Parenting

Memilih Bimbel Terbaik untuk Anak Indonesia

Memilih bimbel terbaik untuk anak Indonesia – Tak bisa dipungkiri perkembangan pelajaran di sekolah beberapa tahun terakhir sudah makin berkembang. Zaman kita dulu pelajaran perkalian ditemui saat kelas 3 akhir, sekarang di awal kelas 2 sudah mulai dipelajari. Pelajaran Math, IPA dan IPS pun sudah lebih kompleks di awal tahun kelas 4, sehingga anak-anak harus lebih ekstra dalam mempelajarinya.

Saya juga sudah mengecek untuk pelajaran Secondary untuk mempersiapkan anak sulung yang tahun depan. Sempat ngobrol juga sama teman yang anaknya sudah lebih dulu di sekolah menengah pertama, dan memang Math lebih sulit daripada belasan tahun lalu, begitu pula dengan pelajaran Science. Kami sepakat jika diperlukan kelas tambahan untuk anak-anak agar lebih memahami materi.

Kebetulan teman sempat konsul mengenai kurikulum Sekolah Internasional di tempat saya sekolah dulu,, karena kemungkinan anaknya ingin masuk ke sana. Setelah itu kami jadi saling sharing tentang pembelajaran dan kurikulum sekolah internasional yang ada di Indonesia saat ini. 

Kurikulum Sekolah Internasional di Indonesia

Kurikulum sekolah internasional di Indonesia ada beberapa, yaitu:

  • Kurikulum Cambridge
  • Kurikulum IB (International Baccalaureate)
  • Kurikulum HSC (Higher School Certificate)
  • Kurikulum Montessori
  • Kurikulum IPC (International Primary Curriculum)
  • Kurikulum SPC (Singaporean Primary Curriculum)

Banyaknya kurikulum sekolah internasional ini tentunya akan membuat para orang tua mencari tahu kelebihannya kan, pasti ingin anak-anak berada di sekolah terbaik menurut minatnya.

Kenapa sih kok banyak yang ingin anaknya masuk ke sekolah dengan kurikulum seperti itu? Perbedaan pelajaran dari yang kurikulum nasional jelas ada, walau memang masih dapat juga tapi dengan modifikasi, semua tergantung sekolahnya.

Sekolah dengan kurikulum di atas mempunyai keunggulan tersendiri, yaitu:

  • Fokus pada bakat dan minat anak yang berbeda-beda
  • Sekolah ada yang mampu membantu menggali bakat tersembunyi anak
  • Kebebasan berpendapat dan berekspresi di kelas
  • Membuat anak berpikir kreatif
  • Pengembangan karakter dan pengarahan diri anak
  • Mengasah kemampuan public speaking
  • Melatih anak berpikir kritis dan analitis
  • Metode pendidikan yang mutakhir dan modern

Keuntungan untuk anak sangat banyak jika mereka cocok berada di sekolah internasional, seperti memiliki teman dari berbagai negara, dapat berbicara lebih dari 1 bahasa asing, dan tentunya memiliki kesempatan seluas-luasnya untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Jika sudah bersekolah di sekolah tersebut apakah masih diperlukan untuk ikut Les Privat Sekolah Internasional?

Hal ini tergantung kebutuhan saja ya mom and dad, jika dirasa anak masih kurang memahami materi, atau bahkan mereka minta untuk Les International School ya oke-oke saja. Karena ini memang bagus untuk mengingat dan menambah ilmu anak-anak, sehingga materi semakin dikuasai oleh mereka.

Kebetulan 3 teman saya yang anaknya bersekolah dengan kurikulum Cambridge, saat ini sudah ada di primary 6 dan high secondary (atau junior high). 

Karena niatnya melanjutkan sekolah dengan metode yang sama, maka dari itu teman-teman saya mendaftarkan anaknya Les Cambridge agar bisa dengan mudah melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya di luar negeri. 

Dengan mengambil pelajaran tambahan tersebut berguna juga supaya anak-anaknya lebih memahami soal Math untuk kenaikan tingkatnya.

Memang kurikulum Cambridge ini sekolah internasional paling banyak yang ada di Indonesia. Siswa yang sekolah di sini akan lebih mudah kalau mau lanjut ke luar negeri, karena hasil ujiannya bisa langsung diterima oleh universitas di sana.

Makanya anak teman saya yang kelas 11 mengejar Les A Level, karena itu kualifikasi

yang diakui secara internasional dan dibutuhkan untuk masuk ke beberapa program universitas dan kesempatan untuk pelatihan profesional di luar negeri.

Jika anak berada di 2 tahun terakhir tingkat menengah pertama, maka bisa ambil O Level kalau ingin lanjut sekolah di luar negeri.

