Beauty

Pentingnya Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UVA dan UVB

Pentingnya Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UVA dan UVB – Siapa yang sering absen pakai sunscreen karena cuma di rumah saja hayooo? Saya masih suka on off juga untuk pakai sunscreen di rumah, kalau pagi lupa pakai biasanya siang langsung apply. Kalau sedang malas, pas mau keluar baru apply, padahal seharusnya nggak boleh gitu.

Ternyata ya teman-teman, walau kita di rumah saja, kulit tetap butuh perlindungan loh! Karena sinar matahari masuk ya ke dalam rumah atau mobil (misal jalan-jalan). Dianjurkan banget nih untuk selalu apply dan reapply sunscreen, dan jangan sampai lupa karena takutnya efek kemudian hari yang kita ga pengenin bakal menghampiri.. Oh no!

Kenapa Harus Pakai Sunscreen?

Seperti halnya kita membeli skincare dan make-up, semua itu ada maksud tersendirinya. Tapi kalau sunscreen lebih tepat masuk ke skincare ya, karena begini. Gunanya sunscreen ini untuk proteksi kulit kita yang akan terkena sinar matahari yang menyengat itu. 

Kita menggunakan sunscreen supaya kulit tidak menjadi perih, kemerahan, iritasi, dan bahkan terparahnya adalah bisa kanker kulit. Semua itu terjadi saat kita berada di bawah paparan sinar matahari.

Terkadang kita nggak sadar ya sudah berapa lama berada di cuaca terik, bahkan dengan menggunakan sunscreen pun, kita tetap tidak boleh lupa untuk re-apply lagi setelah 2-4 jam untuk perlindungan yang maksimal.

Penting untuk diingat, sunscreen bukan untuk mencegah gosongnya kulit karena di bawah sinar matahari ya. Karena ternyata masih banyak sekali yang berpikir seperti ini :).

Mulai Usia Berapa Pakai Sunscreen?

Sejak 6 bulan! Tahu nggak kalau bayi-bayi yang sering diajak bepergian terutama berenang, ke gunung, atau ke pantai itu juga menggunakan sunscreen? 

Berbeda dengan kandungan sunscreen orang dewasa, kandungan yang ada di sunscreen milik bayi, balita, dan anak-anak ini lebih enteng dan gentle. Tapi bukan berarti bisa digunakan oleh orang dewasa ya, karena tidak akan memberikan proteksi yang lebih pas.

Bagaimana Cara Reapply Sunscreen?

Buat saya yang minim menggunakan produk di wajah terasa lebih mudah, karena tinggal lap-lap wajah (kalau sedang di luar) atau mencuci muka jika di rumah dan langsung apply kembali sunscreen. Namun kalau menggunakan riasan wajah, ada baiknya dihapus dulu ya.

Setelah berolahraga pun sama ya, kita harus membersihkan wajah dulu dengan sabun, lalu aplikasikan toner atau face mist, pelembab, dan gunakan sunscreen kembali.

Cara Memilih Sunscreen

Saat akan memilih sunscreen, pastikan kita mengetahui jenis kulit terlebih dahulu ya. Karena sunscreen ini ada yang untuk kulit berminyak, berjerawat, maupun yang normal. Ada banyak sekali pilihan merk di luar sana, harga juga bervariasi, dan ada juga yang menjual travel size. 

Namun untuk kulit saya yang super random (kadang berminyak, kadang normal, seringnya berjerawat) ini sih beruntung banget tetap cocok sama hampir semua yg saya pakai. Tapi saya lebih sering membeli yg biasa, dan beli beberapa jenis kandungan SPF karena memang aktivitas keluar tiba-tiba, belum bisa dihindari πŸ™‚

Kenapa SPF Berbeda-beda?

Mudahnya sih semakin lama kalian berada di luar ruangan, pakai yang SPF tinggi. Misalnya kalian ke kantor, atau morning walk sebentar gitu bisa pakai SPF 25-50. Kalau di rumah saya biasanya pakai SPF 30 ke bawah.

Kalau kalian mau olahraga outdoor yang lama, ke pantai, atau mau ke gunung bisa pakai SPF tinggi. Mudahnya sih begini ya, jika menggunakan SPF 25 maka akan bertahan selama 250 menit, SPF 30 mampu hingga 300 menit dan SPF 50 untuk 500 menit.

