Health

Berikan Nutrisi yang Tepat Agar Anak tidak Susah BAB

Memberikan nutrisi yang tepat agar anak tidak susah BAB memang sangat penting. Lalu apa saja yang sebaiknya dikonsumsi oleh anak agar tidak mengalami sembelit? Yuk baca sampai habis 🙂

Kesulitan BAB ternyata tidak hanya dialami oleh orang dewasa yang kurang asupan cairan dan serat. Ternyata anak usia kurang dari 2 tahun pun bisa mengalaminya. Tentunya hal ini sangat menyiksa ya bagi anak-anak. Karena mereka akan merasa kesakitan ketika ingin buang air besar.

Penyebab Anak Susah Buang Air Besar

Ada banyak kemungkinan yang menyebabkan anak kesulitan buang air besar, seperti kurangnya asupan minum, kurang mengkonsumsi buah dan sayuran, terkadang takaran susu yang berlebihan (terlalu kental) juga bisa menjadi pemicunya.

Kurangnya mengkonsumsi serat dan terlalu banyak makan makanan olahan juga dapat membuat anak susah buang air besar. 

Makanya penting sekali untuk memberikan makanan dan minuman yang bernutrisi dan bervitamin untuk anak.

Memberikan nutrisi yang tepat agar anak tidak susah BAB

Bagaimana Cara Mencegah Sembelit pada Anak?

Pola hidup sehat dan pola makan yang baik dan bergizi sangat membantu untuk mencegah anak sembelit.

Anak dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi serat. Kalau anak sedang sembelit, berikan banyak buah dan sayur, pastikan anak minum cukup cairan. 

Jadi sebenarnya lebih baik jadikan pola makan yang baik, sehingga tidak panik saat anak mengalami kesulitan buang air besar. 

2 dari 4 anak saya pernah mengalami susah buang air besar sejak usia kurang dari 2 tahun. Padahal rajin makan buah dan sayur juga cukup cairan. Ternyata kasus di anak no 3 adalah kurangnya serat. Lalu kasus di anak no 4 adalah kurangnya bakteri yang baik pada usus.

Hal tersebut saya ketahui saat memeriksakan ke dsa, tentunya mereka mengalami sembelit tidak berbarengan, tapi di usia yang tidak berbeda jauh pada saat mengalaminya.

Cara menyajikan buah-buahan kepada anak agar terlihat menarik 🤗

Bagaimana Cara Memperoleh Bakteri Baik?

Bakteri baik bisa didapatkan dari probiotik. Ada beberapa makanan yang memiliki kandungan bakteri baik atau probiotik ini, seperti yogurt, produk olahan susu lain, maupun susu pertumbuhan.

Salah satu susu pertumbuhan yang memiliki kandungan probiotik yang baik untuk pencernaan anak adalah Dancow EXCELNUTRI+ yang mengandung kombinasi Lactobacillus rhamnosus dan Bifidobacterium longum untuk membantu menjaga saluran pencernaan anak.

Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Anak

Selain dari menjaga asupan serat dan cairan yang cukup untuk anak, pastikan juga kita sebagai orang tua menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal ya.

Seperti memperhatikan kebersihan saluran air di rumah, pastikan pipa juga bersih dan jika memungkinkan bisa dipasang filter tambahan untuk semua alirannya.

Air juga sangat berpengaruh bagi kesehatan anak, karena anak mandi dan sikat gigi pasti pakai air keran, belum lagi kalau tidak sengaja tertelan :). 

Dengan menggunakan filter tambahan di rumah, maka kita bisa meminimalisir terjadinya penumpukan bakteri kotor dari air di rumah.

Dengan menjaga kesehatan saluran pencernaan, anak tidak akan terganggu aktivitas hariannya, begitu pula tak akan merasakan sakit pada saat ingin BAB. Hal ini akan berpengaruh pada kecerdasan dan tumbuh kembang anak yang sempurna :).

Semoga kesehatan anak-anak kita semua selalu baik ya. Begitu juga dengan kesehatan saluran cerna anak, agar proses pencernaan dalam tubuh juga menjadi baik dan akan tidak mengalami susah buang air besar alias sembelit lagi. 

Tentunya kita semua sebagai orang tua menginginkan hal yang sama ya. Salam sehat untuk kita semua yaa parents! 🙂

One thought on “Berikan Nutrisi yang Tepat Agar Anak tidak Susah BAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *