Krucils

Rekomendasi Activity Book untuk Si Prasekolah

Memasuki tahun ajaran baru 2022-2023 pasti orang tua juga ingin mempersiapkan anak-anak bagaimana cara belajar dan bersosialisasi di sekolah ya.

Usia yang disarankan untuk masuk Kindergarten di beberapa sekolah swasta incaran saya tahun ini adalah 5 tahun. Sehingga saya masih ada waktu 1-2 tahun untuk mempersiapkan si bungsu.

Usia prasekolah biasanya dibagi menjadi dua, yaitu 3-4 tahun dan 4-5 tahun. Tergantung orang tua ingin anak masuk playgroup atau langsung kindergarten. Kalau dari informasi yang terbaru, sekolah TK sekarang lebih santai ya, banyak yang tidak ada tes masuk sekolah dan bertanya apakah anak sudah hapal huruf dan angka.

Melatih Motorik Halus Anak

Walau tidak melulu soal belajar angka dan huruf, tapi jujur saja yaa saya mulai memberikan kegiatan-kegiatan untuk melatih motorik halus anak sejak usia 2,5 tahun. Mulai dari memegang penjepit untuk pompom, menggunakan gunting, memegang cotton buds, bermain playdoh dan slime, juga kegiatan lainnya yang saya masih suka contek dari teman.

Melatih Motorik Kasar Anak

Selain kegiatan yang duduk diam, saya juga mengajak anak bungsu untuk tetap berkegiatan di luar ruang. Seperti berkeliling naik balance bike, main scooter, memanjat brakiasi atau pikler, melompat dengan satu kaki, bermain memindahkan bendera, dan lain-lain.

Memberikan Activity Book untuk Si Prasekolah

Tak jarang saya kelelahan mendampingi anak bermain terus-terusan atau mengawasi saat ia asyik memanjat pagar bahkan menggali pasir. Saat saya harus bekerja, biasanya activity book menjadi penyelamat.

Saya mulai memberikan activity book ketika anak berusia 3,5 tahun dan sudah siap untuk β€œbermain” dengan lebih terstruktur dan paham arahan.

Rekomendasi Activity Book untuk Si Prasekolah

Saya kenal buku ini dari anak nomor 3. Menurut saya menarik karena bisa disesuaikan dengan usia anak dari 2-4 tahun. Ada kegiatan menggunting, melipat, mewarnai, menempel sticker, dan tracing.

  • Pre-Reading with Buggy dan Pre-Writing with Catsy 

https://tokopedia.link/mvNDe7B4Drb

isian 16 lembar simple buat anak-anak. Paling menarik tracing dan mewarnai bangun dasar.

  • My Preschool World

https://tokopedia.link/5HG4aJE4Drb

Ini kalau beli 1 set lengkap sudah enak banget. Bisa dipakai pelan-pelan mengikuti mood anak. 

  • Disney Smart Beginnings

https://tokopedia.link/n7Vt1bH4Drb

Saya kenal buku activity disney dari anak sulung waktu mau masuk TK B. Happy banget waktu tahu ada karakter fave bisa dijadikan teman belajar. Sekarang makin lengkap saja, karena ada tema pola, bentuk, angka, dan huruf.

  • Usborne Activity Book 

https://tokopedia.link/NNom7ZI4Drb

https://tokopedia.link/DAC85PK4Drb

Ada banyak seri menarik dari Usborne. Kalau anak-anak sukanya sama seri menempel. Dari menempel sembarangan di mana-mana, di buku tapi acakadut sampai sekarang sudah bisa menempel dengan kreatif dan menarik sambil bercerita.

  • Jumbo Coloring Set

https://tokopedia.link/jpq4u1M4Drb

Ini activity paling menyenangkan yang bisa dilakukan bersama-sama. Karena ukuran yang jumbo, jadi bisa mengajak teman dan saudara untuk ikut mewarnai.

  • Random Activity Book

~ Sticker book tema hutan, laut, peternakan, dan lain-lain https://shope.ee/3AUDWthfbE

~ Worksheet bebas favorit saya https://shope.ee/q6IknGq3c

https://shope.ee/3pjuiadpsP

~ Kegiatan menggunting

https://shope.ee/8epA5HgKdW

~ Melatih sensorik halus dengan kegiatan bertekstur

https://shope.ee/4AMkj6Cu9K

~ Matching shapes

https://shope.ee/6UkfVblVke

~ Stacking tower

https://shope.ee/1pypx6sBNo

Selain buku-buku, saya juga sering membeli worksheets set di e-commerce. Jadi sekiranya nemu yang sudah ada laminating atau kegiatan apa yang anak belum punya, suka beli.

