Health

Mencegah Gigi Berlubang Hitam Pada Anak

Sikat gigi dua kali sehari sangat penting dilakukan untuk mencegah gigi berlubang hitam pada anak. Namun tahukah bagaimana cara kita mendeteksi gigi anak yang baru mulai berlubang? Simak lebih lanjut yuk!

Gigi berlubang hitam pada anak

Anak-anak sangat menyukai makanan dan minuman yang manis, namun mereka belum bisa menyikat giginya dengan baik dan bisa mengakibatkan gigi berlubang. Apalagi setelah makan permen dan coklat, tentunya perlu waktu yang lebih untuk menyikat gigi sampai benar-benar bersih.

Orang tua perlu lebih extra dalam mengajarkan juga menemani anak-anak menyikat giginya 2 kali sehari dengan sempurna. Hal ini dilakukan agar mulut dan gigi anak terjaga kebersihannya. Saya pun masih mengawasi 3 anak saya yang duduk di kelas 3,5, dan 6 pada saat sikat gigi atau setelahnya lho!

Banyak orang tua yang mau memberikan perawatan extra untuk gigi anak yang bolong maupun karies saat usia kecil. Hal ini memang dibutuhkan jika fungsi dari gigi sudah tidak maksimal, juga ketika perkembangan bicara anak menjadi terganggu.

Tanda Gigi Anak Mulai Berlubang

gigi berlubang hitam pada anak

Jika anak mengeluh mengenai makanan atau minumannya terlalu dingin atau panas, hal ini bisa menjadi salah satu warning bagi orangtua. Terjadinya sensitivitas pada gigi memang bisa menjadi acuan, namun ada juga anak yang giginya hanya lebih sensitif dibanding anak lain. Perlu diingat gigi yang hanya sensitif tidak datang tiba-tiba.

Tidur malam anak akan terasa sulit dan terganggu jika memiliki gigi yang bolong, dan hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja karena akan berdampak negatif pada tumbuh kembang anak. Anak ketiga saya pernah mengalami ini dan hal tersebut sangat mengganggunya.

Bau mulut yang tidak sedap akan tercium lebih menyengat ketika anak memiliki gigi yang berlubang akibat adanya bakteri. Hal ini tentunya akan menghambat perkembangannya dan juga sosial anak. Pastikan anak selalu rajin menyikat gigi 2 kali sehari dan ta lupa berkumur dengan baik.

Nyeri gigi akan mulai terasa jika sudah mulai terkena bagian saraf dan mendekati pulpa gigi. Namun jika sudah sampai tahap ini artinya lubang pada gigi sudah benar-benar parah, sehingga menyebabkan nyeri yang teramat sangat.

Cara Mencegah Agar Gigi Anak Tidak Berlubang

Anak harus mau untuk menyikat gigi selama 2 menit di pagi dan malam hari. Pilih sikat gigi yang memiliki bulu sikat halus dan bulu yang rata, sehingga mudah dalam menjangkau area sela-sela gigi dan di lubang gigi bagian atas. Pilih juga pasta gigi yang diformulasi khusus untuk mencegah terbentuknya gigi berlubang. 

Kandungan yang Bagus untuk Gigi

Kalsium dan fluoride  sangat penting bagi kesehatan dan kebersihan gigi. Seperti Pepsodent pencegah gigi berlubang yang memiliki active micro calcium dan pro-fluoride complex yang bagus untuk melindungi gigi berlubang anak dengan maksimal.

Lokasi Lubang pada Gigi

Lokasi lubang pada gigi ternyata juga bervariasi lho parents! Saya kira hanya di bagian atas gigi yang langsung bisa merusak bentuk gigi dan menyebabkan tidak nyaman saat sedang makan.

Tapi ternyata awalnya sangat berukuran kecil yang bahkan kasat mata! Kasus anak nomor 2, kemarin gigi susunya tanggal, setelah saya cek, ternyata di gigi yang bersih tersebut ada lubang yang sudah seukuran ujung tusuk gigi. 

Mau tahu lokasinya? Lubang tersebut berada di sela-sela gigi (jika posisi masih ada di mulut). Makanya saya terlewat banget sama lubang yang satu ini. Andaikan saja ini gigi permanen dan ada lubang tersembunyi seperti itu, pasti makin lama akan membesar, menghitam, dan setelahnya akan timbul rasa nyeri yang berlebih!

Berkunjung ke Dokter Gigi Secara Rutin

Mengajak anak ke dokter gigi sejak dini lebih baik daripada saat anak usia balita atau sekolah. Karena jika sudah lebih besar maka akan membayangkan yang tidak-tidak, seperti gigi akan dicabut/ditambal, dan lainnya. 

Jika 6 bulan sekali anak diajak untuk mengecek kesehatan gigi, maka akan minim sekali perawatan dengan biaya yang luar biasa. Karena dokter gigi akan melihat masalah pada gigi sejak masih awal sekali, jadi biaya dan kemudahan perawatan juga lebih murah dan cepat.