Memilih Les International School untuk Anak

Orangtua harus mencari tempat yang terbaik agar anak dapat belajar dengan menyenangkan, dan sanggup menerima materi yang diberikan. Jika memungkinkan cari teknologi bimbel kelas atas untuk seluruh anak Indonesia menuntut ilmu untuk masa depannya. 

Kita perlu banget mencari yang modulnya lengkap sesuai kebutuhan anak, yang bisa belajar 3 pelajaran sekaligus dengan metode moving class, yang ada sistem semi privat dengan personal approach & menekankan learning process.

Masa pandemi masih kurang yakin dengan kelas tatap muka? Cari yang bisa kelas online dengan guru-guru berstandar tinggi dan profesional. Tentu harus cari yang bisa komunikasi dengan orangtua secara berkala untuk mengecek perkembangan anak saat belajar. Lalu bagaimana kalau sudah ikut kelas, eehh nilai anak nggak meningkat? Cari yang memiliki garansi nilai meningkat! 

Memang ada ya tempat Les Privat Sekolah Internasional dengan persyaratan itu semua? Ya ada banget! Coba deh teman-teman main ke websitenya Sinotif Indonesia. Secara sudah aktif banget melayani beberapa sekolah unggulan di Jakarta dan sekitarnya sejak tahun 2000, yang mana berarti sudah berpengalaman di bidang bimbel ini selama 20 tahun! 

Les Privat dan Semi Privat untuk Siswa Sekolah Internasional (Cambridge, IB, HSC)

Kalau ingin mendaftarkan anak-anak untuk bimbel di Sinotif Indonesia, ada pilihan kelas dari primary 4,5,6, secondary 7-9 dan high secondary 10-12 untuk tambahan materi Math, Science, Physic, dan Chemistry.

Selain itu ada banyak pilihan kelas persiapan naik tingkat di bimbel tersebut, seperti untuk persiapan IGCSE, A Level, dan persiapan Diploma Programme Standard juga High Level.

Bimbel sekolah internasional dari Sinotif Indonesia ini sudah berpengalaman membantu siswa kurikulum internasional terutama Cambridge, IB, dan HSC. Selain itu kurikulum lain juga bisa, sesuai kebutuhan siswa. Pengajarannya juga sesuai dengan tuntunan sekolah dan buku yang digunakan.

Sistem Bimbingan di Sinotif Indonesia

Guru akan memberikan materi yang dibutuhkan siswa pada saat itu. Jika anak belum menguasai materi yang diberikan sekolah, maka akan dibantu. Bisa juga menuntun pengerjaan homework yang sulit.

Siswa akan mendapat monthly test preparation, Mid semestral test preparation, and Semestral test and final exam preparation. 

Pertemuan dilakukan seminggu 2x atau lebih tanpa biaya tambahan lagi. Bahasa yang digunakan bilingual, jadi akan lebih menyenangkan bagi anak-anak dari sekolah internasional.

Pilihan Paket Bimbingan Belajar

Les Internasional School ini super enak banget karena ada privat (1 siswa) dan semi privat (maksimal 5 siswa), bisa dipilih sesuai kebutuhan anak.

Per sesi sama-sama 90 menit, materi juga bisa dipilih sesuai, ada tes penguasaan setiap bab yang berguna untuk mengecek apakah siswa sudah paham atau belum dengan materinya. Siswa juga bisa memilih jadwal lesnya :).

Tentang Sinotif Indonesia

Sinotif Indonesia bergerak di bidang pendidikan yang mengkhususkan diri sebagai spesialis pelajaran eksakta. Sinotif Indonesia selalu terpacu mencari metode dan teknik pembelajaran yang lebih visual, fun, dan membuat materi mudah dipelajari tanpa mengurangi kualitas kedalaman pelajaran tersebut.

Siswa Sinotif Indonesia adalah siswa dan siswi semua level pendidikan dari umur 6 tahun hingga 19 tahun.

Visi dan Misi Sinotif Indonesia adalah World’s Best Place for Students and Team to Re-educate and Live serta Menemukan teknologi & cara terbaru untuk mempermudah proses belajar siswa.

Bagaimana moms and dads? Apakah anak-anak akan melanjutkan sekolah di luar negeri? Apakah persiapan tes levelnya sudah matang? Kalau belum, yuk daftar di Sinotif Indonesia! 🙂

  1. Wah menarik nih Mak pengen banget kan punya anak yang ntarnya bisa kuliah di LN. Tapi sayangnya aku tinggal di daerah, kayaknya belum ada bimbel sinotif deh, coba nanti cari info lagi deh

    1. Saya pun begitu mbak. Emaknya dulu nggak bisa kuliah di luar negeri. Jadinya terobsesi supaya anak bisa lah kuliah di luar negeri. Ternyata emang persiapannya mesti jauh-jauh hari ya, eh jauh-jauh tahun malah