Karena keterbatasan saya untuk mencari materi pembelajaran, print, sampai laminating sendiri akhirnya memilih cara tercepat dan terbaik saja. Tentunya tetap mencari yang sesuai dengan usia dan kemampuan anak. Kalau saat beli ternyata belum bisa menggunakan, simpan dulu, coba lagi lain waktu.

Seperti kegiatan bermain dengan pompom ini awalnya anak bungsu kurang tertarik dan tidak sabar. Ia lebih senang tracing, jadi saya simpan lagi pompom setnya, dan baru dibuka sebulan ini. 

Saat belajar bersama anak, harus diingat kalau kita juga bermain bersama mereka. Jadi anak tahu kalau kegiatan-kegiatan ini adalah menyenangkan dan tidak membebani mereka. 

Kalau teman-teman ada nggak rekomendasi activity book kesukaan anak-anak? Share dong di kolom komentar! πŸ™‚

  1. Mewarnai sambil melakukan gerak – bisa melatih motorik halus dan kasar anak sekaligus! Bahkan di beberapa kasus anak-anak menjalani sesi healing dan perawatan psikis dengan mewarnai loh Cindy… aku sering mendapati anak-anak yang tertekan oleh ortu atau sikon, memiliki kecenderungan memilih warna-warna gelap sesuai hati mereka

  2. Anak-anak di rumah dulu seneng banget di kasih buku mewarnai atau buku aktivitas yg isian hitung sederhana, bikin bikin. Sekarang udah gedean si bungsu, sukanya gambar tp males diwarnai, aneh πŸ˜…

  3. Main playdoh dan slime itu, efisien emang ya mak melatih motorik halus. Di Kei juga terbiasa saya kasih sejak dini dan so far saat menulis lebih luwes walau tulisannya masih acakdut haha …
    Saya juga suka beli acitvity book, nah masalahnya ini gimana agar nggak mager untuk bareng anak melakukan aktivitas.

    Saya lagi tertarik dengan mewarnai mak. Jadi kemarin sempat lihat di iklan IG, ada lukisan untuk diwarnai dan setelah diwarnai bisa dipajang. Tapi lupa saya save hiks. Pengin beli itu. Keknya lucu dan seru mewarnai lukisan bareng anak.

    mari semangaat ibuibu membersamai anak-anak.

  4. aku di rumah udah bener2 acak adul nih. Tembok udah bablaaas. 3 anak aku suka warna warnian. Perlu back on track ke activity book lagii. Coba nanti aku lihat aah buat si adeeek…
    anak2 happy banget ituu yaa main sambil belajar, seruuu

  5. Ah iya, anak anak preschool ini emang harus banyak dikasih aktivitas yang bisa mengasah motoriknya ya mbak
    Termasuk mengerjakan activity book ini

  6. Jadii inget anak2 mulai bayi sampai SD awal2 rumah kayak TK, berbagai mainan buku ada banyak.
    Duluu hampir tiap minggu beli apalagi suami tipe masa anak2 hrs diksh banyak mainan edukatif.

    Setelah mulai gedhe sdh di lungsur2in. Tapi memang di era digital ini tetep paling bagus buku atau mainan yg ada unsur gerakan fisik. Jangan via hp ya mak.

  7. Seneng banget sekarang sudah banyak activity book dengan ilustrasi bagus dan sangat cocok untuk anak-anak. Kadang suka bingung mau beli yang mana, belinya juga mudah banget ya, bisa beli online.

  8. Waaah…. banyak banget mainannya dan semuanya edukatif, Anak jadi puas bermain dan tetap dapat manfaat dari belajar, dalam aktivitas yang sama,

  9. Jaman anak-anak saya masih kecil dulu, rasanya harus mikir otak kalau mau bikin aktivitas edukatif. Karena kalau ada yg jual materialnya pun harganya pasti selangit. Ujung-ujungnya cari pritable atau DIY Tutorial di inet. Sekarang semua serba mudah. Nggak heran anak2 makin kreatif, Emaknya pun juga makin inspiratif.

  10. MasyAllah ibunya rajin ini menstimulasi anaknya di rumah. Keren mba 😍. Iya, aku waktu anak aku masih home schooling kemarin, suka nyediain buku aktivitas juga kalau aku lagi ga sempet bkin permainan untuk dia. Tapi aku baru tahu lho ama buku aktivitas yang mba saranin ini.