Jadi bagaimana, apakah di pandemi ini teman-teman ada yang sudah berhasil ke dokter gigi atau ditahan-tahan dan merawat gigi secara extra dari rumah? Share dong! 🙂

Referensi artikel Pepsodent

  1. Ini bermanfaat banget asli. Baga tuh suka banget makan permen, gigi depan atas udah geripis. Sedih. Dia untungnya suka sikat gigi pake Pepsodent jg sih. Webnya cucok buat baca2 itu. Ternyata sikat gigi yg bagus itu 2 menit ya

    1. Anak-anak berusaha kulatih menyikat gigi dua kali sehari biar giginya sehat nggak kayak emaknya waktu kecil dulu bandel habis makan permen langsung bobok huhu

  2. Kadang suka sedih kalau kecolongan tau2 ada gigi anak yang berlubang. Memang ga mudah untuk anak2 selalu memberihkan gigi terutama malam sebelum tidur. Eh, samaan keluargaku juga pakai Pepsodent, ganti2 variannya 😀 Bersih, menyegarkan.

  3. Well, karena pernah alami sakit gigi waktu kuliah dulu, aku bertekad agar anakku kelak tidak perlu merasakan penderitaan yang aku rasakan.

    Jadi sejak dini aku sudah mulai mengedukasi buah hati betapa pentingnya memelihara kesehatan gigi.

    Tentu saja dengan cara menjadi tauladan dulu dong ya.

    Alhamdullillah, kini doi sudah berusia 20 tahun, masalah gigi berlubang, skip!

  4. Saya masih menahan ke dokter gigi. Tetapi, kayaknya mulai mau memberanikan diri, deh. Meskipun masih pandemi, kondisi kelihatan mulai cukup aman untuk ke dokter gigi

  5. Mba Cindy, aku tuh takut kalau anak sakit gigi. Kayaknya banyak juga yang gitu ya. Makanya aku selalu berusaha jaga kesehatan gigi anak. Dan emang penting untuk membawa anak ke dokter gigi untuk periksa selalu kesehatan gigi anak ya mba

  6. Waktu gigiku bolong pertama kali, asli itu gak tahu dan tiba-tiba udah besar aja. Kini pas punya keponakan, berusaha untuk ngajarin buat merawat gigi. Sakit gigi kartu berlubang tuh gak enak

  7. gigi anak pertama saya lumayan parah sih mbak gupisnya karena dia punya kebiasaan ngemut jadi pas tidur. huhu. nggak tahu nih kebiasaan ini bisa hilang apa nggak. takutnya nanti kalau gigi tetapnya sudah tumbuh ikutan keropos kayak gigi susu karena dia ngemut jari melulu

  8. Betul sekali.
    Dengan rutin mengunjungi dokter gigi minimal 6 bulan sekali, maka masalah gigi pada anak bisa segera diatasi dan gigi anak sehat hingga dewasa. Karena gigi ini bukan hanya pengaruh ke asupan makan yang nantinya diasup, juga pengaruh ke penampilan.

  9. Nah iniii.. Adek Fi giginya yang bawah agak kecoklatan. Apakah termasuk gigi berlubang ya? Masalahnya Adek ga mau diajak ke dokter nih. Duh pantes yaa dia ogah2an untuk makan. hiks.. kayaknya perlu dipaksa ke dokter gigi nih

  10. iya ya mbak, menjaga kesehatan gigi anak itu emang penting
    Salah satunya adalah dengan rutin periksa ke dokter gigi ya
    aku juga rutin bawa anakku ke dokter gigi setiap 6 bln sekali

  11. iya mbak, ini juga terjadi pada anakku. kelihatannya giginya bagus, ternyata ada bolong dikit, yang bikin enggak nyaman. Memang harus terus dimonitor ya kebersihan gigi anak apalagi kalau si kecil suka banget makan yang manis manis

  12. Punya gigi berlubang itu rasanya nggak enak banget, sakit dan lumayan banget sakitnya. Wajib banget periksa gigi anak ke dokter gigi, apalagi kalo giginya berlubang, minimal bisa diperbaiki sedari dini

  13. Iya nih selama pandemi gak ke dokter gigi sama sekali..Apalagi yang dokter gigi biasanya kita datangi mensyaratkan swab antigen untuk pasiennya haha..makin mundur alon2 deh ke dokternya

  14. Urusan gigi berlubang pada anak-anak ini memang bikin galau. Kasihan kalau mereka sakit gigi. Pencegahan paling utama memang harus rajin gosok gigi ya. Emang juga harus diawasi. Terkadang cuma kumur dan giginya digosok-gosok sebentar.

  15. Bener banget, mendingan diajak periksa gigi sejak dini ya, daripada udah terlanjur ada lubang gitu. Pasti kasihan deh, sakiiit klo kejadian gigi berlubang.
    Yuuk rajin sikat gigi dan ajak anak untuk melakukan hal yang sama. Anak-anak bakalan mengikuti contoh dari ortu dan jadi rajin merawat kesehatan gigi.

  16. Untung saja anak anak tahunan periksa gigi, Cindy. Awalnya karena si kakak pasang behel tapi akhirnya semua kudu wajib periksa gigi deh

    nah untuk perawatan, aku pakenya pepsodent herbal karena beneran ampuh anti sariawan dan segar banget di mulut

  17. Gigi anak-anak yang nggak dirawat tuh emnag rentan banget bolong ya maaaak. apalagi anak anak yang hobi makan cokelat dan males gosok gigiiiii. Emang mama-mamanya nih yang mesti semangat terus buat ngingetin anak-anaknya sikat gigi dengan pepsodent yaaa

  18. aku pun ini gigi berlubang pada dewasa huhuhu
    sedih
    sakitnya pedih
    tapi gigi berlubang pada anak emang bikin gemessss, aku ada anak 1 kayak gini makanya skrg tak liatin kalau sikat gigi biar ga tambah rusak giginya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *