News

Erupsi Gunung Ili Lewotolok, NTT

Tentunya sebagian besar orang mengetahui tentang keindahan alam di Nusa Tenggara Timur kan? Banyak yang takjub akan pemandangan alam yang dapat dilihat di NTT, salah satu tempat yang populer di kalangan masyarakat adalah Pulau Komodo dan juga Wae Rebo.

Selain dua tempat tersebut, sebenarnya masih ada banyak lokasi menarik yang tak kalah menggagumkannya dari NTT. Seperti Air Terjun Tengu Lese, Pulau Padar, Danau Kelimutu, Bukit, Pantai Pink, Wisata Seribu Gereja dengan keunikan bangunan yang mirip pada masa Portugis, Modern, juga akulturasi budaya Nusantara dan Portugis, serta ada Gunung-gunung yang memukau.

Beberapa gunung yang ada di NTT

antara lain adalah Gunung Batutara, Gunung Roka Tenda, Gunung Lewotolok, Gunung Lewotobi, dan masih banyak lagi. Tapi apakah teman-teman tahu tentang Gunung berapi Lewotolok yang erupsi pada 29 November 2020 lalu?

pic from detik news

Setelah kejadian erupsi di akhir November lalu, Gunung Ili Ape ini masih terus menerus mengeluarkan asap tebal, banjir lahar dingin, dan gempa yang terus-menerus, juga erupsi masih terjadi hingga Senin pagi 14 Desember 2020 kemarin (dan statusnya Siaga III). Sedih sekali rasanya saat saya membaca dan mencari informasi mengenai erupsi Gunung Ili Ape Lewotolok, NTT ini.

Erupsi Gunung Ili Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur telah terjadi sejak 29 November 2020 dan menyebabkan 4.628 orang harus di evakuasi di tujuh titik pengungsian pada 30 November 2020 (sumber : BNPB).

Berdasarkan informasi dari BNPB, masyarakat terdampak membutuhkan bantuan berupa masker, perlengkapan kebersihan dan pendampingan psikososial.

Instagram Wahana Visi Indonesia

Di saat pandemi, masih banyak yang harus berjuang mencari nafkah untuk keluarganya. Selain itu seharusnya kita menjaga jarak, jaga kesehatan, rajin cuci tangan, dan makan yang bergizi.

Namun alam berkehendak lain kepada saudara-saudara kita yang berada di NTT. Di masa pandemi, mereka harus berkumpul di pengungsian. Dan sudah pasti membutuhkan bantuan sandang dan pangan untuk keluarganya.

Maka dari itu saya ingin sekali mengajak teman-teman untuk ikut turut membantu korban bencana alam erupsi gunung Ili Lewotolok, NTT dengan cara berdonasi melalui Wahana Visi. Mari satu hati membantu masyarakat, khususnya anak-anak terdampak erupsi.

klik untuk masuk ke halaman donasi https://wahanavisi.org/id/kampanye/erupsi-gunung-lewotolok-ntt

Cara berdonasi di WVI cukup mudah
masuk ke websitenya lalu daftar, setelah itu bisa pilih donasi (ada pilihan nominal, atau menulis nominal bebas), setelah itu donasi dapat dilakukan dengan menggunakan ESPAY, Bank transfer, Kartu kredit, Direct debit, dan E-wallet (OVO, Link Aja, Shopee Pay).

Apa itu Wahana Visi Indonesia (WVI)


adalah Yayasan Kemanusiaan Kristen dengan pendekatan tanggap darurat, pengembangan masyarakat dan advokasi, yang bekerja untuk membawa perubahan yang berkesinambungan pada kehidupan anak, keluarga, dan masyarakat yang hidup dalam kemiskinan. WVI mendedikasikan diri untuk bekerja sama dengan masyarakat yang paling rentan tanpa membedakan agama, ras, etnis, dan gender.

Sejak tahun 1998, Yayasan Wahana Visi Indonesia telah menjalankan program pengembangan masyarakat yang berfokus pada anak. Ratusan ribu anak di Indonesia telah merasakan manfaat program pendampingan WVI.

β€œVisi Kami untuk Setiap Anak, Hidup Utuh Sepenuhnya
Doa Kami untuk Setiap Hati, Tekad untuk Mewujudkannya”

Semoga visi dan misi Wahana Visi Indonesia dapat terwujud, tentunya kita bisa membantu dengan cara berdonasi, atau boleh bantu share artikel ini, instagram @wahanavisi_id, maupun website WVI yaa πŸ™‚

  1. Oh, jadi Wahana Visi itu tempat penyaluran donasi bagi masyarakat yang terkena bencana alam? IYa ya kasihan penduduk di sekita NTT akibat Gunung Ili Lewolotok baru2 ini. Mana masih corona, adaaa aja cobaannya πŸ™‚ Semoga dilancarkan perjuangan mereka menghadapinya dan banyak uluran tangan yang membantu aamiin.