  11. Waktu anak-=anak masih TK aku suka banget cari-cari activity book kaya gini, rasanya suka kalap kalau ke toko buku apalagi kalau ada pameran buku.
    Tapi sekarang sih enak cari online di tokopedia atau shopee ya

  12. Auto share ke ponakan di Kediri yang anaknya seusia prasekolah. Pas bener nih ada link lengkap pula untuk bebelian activity book-nya
    Btw, setuju kalau saat belajar bersama anak, kita juga ikutan biar anak tahu kalau kegiatan ini adalah menyenangkan dan tidak jadi beban.

  13. Semakin beragam ya zaman sekarang pilihan buku aktivitas untuk anak-anak. Bagus2 semua dan pastinya bermanfaat sekali. Anak2 senang main trampolin, main cap-capan berwarna-warni, menyusun blok-blok, menanam dan masih banyak lagi. Kalau mainnya sama teman2 makin seru yaaaa πŸ˜€

  14. Maaak, lucu-lucu banget activity book-nya… Jadi pengen punya anak lagi. #EEEEEHHHH

    Aku salut banget sama Mak Cin. Rajin banget soalnya, padahal anaknya lebih banyak dari aku. Pantesan Mak Helma suka nitipin anak, yaa.. Hahaha…

  15. Home base learning gini tuh menyenangkan sekali loh, apalagi anak-anak lagi senang sekali mengekplorkan jadi membantu banget untuk tumbuh kembangnya juga. Sampai sekarang pun aku masih melakukan kegiatan bersama di rumah dari beberapa referensi buku.

  16. Activity Book emang recommended buat anak anak preschool ya mbak
    Biar bisa menstimulasi mereka , juga biar g main gadget aja

  17. Koleksi buku-bukunya sangat rekomendasi banget ya mom untuk anak-anak prasekolah. Melatih motorik anak memang menjadi tugas orangtua. Tetapi terkadang lebih banyak para mom’s yang aware daripada dad’s ya

  18. Sekarang sudah banyak buku aktivitas yang dapat mendukung anak belajar di rumah ya. Memudahkan orang tua juga jadinya. Karena nggak kehabisan ide kasih kegiatan ke anak. Tinggal pilih dan cari dari buku aktivitas. Seruu. .

  19. Memang banyak ya maak yang bisa anak – anak usia prasekolah bermain sambil belajar di rumah.
    Tentunya tak luput dari peran orangtua terutama ibu yang mendampinginya.
    Semenjak ada hp secara tidak langsung banyak orang tua abai, supaya anteng tidak kotor dirumahnya diksh hp lihat youtube ya.

    Semoga kita bisa menjadi ibu bijak buat anak2 kita ya mak

  20. Ya ampun senang banget ini banyak sekali rekomendasi buku yang sangat bermanfaat. Anak saya suka banget dengan kegiatan seperti ini. Apalagi waktu kami menjalankan homeschooling buruh banget aktivitas seperti ini

  21. Cindy! Aku bahagia ih liatnya.
    Anak anakku dulu selain beli buku aktivitas yang ada gambar tempel dan macam macam.

    Nah pas udah ada si bontot aku kenal dengan temen yang kasih tau ada kaleng isi macam macam mainan. Lupa aku namanya. Nanti ya kalo inget lagi

  22. aku suka dapat newsletter dari rumah inspirasi mbak, suka dapat gratisan lapbook atau buku aktivity gratisann gitu. bentuknya PDF sih, tapi beneran bermanfaat banget buat menemani anakku belajar dan bermain. mengasah sensori motoriknya juga.

  23. Seneng banget dapat rekomendasi buku aktivitas anak dirumah.
    Sebelum masuk pra-sekolah, ada baiknya melatihkan secara sederhana dengan buku-buku pilihan rekomendasi kak Cindy di atas.

  24. Wuahhh seru banget ini. Kegiatan sederhana yang bisa dilakukan bersama anak di rumah. Kalau saya biasanya ngesave konten-konten ide bermain gini yang berseliweran di instagram. Tapi bagus juga ya gimana, udah tersedia activity booknya, praktis..

  25. Ya Ampuuun, lengkap banget mak Cindy untuk aktivitas aktivitasnya. Langsung aku bookmarrk dong buat referensi. Anakku juga lagi butuh banyak stimulasi motorik kasar dan halus, nanti mau cobain beberapa permainan di artike ini aahhh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.