisnis, saya hanya menggaji diri sangat sedikit, sisanya untuk membayar bantuan pengiriman barang (untuk ponakan) juga dimasukan ke dalam amplop tabungan mainan baru.

Saya melakukan hal ini sampai bulan ke 6 dan bahagianya nyata saat ada yang sudah balik modal. Setelah itu saya juga berhasil menambah beberapa barang baru dengan memutarkan uang yang masuk di awal usaha.

Sistem bagi hasil

Di pengalaman saya, ada cerita dengan sistem bagi hasil. Setelah lebih dari 8 bulan saya membuka peluang menyewakan barang milik teman/customer. 

Setelah barang di cek dan layak sewa, saya buatkan surat-surat perjanjian yang aman dan nyaman untuk kedua belah pihak. Teman dan kakak saya juga berbaik hati meminjamkan serta membeli barang baru untuk dijadikan koleksi di bisnis sewa ini.

Hal ini saya lakukan karena saya tidak mengambil pinjaman apapun untuk membuka usaha. 

Menambah pemasukan dari side job 

Sebagai blogger, saya sering membuat artikel dan beberapa foto yang bisa menghasilkan. Selain itu, saya juga meng-upgrade diri dengan ikut kelas-kelas pelatihan secara online. 

Saat penghasilan dari side job bertambah, saya tentunya menambahkan modal ke dalam bisnis kecil-kecilan ini agar makin berkembang.

Mengambil pinjaman untuk membuka usaha 

Tentunya butuh riset lebih dalam ya apalagi di masa pandemi ini. Banyak hal yang harus dihitung dan harus bisa mencicil bulanannya. Namun untuk bermain aman, saya belum melakukan hal ini di awal membuka usaha.

Apa yang sangat dibutuhkan sekarang?

Karena memaksimalkan modal minim untuk usaha, maka saya mendigitalkan beberapa hal, seperti iklan, tempat promosi, dan juga saat membuat invoice. Sehingga setahun ini saya mengembangkan bisnis dan karir dengan teknologi secara full

Hal yang saya butuhkan saat ini adalah sebuah Laptop desain terbaik untuk menunjang karir dan bisnis. Karena selama ini saya hanya memakai smartphone, sehingga masih belum bisa maksimal dalam mengerjakan beberapa tugas sekaligus. Padahal saya juga harus memaksimalkan waktu yang saya punya untuk membuat konten pribadi maupun bisnis. 

HP ProBook x360 435 G7 Notebook PC

adalah laptop yang sesuai dengan impian saya. Laptop kece ini memiliki sistem operasi dari Windows 10 dan Prosesornya gegas banget nih karena memakai AMD Ryzen™ 5 4500U (2.3 GHz base clock, up to 4.0 GHz max boost clock, 8 MB L3 cache, 6 cores).

Dimensi 30.85 x 22.29 x 1.79 cm

HP ProBook x360 435 G7 Notebook PC ini memiliki RAM 8GB DDR4-3200 SD dan Memory Internal sebesar 256GB PCIe® NVMe™ SSD dan memiliki 2 Memory Slot yang dapat digunakan.

Battery HP Long Life 3-cell, 45 Wh Li-ion

Tampilannya super menarik karena bisa dilipat menjadi seperti tablet dan memiliki layar sentuh. AMD Radeon™ Graphics membuat layar menjadi lebih hidup dan nyaman dimata. Hal ini menjadi nilai plus buat saya karena bekerja remote yang sering saya lakukan di manapun, termasuk di mobil/parkiran.

HP ProBook x360 435 G7 Notebook PC

Super Slim. Start 1,45kg

HP ProBook x360 435 G7 Notebook PC

5MP World Facing Camera

Berharap dengan adanya laptop desain terbaik dari HP ProBook x360 435 G7 Notebook PC dapat menunjang kreativitas dan karir saya sebagai blogger dan juga bisnis woman yang masih baru ini. 🙂

  1. Aamiin… Semoga dengan alat tempur yang bagus dan gahar ini bikin karya ngeblog nya makin moncer ya
    Ini saya ngeblog dari hp saja. Emang gak punya laptop. Kalau ada rezekinya mau juga laptop HP seperti ini …

    1. kadang memang nyaman pakai laptop/pc untuk bikin konten ya mbak. tapi saya juga seringnya bikin pakai hp nih, sama

  2. keren banget mbaaa.. dari modal yang minim pun bisa maksimal ya usahanya. asalkan punya niat dan tekad yang kuat. btw, laptopnya bikin mupeng ya.. 😀

  3. Keren banget laptopnya mbak. laptopku juga bisa dilipat tapi enggak berani lama-lama hihi takut rusak. Soalnya sparenya mungkin cuma ada di Malaysia, karena kebetulan beli di sana. Btw mbak, aku juga dulu tertarik untuk membuka usaha penyewaan mainan anak-anak. Jadi pengen belajar dari mbak deh. Terutama dalam mengelola waktu. Jujur saya belum bisa membagi waktu antara bisnis di rumah dengan pekerjaan di rumah, selain ngeblog kayaknya bayanganku sulit. Minta advicenya dongg ..

  4. Ide usahanya menarik sekali mbak, persewaan mainan. Saya punya beberapa mainan, beli karena disimpan kalau ada anak2 main di rumah. Kok jadi pingin nyoba usaha kayak gini juga, sih. Laptop udah ada, tinggal maksimalin modal untuk nambah koleksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.