Tips

Cara Mempromosikan Bisnis di Instagram

Menjadi konten kreator ternyata tidak semudah itu ya Fergusso! Saya Memiliki beberapa akun instagram yang dua diantaranya adalah akun bisnis. Saya kira sosial media hanya soal upload foto, buat caption, dan posting. Tapi ternyata kalau hanya begitu, engagement rate tidak sesuai dan jadi harus memikirkan cara mempromosikan bisnis di instagram.

Pada akhirnya saya sempat tidak aktif beberapa kali di semua akun berbarengan, karena bingung bagaimana cara mengaturnya dan mempromosikan dengan cara yang benar dan menarik. Tapi mengingat teman selalu support saya untuk selalu membuat konten-konten yang menarik, jadi makin semangat. 

Tentunya saya harus membagi jadwal untuk membuat konten dan lain-lain sebelum posting. Tak ketinggalan, riset banyak hal juga diperlukan jika ingin membuat konten yang informatif.

Membuat Konten Menarik

Seperti tulisan di paragraf sebelumnya, sebelum membuat konten yang informatif tentunya kita harus meriset banyak hal terlebih dahulu agar tidak jadi hoax. Begitu pula dengan membuat konten pribadi dan bisnis. Riset sangat diperlukan seperti konten macam apa yang disukai oleh masyarakat, dan bagaimana cara kreatif kita untuk membuatnya tampil menarik.

Konten ini tak hanya foto, tapi bisa infografis menarik, desain yang unik atau malah simple dan mudah dibaca? Pilih font dan warna yang kalem untuk dibaca, namun jika ingin warna terang pastikan tidak bertabrakan warna dengan background ya!

Jika memiliki lebih dari 2 akun dan ingin semuanya terlihat aktif, pastikan kalian menjadwalkan pembuatan konten dan postnya ya teman-teman. Tulis di buku catatan atau di handphone juga nggak masalah, yang penting jangan sampai terlewat.

Buat Caption Menarik

Saya kira membuat caption bisa asal-asalan saja dan otomatis booming, tapi setelah sadar diri bukan selebgram maupun artis terkenal, ya harus pintar untuk membuat tulisan menarik.

Saya belajar dari banyak orang untuk penulisan caption yang menarik ini, dan mereka juga banyak sekali metodenya. Ada yang nyaman dengan story telling, pantun-pantun atau kalimat yang menyejukkan hati, ada yang hobinya bercanda-canda tapi super seru bacanya, ada juga yang biasa saja tapi fotonya juara.

Saya sudah mencoba banyak tipe caption di instagram, tapi memang balik lagi, harus seimbang dengan konten yang disajikan agar menjadi lebih “menjual”. Postingan pribadi pun jika ingin lebih banyak engagement nya juga bisa berikan caption menarik loh.

Pilih Waktu Terbaik untuk Posting

Foto sudah oke, caption sudah maksimal, terus apa lagi? Jangan salah pilih waktu posting! Hal ini bisa kalian cek di bagian insight di instagram yaa. Pastikan posting di waktu yang paling ramai jika kalian ingin langsung BOOM.

Saya pernah melakukan kesalahan ini, lalu saya coba delete dan ulang lagi di waktu yang tepat, dan berhasil. Makanya memang untuk waktu posting ini bisa dicoba-coba saja yaa. Lama-lama pasti akan ketemu waktu yang cocok untuk posting dan jangan lupa diingat.

Share Postingan 

Kalian ingin postingan ramai dalam waktu di bawah satu jam? Bisa coba sebarkan postingan ke beberapa sosial media dan chat teman-teman untuk turut meramaikan. 

Tidak masalah kok kalau ingin minta bantuan like atau komen ke beberapa teman. Jika kita bisa langsung membalas komentar-komentar, biasanya ini bagus untuk cara meningkatkan engagement rate instagram kalian.

Pakai Hastagh Tertentu

Ini juga salah satu cara promosi di instagram yang perlu latihan, yaitu mencari hastag agar postingan semakin banyak terlihat oleh banyak orang.

Saya pernah coba buat reels di Instagram, super iseng asal banget buatnya dan cuma beberapa detik. Hastag pun juga cuma saya pakai 1 saja di postingan tersebut, tapi bisa meledak ke 112K viewers! Saya nggak menyangka juga padahal ini postingan tidak pernah saya share kemana-mana bahkan teman pun juga tidak.

Kalau sebelumnya, postingan tentang hamil barengan sama kakak juga pernah tembus sampai 90K karena 2 hastag yang saya gunakan. Tapi kurang yakin yang mana, karena memang super iseng postingannya, hanya untuk pengingat saja. 

Pakai Jasa Komentar Terpercaya

Beberapa teman menyarankan untuk mencoba jasa komentar yang terpercaya untuk media sosial seperti instagram. Banyak yang telah merekomendasikan saya untuk pakai jasa dari Raja Komen yang spesialis banget nih untuk di Youtube, Instagram, Tiktok, dan Facebook.

Akun akan tetap aman karena yang komen ini adalah pengguna asli, jadi nggak akan ada komentar yang sama dan terdeteksi spam gitu. Terus kalau order di sini, komentarnya nggak asal-asalan, jadi akan sesuai sama konten kalian. Nah penting bangbet kan nih, punya komen yang beneran sama konten. Bisa banget dipake buat akun bisnis baru nih, biar engagement rate naik dulu.

Mereka ini juga udah berpengalaman banget, jadi paham deh caranya biar akun customernya nggak kena masalah kalau order di situs ini. Terus yaa, sebenarnya selain bisa beli jasa komen itu, kita juga bisa jadi komentatornya, tinggal daftar saja di webnya. Menarik banget ya? Kegiatan nonton-nonton dan scrolling bisa menghasilkan juga. Cocok banget buat yang butuh tambahan atau pengalaman nih buat adek-adek yang sebentar lagi mau lulus. 

Gimana, apakah teman-teman ada yang sudah pernah pakai jasa seperti ini? Share dong!

Leave a Reply

Your email address will not be published.