  2. Salah satu manfaat bimbel adalah anak makin bisa dan menguasai materi. Apalagi kalo sekolahnya di sekolah yang bertaraf internasional.. Harus ekstra ya belajarnya.
    Beruntung sekali ada Sinotif, bimbel khusus untuk materi eksak. Sangat membantu sekali

  3. Suka dengan program nya Sinotif menyesuaikan dengan kebutuhan anak. Semi private kayaknya cocok untuk ponakan yang selama pandemi matematika nya semakin anjlok, jadi pas banget mama nya mau cari tempat les

  4. aku baru tahu ada bimbel khusus untuk kurikulum internasional. Untuk membantu anaknya yang sekolah di kurikulum internasional cucok banget yaaa… Secara kurikulum zaman now rasanya ngebut, kadang anak jadi kewalahan.

  5. Sinotif Indonesia ini berapa ya budgetnya kalau mau ikut les online?
    Aku butuh les buat Akta terutama buat Matematika & bahasa Inggris nih.
    Nggak bisa banget diajarin emaknya dia mah. Eh udah gitu Matematika juga emaknya super lemah sih, haha.
    Jadi butuh tutor biar makin oke kemampuannya

  6. Saya tuh penasaran, kapan negara kita bisa fokus pada bakat dan minat anak yang berbeda-beda sebagaimana kurikulum internasional ya?
    Tapi yaa memang harus diikuti sih ya, kalau ada masalah dalam pembelajaran kan sekarang ada bimbel seperti Sinotif ini.

  7. Bimbel Sinotif ternyata spesialis untuk mapel Matematika, Kimia dan FIsika ya. Mantap banget nih. Anak saya yang di SMK juga jelas masih ketemu dengan ketiga mapel ini. So berarti bisa ikutan di bimbel Sinotif dong ya.

  8. Seneng banget mak waktu tahu Sinotif ini, karena ternyata ada untuk Anak yang sekolahnya pakai Cambridge Curriculum ya, jadi pengen daftarin Alfath deh. Semoga ada cabang yang deket rumah.

  9. Wah aku mau cek juga ah Mak..
    Mana tau pas buat anakku yang sekarang homeskuling.
    Palagi anaknya sudah stres duluan sama matematika, jadi aku bener2 haruss sabar kalau ngajarin dia. Nah urusan sabar ini yg kadang lewat..

  10. Iya ya sekarang tuh banyak banget bimbingan belajar yang bisa online, ini jadi seperti angin surga untuk para emak ya. KArena jujur sih gak bisa selalu menemani belajar dengan maksimal dan biasanya aku cari les yang emang anakku butuh tambahan.

  11. Keren banget Sinotif ini..
    Karena memiliki kurikulum seperti pendidikan luar negeri. Dan ini akan memberikan gambaran bagi orangtua cara belajar anak-anak dengan kurikulum Internasional. Kenyamanan dan kebebasan anak dalam belajar dan orangtua mendukung dengan memberikan fasilitas bimbel online terbaik.

  12. Iya juga ya anak sekolah internasional nggak bisa asal masuk bimbel yang ada karena kurikulum pelajaran mereka berbeda dengan sekolah umum yang ada. Mesti pilih bimbel yang pengajarannya khusus, kurikulum mengikuti sekolah internasional seperti Sinotif…

  13. Wah, ini programnya menarik ya Mak. Apalagi concern-nya juga di pelajaran yang dirasa cukup sulit nih. Cita-cita banget deh pengen mengantarkan anak-anak sekolah sampai Go Internasional gitu. Coba nanti aku intip-intip lebih detail lagi Sinotif ini

  14. Untuk mata pelajaran berhitung, kayaknya kalau ngajari sendiri butuh ekstra effort ya mba. Untung ada Sinotif ya. Mana pakai kurikulum internasional lho. ngga main-main ya. mantab. masukin wishlist dulu nih

  15. Cita2 bnget nih mba sekolahin anak di luar negeri kepingin di Turki kalau akuhh

    Bimbel Sinotif.indonesia bisa jadi pilihan tepat ya bruh bngt tambahan bljar aplg dh tingkat SMA

  16. Sekarang ini serba online ya mba dan memudahkan. Apalagi sekarang mau bimbingan belajar yang aman ya bisa online ya. Sinotif ini juga sudah lama ya, bisa jadi pilihan.

