Tips

Jangan Membuat Orang Menunggu Jika Ingin Memulai Bisnis Bersama

Jangan Membuat Orang Menunggu Jika Ingin Memulai Bisnis Bersama – Karena sesungguhnya menunggu merupakan hal yang paling menguras tenaga, dan kita juga harus memiliki kesabaran tingkat tinggi.

Tak banyak orang suka memberi kabar sudah sampai di mana atau akan datang jam berapa. Banyak sekali yang hanya bilang sudah on the way, sudah di jalan, atau bahkan sebentar lagi sampai. Pernah juga diinfo datang jam sekian, tapi ternyata tidak muncul juga.

Jangan Membuat Orang Menunggu

Hal seperti ini sebenarnya tidak patut dilakukan ya teman-teman, apalagi kalau kalian janjian dengan rekan bisnis atau klien. Wah bisa-bisa segala perjanjian atau kontrak jadi terhambat karena hal ini.

Kalian tahu nggak, kalau sewajarnya kita tetap tepat waktu walau hanya janjian sama teman? Kebayang nggak sih kalau kita berbohong sudah on the way dan teman menanti dengan sungguh-sungguh padahal sejatinya kita masih ada di tempat lain/rumah? 

Saya nggak masalah sih ya kalau telat karena alasan jalanan macet atau kendaraan harus isi bensin/mogok/ban kempes gitu. Walau yang pertama seharusnya bisa lah diatur waktunya. 

Berhubung sering banget nih mengalami menunggu teman atau kenalan yang janjian jam berapa datangnya entah kapan. Saya malah kadang suka sengaja datang lebih awal untuk menikmati waktu sendiri dulu loh.

Lakukan ini saat Menunggu

Sebagai pecinta buku dan game, kedatangan di awal ini bisa saya gunakan untuk ngemil sambil baca novel atau buku-buku ringan. Kadang saya juga suka melakukan panggilan dengan anak-anak di rumah untuk cek keadaan atau cek email dan kerjaan. Intinya tetap harus produktif sambil menunggu dan ngemil.

Pesan Makanan dan Minuman Duluan

Kalau janjian di kafe, sudah pasti saya pesan minuman dan dessert untuk dimakan sambil melihat keadaan sekitar.

Kalau janjian di resto atau tempat makan? Ya pesan dan makan saja duluan, asal janjiannya sama kenalan/teman ya. Jadi mereka pasti mengerti.

Misalnya janjian dengan klien dan mereka telat, ya pesan minum terlebih dahulu juga nggak masalah. 

Baca Buku / Ikut Klub Buku Dadakan

Bahkan waktu di Yogya, saya pernah tiba-tiba ikut ngobrol dengan klub buku yang sedang membahas novel di suatu kafe dengan banyak koleksi buku.

Kebetulan kok ya saya pernah membacanya dan tertarik mengikuti bincang-bincang tersebut. Lucu yaa, malah jadi punya pengalaman baru. Setelah itu saya juga dapat beberapa rekomendasi buku bagus untuk dibaca 🙂

Bermain Game

Belum lama ini, saat saya sedang menunggu seseorang, bermain game adalah pilihan terbaik. Saya bisa bermain card game di website solitaire.org hingga beberapa kali di saat menunggu yang tak kunjung datang untuk membicarakan bisnis bersama.

Walau memori smartphone saya penuh, tapi saya tidak perlu khawatir. Karena saya main di Website Solitaire yang tidak perlu install dan ada banyak permainan kartu seperti di PC bahkan lebih bervariasi.

Ini dia permainan kesukaan saya kalau lagi nungguin orang, karena bisa di akses dengan mudah pakai browser di smartphone maupun di laptop dan PC. Lumayan kaan sama scorenya 😝

Semua game yang saya mainkan bisa dilihat di website, ada banyak sekali pilihannya, kemarin sempat mencoba hidden object game juga dan super love banget karena memang my kind of games 🤩

Memilih Rekan Bisnis yang Serius

Jika ingin memiliki rekan bisnis yang serius dan benar-benar memiliki niat juga profesional, kita harus pintar-pintar membaca orang.

Jujur saya agak ragu kalau baru ingin memulai bisnis sama kenalan tapi kok nggak profesional begini. Karena bisa saja rapat berikutnya akan lebih “menggampangkan”.

Jadi nasib saya waktu ketemu itu akhirnya hanya ngobrol basa-basi saja. Yes, saya urungkan niat untuk melanjutkan bisnis bersama karena sudah beberapa kali seperti ini. Sebenarnya kan malah untuk menyelamatkan awal pertemanan kami.

Karena berteman dan berbisnis itu berbeda sekali, perlu kesabaran dan keprofesionalan tingkat dewa juga ini. Daripada nanti ada acara baper-baper kan saya jadi males ya. Hahaha..

Ide Bisnis 

Beberapa orang tanya nih ide bisnis apa yang bisa dilakukan bersama? Ada banyak loh sebenarnya, kayak jualan di online shop gitu, bisa kalian jalanin bersama atau kita bantu dengan sistem dropship. 