  2. Waahh, bagus bangett programnya Wahana Visi, ya
    Bisa sangat meringankan beban masyarakat yg kena bencana alam.
    Semogaaaa Wahana Visi bisa menjadi penerus kebaikan para donatur.

  3. Bersatu padu membantu korban bencana yang ada disana. Sedikit banyak bantuan sangat dibutuhkan mereka. Tetap semangat berjuang Wahana Visi Indonesia. Tuhan memberkati perjuangan kalian

  4. Wah saya baru tau kalau ada gunung di Lombok yang baru aja erupsi. Sedih banget di saat sedang pandemi, masih ada cobaan lain. Semoga kita semua selalu dimudahkan rezekin untuk saling mengulurkan tangan. Aamiin

  5. Semoga korban bencana diberikan kesabaran dan kekuatan, mana lg pandemi, susah cari uang, tp klo bergandengan tangan saling bantu insha allah terbantu semua aamiin

  6. Aki belum pernah ke NTT mba. Tapi ikut sedih dengan apa yang dialami di sana. Apalagi kondisi pandemi lagi begini dan diuji lagi dengan hal baru. Semoga gunungnya semakin membaik ya

  7. Mulya banget ya kak Yayasan Wahana Visi Indonesia yg menjalankan program pengembangan masyarakat yang berfokus pada anak. Ratusan ribu anak di Indonesia telah merasakan manfaat program pendampingan WVI, semoga mereka semua selalu d beri kesehatan

  8. wahana visi ini emang keren kak
    aku beberapa kali kerjasma sama wvi, buat campaign ibu menyusui di surabaya
    semoga kiprahnya terus ada ya wvi ini

  9. Duh sedih baca tulisannya. Di tengah cobaan pandemi begini, warga NTT harus bersiaga menghadapi bencana alama. Semoga lewat WVI, segala bantuan bisa segera tersalurkan dengan baik dan membawa manfaat bagi semua warga yang terkena bencana

  10. Saya baru tahu kalau ada erupsi gunung di Lombok ini, semoga warga NTT segera bisa recovery dan kembali ke aktivitas awalnya ya mba. Di tengah pandemi ini ternyata masih banyak yang peduli dan tanggap bencana

  11. ternyata selain gunung berapi di Jawa sana, di NTT juga ada yang erupsi ya gunungnya.
    salut tuk Wahana Visi Indonesia yang segera bergerak dan tanggap ini, semoga semakin banyak yang tergerak untuk membantu juga ya.

  12. iya aku juga baru tau kalo ada erups gunung Ili Lewotolok NTT, sedih deh aku bacanya, tapi alhamdulillah wahana visi membantu buat menyerahkan sumbangan ke korban musibah erupsi yang sangat membutuhkan

  13. Mudah-mudahan masyarakat di NTat yang kena dampak erupsi selamat semuanya, dan kondisi alam cepat pulih. Semangat lembaga wahana visi untuk terus bisa membantu dan berjuang untuk kemanusiaan

  14. Berita bencana sekarang ini jadi tertutupi ya sama berita yanglagi hits. Untungnya ada Wahana Visi Indonesia ini yang memberikan informasi dan membantu menyalurkan donasi ya. Semoga saja banyak yang bisa dibantu ya Mbak.

  15. Harus lebih banyak ya lembaga terpercaya seperti Wahana Visi untuk menyalurkan bantuan di daerah bencana di Indonesia…negara kita rawan bencana soalnya..

  16. Harus lebih banyak ya lembaga terpercaya seperti Wahana Visi untuk menyalurkan bantuan di daerah bencana di Indonesia…negara kita rawan bencana ya soalnya..

  17. Membantu sesama gak aa ruginya ya begitu juga bantuan yang dikasih untuk korban erupsi gunung supaya mereka tetap bisa bertahan hidup. Semoga banyak bantuan yang diberikan melalui WAhana Visi

  18. Baru tahu ternyata ada juga gunung berapi di NTT, gunung Ili Lewotolok. Semoga para pengungsi segera mendapat penanganan dan juga bantuan ya, jadi bisa sedikit tenang walau tinggal di pengungsian

  19. Selalu takut dan was-was ya kalo sudah menghadapi gunung erupsi. Pernah dulu waktu kecil pas bapak dinas dekat gunung sinabung pernah erupsi kami sekeluarga langsung mengungsi ke rumah nenek. Semangat berdonasi yaaa

Leave a Reply