  17. gfa pusing lagi ya enak di sinotif wes paling bener anak kepegang sama yang paham materi, kalau ibunya yang ngajari rada berat juga pastinya nahan sabar haahah. untung ada sinotif

  18. Sinotif memang bisa menjadi solusi untuk tempat les materi eksakta apapun kurikulum yang digunakan di sekolah ya mbak.. Karena di sinotif kurikulum menyesuaikan dengan kurikulum yang digunakan oleh siswa. Jadi fleksibel

  19. memang buat orangtua memilih bimbel yang terbaik itu udah semacam kewajiban ya, karena ini akan berpengaruh sama pendidikan anak kelak dan pilihan bimbel di Sinotif jadi salah satu pilihan terbaik

  20. Aku baru tau tentang Sinotif ini, ternyata kurikulumnya bagus sekali. Jarang deh ada bimbel terbaik yang berkonsep pembelajaran internasional seperti ini. Anak2 jadi lebih memahami materi dengan baik deh dan ga pusing lagi.

  21. Butuh banget!!! Berhubung lemah di Matematika, kayaknya emang harus cari tutor yang bisa ngajarin matematika dengan cara fun ke anakku nih.
    Kebetulan dia seneng sama mapel macam matematika gini.
    Perlu coba les di Sinotif ini kayaknya

  22. Kemarin pas keluarga datang di rumah cerita kalau mesti tes (karena sekolah anak kurikulum Cambridge). Jadi tesnya bisa dipakai nanti kalau mau lanjut ke LN. Wih asli canggih sekali pendidikan zaman sekarang.
    Bimbel kayak gini pun membantu banget ya mak untuk anak-anak yang bersekolah di sekolah dengan kurikulum international.

  23. Perlu banget nih anak Indonesia diberikan tambahan pelajaran dengan bimbingan belajar terbaik kayak gini supaya bisa membuat negara ini baik dan enaknya jug Happy

  24. Iya juga ya kalo bimbel pakai kurikulum internasional kan jd bs menyesuaikan jg dg apa yg anak pelajari di sekolahnya. Pastinya kalo diajar ortu sendiri ya bakal kurang nyambung, secara kurikulum kita dulu jelas beda jauh dg sekarang. Tentunya apa yg kita pelajari dulu udah jauh lebih berkembang untuk saat ini, bimbel kudu cari yg sepadan

  25. Makin siap nih untuk menapak jenjang pendidikan yang lebih tinggi di taraf internasional dengan bimbingan belajar di Sinotif. Mantap nih, bakalan muncul generasi muda penerus bangsa yang kreatif dan kritis.

  26. Ada juga ya bimbel online untuk kurikulum sekolah internasional mana khusus pelajaran sains dan math ya jadi terjamin nih gurunya pasti munpuni pisan

  27. Wow aku baru tahu kalau hasil ujian anak yang kurikulum Cambridge langsung bisa diterima di luar negeri. Pantesan sekarang pada ambil sekolah internasional ya. Dan alhamdulillah ada Sinotif buat les nya

  28. Untuj=k anak HS kayak Narend kira2 bisa nggak ya ikut les privat kurikulum internasional seperti ini. Pengennya sih supaya dia bisa dapat experiencenya aja gitu, apalagi ini lebih fokus ke sains dan matematika y.

  29. Waaah ternyata ada ya bimbel khusus kurikulum internasional ya. Memudahkan buat yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Soalnya sepertinya gak semua bimbel punya kurikulum luar negeri.

  30. Sinotif ini emang sudah teruji kualitasnya ya mbak
    sudah berpengalaman selama dua puluh tahu
    pantas klo dinobatkan sebagai bimbel online terbaik

  31. Ternyata ada banya Kurikulum Sekolah Internasional yaa..
    Tapi satu yang pasti, kalau belajarnya tekun dan difasilitasi oleh bimbingan belajar online terbaik, maka anak-anak pun bisa meningkatkan pemahamannya di mata pelajaran sekolah juga mengembangkan bakat lainnya.

  32. Ini yang ku pikirkan, waktu memilih sekolah anak juga memilih les privat. Kalau ada PR trus nanya ke aku, bisa mumet deh, hahah. So, lebih baik ikutan les aja supaya bisa belajar dengan ahlinya karena kadang dari sekolah aja masih kurang.

  33. Menarik banget ini bimbelnya, khusus materi eksakta. Materi yang susah ya ahahaha.. Kalo ikutan les private anak pastinya akan lebih mudah memahami dan lebih menguasai ya

  34. Wah jadi di Sinotif ngga cuma bisa les privat untuk sekolah reguler, tapi juga untuk sekolah internasional juga bisa ya maaaak.. Kece banget nih sinotif

  35. Milih bimbel ini susah susah gampang Cindy,
    aku sampai sekarang masih belum lupa dulu belajar di Siki Mulyono dan .. ya karena ga suka aja sama matpelnya masih ga ngertiii ngertiiiii …. anehnya sekarang semua kok keliatan gampang!

    Metode belajar yang buat aku menyenangkan adalah ketika disueuh buat paper (makalah) tentang rumusnya, nhaaa disitu biasanya aku ngerti

Leave a Reply

Your email address will not be published.