Beberapa yang saya pakai untuk SPF tinggi biasanya lebih “berat” di kulit tapi enaknya nggak greasy dan nggak “meleleh”. Memang cocok-cocokan kok untuk mencari sunscreen yang tepat buat kulit.

Parasol Cooling Mist Sun Spray SPF 25+ PA++

Salah satu sunscreen yang saya pakai buat sehari-hari karena nggak berat dan diformulasikan buat melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Cooling Mist Sun Spray ini mengandung aloe extract yang membantu melembabkan dan bikin kulit sejuk juga. Selain itu ada bahan pencerah juga, biar kulit nggak kusam πŸ™‚

Cara penggunaannya gampang kok, semprot saja ke area tubuh secara merata, jangan lupa ulangi 2-3 jam kemudian. Ini enak banget karena modelnya spray, jadi lebih mudah juga untuk diaplikasikan ke kulit. Parasol Cooling Mist Sun Spray ber SPF 25+ PA++ ini mudah banget meresap di kulit.

Ingredients:

Isohexadecane, C12-15, alkyl benzoate, Alcohol, Octocrylene, Benzophenone-3, Polysorbate 60, Butyl methoxydibenzoylmethane, Aloe barbadensis leaf extract, Canola oil, Bisabolol, Dimethylmethoxy chromanyl palmitate.

*Karena produk ini mengandung Benzophenone-3 jadi bisa dicek dulu ya apakah kulit kalian sensitif atau mudah alergi atau tidak.

Menurut dr. Nugraha Arief (alodokter) “Benzophenone-3 adalah bahan kimia yang membuat sunscreen dan penting karena inilah yang memiliki fungsi protektif terhadap sinar UV.

Benzophenon juga banyak ditemukan pada buah-buahan seperti anggur dan telah diakui oleh Food and Drugs Administration (FDA) sebagai salah satu bahan yang aman digunakan pada manusia, hanya tidak pada anak kecil karena anak kecil belum memiliki fungsi metabolisme bahan kimia yang matang dan tentunya belum bisa memetabolisme benzophenon.

Perlu menjadi catatan pula bahwa pada beberapa kasus kulit yang sensitif, bahan ini mungkin menimbulkan iritasi yang menyebabkan kulit terasa merah dan perih. Bila hal ini terjadi, segeralah basuh kulit Anda dengan air hangat dan sabun untuk membersihkan sisa produk”.

Pakai ini untuk Meredakan Panas di Kulit setelah Terpapar Sinar Matahari!

Pernah nggak sih kalian ngerasain perih di kulit walau sudah pakai sunscreen? Saya pernah, tapi untungnya nggak sampai parah dan kebakar gitu. Paling enak memang langsung oleskan tanaman lidah buaya biar adem atau bisa juga disemprotin Parasol Moisturizing After Sun Spray yang memang sejuk banget di kulit.

Parasol Moisturizing After Sun Spray ini membantu memberi rasa nyaman di kulit kering, gatal, dan terbakar setelah terpapar sinar matahari. Kandungan aloe veranya juga membantu menyegarkan dan mengembalikan kelembaban kulit, sehingga dapat mencegah kulit menjadi kering dan terkelupas. 

Ingredients:

Purified water, Polysorbate 60, Propylene glycol, Glycerin, Phenoxyethanol, Sorbitol, Butylene glycol, Pentylene glycol, Triethylene glycol, Allantoin, Fragrance, Maltodextrin, PEG 90, Aloe barbadensis leaf extract, Hydroxyphenyl propamidobenzoic acid, Cl 42090, Cl 19140, Ascorbyl palmitate.

Cara pakai Moisturizing After Sun Spray ini juga mudah banget tinggal spray ke area yang mau dibuat calming. Bisa diulangi juga kalau dirasa perlu :).

Buat teman-teman yang mau coba kepoin produk dari Parasol bisa banget main ke Instagram Parasol ataupun Website Parasol yaa..

Kalau mau ceki-ceki belinya di mana, cus main langsung ke e-commercenya di sini yaa..

Jangan lupa rajin pakai sunscreen ya temans, masa mau kalah sama bayik sih >.< Hehehehe..

