Health · Pregnancy · Tips

Menjaga Kehamilan di Masa Pandemi dengan Anmum Materna

Berdasarkan data dari BKKBN, selama pandemi covid19 telah terjadi peningkatan kehamilan karena penurunan penggunaan kontrasepsi sebanyak 10%. Hal ini menjadi salah satu yang membuat angka 400rb-500rb kehamilan di masa pandemi. Lalu bagaimana cara menjaga kehamilan di masa pandemi? Salah satunya bisa didapat dari Anmum Materna lho!

Banyak kenalan saya yang mengaku kalau hamil saat ini adalah yang tak terencana. Namun jika Tuhan berkehendak akan diberikan momongan sekarang, maka terjadilah.

Sebagai orangtua, khususnya ibu, jelas ya kita adalah salah satu yang bisa menjaga kehamilan dengan baik dari awal trimester hingga akhir trimester. Seperti selalu mengkonsumsi asam folat di awal kehamilan untuk perkembangan otak dan organ tubuh janin.

Menjaga Kehamilan di Masa Pandemi

Mengatur Asupan Gizi.

adalah hal yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Mengkonsumsi banyak serat dari sayur dan buah bisa dilakukan setiap hari. Namun jangan lupa untuk makan protein dan karbo dalam jumlah cukup.

Minum Vitamin dan Air Mineral. 

close up of bottle pouring water on glass
Photo by Pixabay on Pexels.com

Selain asam folat, ada beberapa vitamin yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, seperti vit C, vit D, kalsium, vit B6, dan vit B12. Semasa hamil, kita juga diwajibkan untuk banyak minum air mineral agar ketuban banyak dan tidak terjadi dehidrasi. 

Istirahat yang Cukup.

Mengurangi mobilitas di luar ruangan jika tidak diperlukan demi kesehatan juga patut dilakukan nih moms. Karena ibu hamil sering mengalami kram, mual, atau pegal, jadi banyak istirahat juga membantu.

Olahraga Ringan

a pregnant woman wearing gray tank top meditating
Photo by Pavel Danilyuk on Pexels.com

Istirahat memang perlu, tapi bukan berarti tidak bergerak yaa. Melakukan peregangan setiap hari dapat membantu melemaskan otot-otot yang pegal akibat bertambahnya berat badan lho moms. Jika sudah masuk trimester kedua, yoga, berenang, atau jalan santai bisa dijadikan rutinitas nih 🙂

Banyak Membaca

Menurut saya, membaca masuk dalam list menjaga kehamilan di masa pandemi lho, kenapa? Karena hamil saja sudah membuat kita menjadi ingin tahu tentang banyak hal, bagaimana dengan saat pandemi bukan? Yang jelas harus banyak cari info tentang kesehatan, syarat rumah sakit untuk melahirkan saat pandemi, dan masih banyak lagi.

Vaksin

Ibu hamil dan menyusui sekarang juga sudah bisa lho melakukan vaksinasi covid. Penting banget nih moms untuk dijadwalkan, supaya bisa meminimalisir risiko yang ada saat hamil. 

Mengkonsumsi Anmum Materna

Anmum Materna ini memiliki banyak nutrisi yang mampu memenuhi kebutuhan janin dan ibu hamil untuk awal merencanakan kehamilan maupun selama masa kehamilan. Anmum Materna punya 3 rasa lezat dan nutrisi tepat untuk menemani masa kehamilan moms lho, yaitu strawberry, chocolatte, dan vanilla.

Nutrisi dalam setiap gelas Anmum Materna

  • Nuelipid – Tingkat Gangliosida GA yang lebih tinggi untuk ibu hamil.
  • GA & DHA – GA dan DHA adalah nutrisi penting untuk otak janin.
  • Tinggi Folat – Folat sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel bagi ibu hamil dan janin.
  • Serat Pangan –  Membantu memelihara fungsi saluran pencernaan.
  • Kalsium & Zat Besi – Merupakan mineral penting untuk menunjang perkembangan kehamilan.

Menerapkan Pola Hidup Bersih

Ibu hamil jangan sampai lupa untuk rajin mencuci tangan dengan menggunakan teknik 6 langkah yaa.. Rajin mencuci hidung dan membersihkan telinga juga baik untuk kebersihan. Jangan memegang area mata, hidung, atau mulut dengan menggunakan tangan yang kotor ya, ada baiknya tidak perlu memegang-megang secara terus-menerus.

Ke Rumah Sakit Tepat Waktu

photo of ob gyn doing a test
Photo by MART PRODUCTION on Pexels.com

Memilih rumah sakit yang tepat di kala pandemi juga penting ya moms, bisa menggunakan rekomendasi teman atau melihat-lihat saat sedang periksa kehamilan juga bisa kok. Sementara untuk ke rumah sakit tepat waktu saat akan melahirkan juga perlu diperkirakan jarak dan waktu tempuhnya ya moms. Terutama jika kontraksi sudah rutin dan jelas durasinya, juga saat ketuban sudah pecah.


Nah gimana moms, sudah cukup jelas atau masih kurang nih cara menjaga kehamilan di masa pandeminya? Moms yang hamil gimana nih, ada yang mau ditambahkan atau yang mau dibagikan juga untuk para moms lain? Share yuukk 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.