Ada juga yang jualan makanan, satunya bagian bikin-bikin, lainnya marketing. Mau jualan pakaian? Boleh satunya bikin desain, jahit, atau cari grosiran, nah lainnya urus konten untuk foto produk, update stock, balas-balas chat.

Kalian males ribet urusan customer? Pengen bagian belanja-belanjain saja? Bisa bikin ide bisnis jasa titip. Nanti tinggal bagi rata, ada yang bagian foto atau live, ada yang catat pesanan, ada yang bagian belanja dan bayar, jangan lupa diskusikan juga yang bungkus dan kirim barang.

Punya Modal tapi Pengen Santuy

Ya kalau ini kalian bisa cari rekan bisnis dan interest yang sama. Sesuaikan maunya seperti apa, tanam modal, tinggal pantau-pantau. Tapi seharusnya tetap dong turun tangan sedikit untuk membahas kelanjutan bisnis mau dibikin seperti apa 🙂

Jadi apakah teman-teman di sini ada yang pernah membiarkan rekannya menunggu? Atau malah kebalikannya?

Terus, ada yang berbisnis bareng teman nggak? Gimana kelanjutannya? Share dong! 🙂

  1. menunggu itu memang membosankan. walau bukan orang yang tepat waktu banget aku berusaha nggak bikin orang menunggu sih. kalau telat biasanya aku ngasih tahu duluan biar yang nunggu nggak kesal

  2. iya, menunggu adalah pekerjaan yang membosankan ya mbak
    aku biasanya klo lagi nunggu yang aku lakuin adalah baca buku digital, scrool sosmed, atau nonton drakor
    biar nggak bosen

  3. Nunggu kadang nggak enak kalau nggak megang hape.. akuuu gituu
    Kalau nunggu ada temen ngobrol yg sefrekuensi enak ya mba. Enaknya pas di resto pesan minum dulu kali ya sambil ngegames hihi. ngomongin bisnis bersama, agak malesin ya kalau orangnya suka telat..

  4. Enggak mau ah kerjasama sama orang yang belum-belum sudah bikin kita menunggu, padahal baru juga mau memulai usaha bersama. Gimana nanti kelanjutannya kalau udah jalan bisnisnya..
    Untung nunggunya sambil main solitaire jadi ga kezel bangets kan..

  5. Sepakat mba… Apalagi pas semangatnya kenceng, waktu dan dana ada. Harus segera di eksekusi. Kalau aku selama hamipr 2 tahun ini jarang ketemu untuk keperluan bisnis, biasanya meetingnya virtual atau chat wa. Tepat waktu sesuai janji saat meeting di dunia maya juga penting sih menurutku.

  6. Menunggu memang membosankan sih Mak, tapi sekarang aku menikmatinya. Apalagi bawa buku, aku bisa baca2 dulu. Atau kalau bawa smartphone ya main game atau scroll sosmed. Menunggu jadi enggak membosankan dan waktu sendiri jadi menyenangkan. Ambil hikmahnya aja sih aku.. Hehehe

  7. Jadi keingetan ada yang bilang OTW, malah ternyata baru jalan. Kalau aku sendiri janjian mending datang duluan, tinggal nunggu saja. Menunggu juga biasanya aku sambil bikin konten.

  8. Komitmen di awal emang sangat penting ya mba. Kalau sudah keliatan nggak profesional ya mending nggak usah dilanjutkan apalagi kalau bisnisnya dengan teman sendiri karena riskan banget memecah hubungan baik pertemanan. Aku belum pernah bisnis bareng temen, sementara aku jalani sendiri dulu mba.

  9. Memang dalam bisnis yang dilihat adalah komitmen dengan waktu.
    Kalau sedari awal tidak tepat waktu, rasanya malas sekali melanjutkan ke tahap berikutnya.
    Tapi berbeda lagi kalau menunggu untuk mendapatkan kebahagiaan. Seberapa lama, semoga bisa terhibur dengan bermain di solitire.org

  10. Urusan menunggu ini memang bisa bikin gak enak hati, apalagi jadi bagian yang ditunggu. Kalau janjian sama calon rekan bisnis memang sebaiknya gak bikin menunggu ya.

  11. Aku paling gak suka menunggu, tapi sering banget aku lakukan apalagi kalau janjian sama temen. Aku ga mau terlambat makanya selalu di awal waktu kalau pergi-pergi walaupun harus menunggu. Wah game lama sekarang dimainkan lagi juga ga ada bosannya ya solitaire

  12. Wah Solitire game nih, game favorit aku jaman duluuuu.. Jadi kangen nih mau main Solitire lagi, langsung meluncur ah ke webnyaaa.. hihihi

  13. Menunggu itu hal yang paling nyebelin dan membosankan apalagi kalau gabut.
    Makanya sejak bisa bawa kendaraan sendiri, aku lebih seneng bawa kendaraan sendiri ketimbang menunggu jemputan.
    Sekarang menunggu bisa disambi ngerjain segala macem, termasuk cari hiburan lewat games

Leave a Reply

Your email address will not be published.