Cheers πŸ™‚

  1. Apply sunscreen sejak 6 bulan ternyata…baru tahu.Dan aku banget kadang sudah pakai sunscreen tapi perih.. Mau coba jadinya Parasol Moisturizing After Sun Spray yang membantu memberi rasa nyaman di kulit kering, gatal, dan terbakar setelah terpapar sinar matahari.
    Pasti segar banget ini apalagi ada kandungan aloe vera yang membantu menyegarkan dan mengembalikan kelembaban kulit.

  2. Moisturizing After Sun Spray praktis banget ya tinggal spray. Lebih cepat pengaplikasiannya ketimbang oles-oles. Soal Sunscreen, udah jadi produk wajib punya kalau menurutku. Jadi memang mesti ada buat sehari-hari.

  3. Wah ada sun spray ya ternyata. Selama pandemi aku memang gak apply pelindung matahari nih, krn memang jarang banget jalanΒ². Tp seharusnya tetep pake ya meski jalannya hanya sebentar. Jadi pengen nyoba sun spray nih jadinya.

  4. Duh makasih ya mba buat diingetin walau di rumah tetap pakai sunscreen. Aku suka males soalnya dan lupa. Padahal di Batam itu ya panasnya itu panas bangetttt gitu. Ngomong ngomong sunscreen punya mba kok unyuuuuuu banget sih kemasannya 😍. Aku sangka tadi produk buat anak. Ternyata bukan ya. Ini enak ya produknya tinggal semprot aja cara pakenya. Praktis gitu

  5. Ini buat anak2 oke juga nggak mak?
    Kalau aku sih sekarang rajin pakai sunscreen, tapi buat Narend tuh. Pakai parasol spray ini bisa kan? kalau bisa aku langsung CO dah..eh ntar infoin juga ya kalau sunscreennya ada promo..

  6. Duh sejujurnya saya jarang pakai sunscreen. Pakai kalau mau ada pendakian saja. Ini udah mau dua tahun vakum naik gunung, lupa deh sama sunscreen hehehe
    Mau lebih rajin lagi menggunakannya deh, gak mau kalah sama baby hehehe

  7. Parasol ini emang terbaik untuk sunscreen. Aku pakai sunscreen buat wajahnya juga. Tapi dulu aku tuh termasuk abai mba untuk lindungi diri dari paparan sinar matahari. Skarang udah ngeh dan re aplikasi ke wajah juga

  8. Aku baru-baru ini aja donk..pake sunscreen, telat banget gaulnya sama beauty blogger.
    Kalau pakai moisturizer atau day cream, dari sejak remaja. Tapi banyakan gak mengandung SPF kan yaa..
    Dan uda lama banget ngincer sunscreen bentuk spray begini. Kayanya paling cepet dan praktis yaa.. Tinggal semprot-semprot.

  9. Wah ternyata sejak usia 6 bulan udah bisa pakai sunscreen ya kak. Bener banget penting meskipun di dalam ruangan. Dan harus reply juga. Anyway pas praktik di apotek, parasol termasuk brand yg paling laris lho

  10. Udah lama gak mendaki dan main di pantai, jadi aku udah lama juga gak makai sun screen. Padahal ya, keluar rumah itu harusnya pakai sun screen, apalagi pas siang hari, matahari begitu terik sinarnya.

  11. Belum pernah nyobain yang after sun spray, kayaknya nyes banget di kulit. Anak-anakku rutin pakek sunscreen begini karena sering sepedaan dan berenang. Ya meskipun kulit mereka tetap eksotis, tapi setidaknya ada perlindungan ya.

  12. dari kemarin cari rekomendasi spray buat sunscreen gitu akhirnya bisa baca review ini, pengen coba mba praktis ya apalagi skearang aku mobilitasnya lumayan keluar butuh spray kek gini

  13. Wah, baru tahu kalau sunscreen sudah mulai bisa diaplikasikan ke anak usia 6 bulan. Hehe. Btw Parasol ini praktis banget ya, tinggal semprot aja udah bisa meresap ke kulit. Makasih Mbak sharingnya πŸ™‚

  14. Eh iya lho, banyak yang masih beranggapan sunscreen itu buat melindungi kulit biar nggak gosong saat terkena sinar matahari.

    Parasol Cooling Mist Sun Spray SPF 25+ PA++ ini praktis ya, kemasannya spray, jadi tinggal semprot-semprot aja.

  15. Wah ini yang saya cari mbak, sunscreen spray buat reaply, cuaca pas panas sungguh mengkhawatirkan kondisi kulit takut terbakar atau kusam kan jadi gak enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.